Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Childcare | Aug 23, 2018

Ingin Berlaku Adil Pada Anak? Lakukan 4 Hal Ini!

Bagikan


Moms sering dinilai tidak adil oleh Si Adik atau Si Kakak? Bisa jadi, yang Moms lakukan memang tidak adil di mata mereka.

Hal tersebut wajar dan umum terjadi pada orang tua dengan anak lebih dari satu. Tapi apakah Moms benar-benar telah berlaku tidak adil Kebanyakan orang tua tidak menyadari bahwa yang mereka lakukan kepada anak-anak mereka adalah hal yang salah.

Setiap orang tua tentu berusaha memahami anaknya dan berbuat seadil mungkin yang mereka bisa. Sayangnya, hal itu tidak selalu mendapatkan respons positif dari anak-anak.

Jika mengalami hal tersebut, ada baiknya Moms mengingat kembali masa kecil saat Moms merasa diperlakukan tidak adil oleh orang tua. Dari situ, Moms bisa menempatkan diri sebagai anak-anak dan berbuat lebih bijak.

Di sisi lain, sebagai orang tua, Moms juga wajib tahu cara agar bisa berbuat adil kepada anak-anak. Dikutip dari Onetimethrough.com, ada empat cara yang bisa Moms lakukan untuk menghindari label tidak adil dari anak-anak. Berikut daftarnya!

Selalu Beri Penjelasan Pada Anak

Memaksakan kehendak kepada anak-anak tanpa alasan yang jelas sudah bukan musimnya. Anak-anak akan lebih menghargai jika diberi penjelasan. Mereka sering menolak perintah orang tua karena mereka tidak melihat manfaat dari tindakan tersebut.

Mereka belum berpikir jauh dan kompleks seperti orang tua. Jadi, jangan salahkan mereka jika hal itu terjadi.

Sebaliknya, sebagai orang tua, Moms harus memberikan penjelasan logis mengapa hal itu harus mereka lakukan, apa dampak dari hal tersebut, dan apa yang terjadi jika mereka tidak melakukannya.

Hal serupa juga berlaku saat Moms memberikan hukuman pada anak-anak. Mereka cenderung lebih mudah menerima hukuman yang punya alasan jelas.

Alasan Moms tidak suka mereka melakukan itu tidak cukup logis untuk mereka. Moms bisa jelaskan apa yang salah dari perbuatan mereka, apa dampak buruknya, dan apa konsekuensi yang harus mereka terima.

Baca Juga: 3 Cara Menjadi Ibu yang Bahagia, Bisa Ditiru!

Jadi Orang Tua yang Fleksibel

Anak-anak akan merasa tersinggung jika orang tua langsung berkata tidak pada permintaan mereka sebelum mempertimbangkannya.

Moms, cobalah menjadi orang tua yang fleksibel dengan memberikan anak kesempatan untuk menjelaskan hal yang mereka inginkan.

Menjadi orang tua yang kaku dan kolot hanya akan membuat anak kehilangan rasa hormat pada kita. Dengan menjadi fleksibel, Moms juga bisa lebih akrab dengan anak.

Perlakukan Anak sesuai dengan Kebutuhan Mereka

Terkadang, sebagai orang tua, Moms ingin semuanya berjalan simpel tanpa merepotkan. Salah satu caranya adalah dengan menyamakan kebutuhan Si Kecil. Padahal, setiap anak punya kebutuhan yang berbeda satu sama lain.

Hal ini juga akan mengajarkan anak-anak untuk menyadari apa yang menjadi kebutuhannya sehingga tidak iri dengan saudara kandungnya.

Misalnya, Si Kakak yang masuk SMA dibelikan laptop untuk memudahkannya mengerjakan tugas. Tidak berarti Si Adik juga harus dibelikan laptop.

Baca Juga: 3 Tantangan Terbesar Ibu Zaman Sekarang yang Tidak Dirasakan Ibu Zaman Dulu

Jangan Memberikan Label Pada Anak

Melabeli anak, baik dengan label positif maupun negatif, akan membuat mereka merasa diperlakukan tidak adil.

Misalnya Moms melabeli Si Kakak sebagai anak yang rajin, maka Moms akan memberikan lebih banyak tugas kepada Si Kakak. Itu menunjukkan bahwa Moms bertindak tidak adil.

Sebaiknya, berikan tugas, terutama tugas rumah tangga yang adil, sesuai dengan kemampuan mereka.

Itulah empat cara yang bisa Moms lakukan untuk berbuat adil pada anak-anak. Selamat mencoba!

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.