Newborn

10 Februari 2018

Berikan 7 Makanan Ini Sebelum Si Kecil Berusia 1 Tahun

Mulai mengenalkan Si Kecil dengan berbagai pilihan makanan pendamping ASI.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Buah hati Moms sudah atau akan memasuki usia enam bulan? Moms tentu sangat antusias ya untuk mulai mengenalkan Si Kecil dengan berbagai pilihan makanan pendamping ASI (MPASI).

Namun, bersemangat memang bukan berarti membuat Moms langsung bisa menentukan MPASI bayi 6 bulan sampai 1 tahun yang bernutrisi bagi Si Kecil, bukan?

Nah, di bawah ini merupakan 7 makanan yang bisa Moms berikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

1. Keluarga beri

keluarga beri

Bayi cenderung menyukai makanan yang menarik perhatiannya. Moms bisa memberikan buah beri merah yang menggoda atau blueberi dengan warnanya yang menggugah selera bisa Moms berikan setelah Si Kecil berusia satu tahun. Moms bisa menghidangkannya dalam bentuk potongan-potongan kecil atau diblender menjadi jus.

2. Ikan Salmon

Salmon merupakan sumber asam lemak Omega-3, yang mengandung DHA. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan kognitif Si Kecil. Dalam menyajikan menu ikan salmon untuk Si Kecil, Moms bisa mencampurkannya ke dalam nasi tim atau membuatnya menjadi nugget yang lembut.

3. Daging sapi

Daging sapi mengandung tinggi protein dan zink. Makanan bernutrisi yang baik dipilih sebagai MPASI. Pastikan Moms menyajikannya dalam kondisi yang sudah dilumatkan menjadi bubur tim atau mencapurnya dengan kentang, ubi maupun sayuran hijau.

Baca Juga : Kapan Bayi Bisa Diberikan MPASI?

4. Kacang

kacang

Meskipun kacang terkenal sebagai makanan yang menyebabkan alergi pada bayi. Mengenalkan kacang pada anak sebelum usia 1 tahun sebenarnya membantunya menurunkan resiko alergi.

Namun, Moms tidak boleh memberikannya dalam bentuk selai atau krim kacang karena Si Kecil bisa tersedak. Sebagai gantinya Moms bisa mengolahnya menjadi bubur.

Selain itu, pastikan Si Kecil tidak menunjukkan alergi pada makanan sumber alergen lainnya dan selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum Moms mencobanya.

5. Sayuran hijau

Terkadang sayuran hijau cenderung menjadi MPASI yang tidak disukai anak. Padahal sayuran hijau merupakan sumber nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh anak.

Bayam, kubis dan chard merupakan pilihan sayuran yang bisa dikenalkan sejak dini sebagai MPASI. Jangan lupa berbagai sayuran tersebut harus terlebih dahulu dimasak dan dilumatkan.

6. Telur

Di dalam satu butir telur setidaknya terkandung 6 gram protein, lemak baik dan kolin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Selain itu, menghidangkan menu MPASI dengan telur juga mudah. Hanya perlu lumatkan telur dan campurkan dengan sayuran hijau sebagai MPASI untuk ke Si Kecil.

7. Gandum

gandum

Sereal dari bahan gandum, biji gandum, beras merah atau gandum utuh lainnya bisa dikenalkan pada Si Kecil sebagai MPASI. Makanan tersebut merupakan sumber serat dan memiliki rasa yang unik.

Studi ESPGHAN menyatakan bahwa pemberian ASI secara eksklusif selama 6 bulan merupakan tujuan yang diinginkan setiap orangtua. MPASI (makanan padat dan sumber cairan selain ASI atau sufor) tidak boleh diberikan sebelum Si Kecil berusia 17 minggu dan selambat-lambatnya di usia 26 minggu.

Tidak ada bukti ilmiah yang melarang maupun merekomendasikan menunda pemberian makanan yang berpotensi menimbulkan alergi, seperti ikan dan telur, bermanfaat untuk menurunkan potensi atau resiko alergi.

Bagaimana, Moms sudah memberikan makanan-makanan di atas sebagai MPASI untuk Si Kecil? Apa Moms berkonsultasi terlebih dahulu dengan pediatri? Bagaimana Moms menangani reaksi alergi pada Si Kecil? Jangan lupa share pengalamannya via kolom komentar ya Moms.

(RGW)

Foto: pexels.com

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait