Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
17 Juni 2016

Bijak Mengatur Uang THR

Wah, THR turun sebentar lagi, nih!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (serenata.rosalia)
Disunting oleh (serenata.rosalia)

Hari Raya akan segera tiba. Tunjangan Hari Raya tentu akan segera Anda dapatkan dan segala keperluan sudah Anda rencanakan pastinya. Anggaran untuk Hari Raya tentu tidak seperti hari-hari biasanya.

Tapi, menyenangkan rasanya jika Anda bisa merayakan Hari Raya dengan uang THR yang sudah mencair. Namun jangan lantas Anda terlena dan khilaf. Atur uang tunjangan Anda sebijak mungkin.

 

Buat List

Menjelang Hari Raya biasanya banyak tempat-tempat belanja menghadirkan diskon besar-besaran. Jangan sampai anggaran belanja Hari Raya Anda habis begitu saja untuk membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Maka, list kebutuhan harus dibuat terlebih dahulu sebelum Anda berbelanja. Moms bisa menemukan berbagai barang kebutuhan Moms dan Si Kecil di Orami. Ada promo Lebaran hingga 70% bagi Moms.

 

Tentukan Prioritas

Setelah membuat list dan mengira-ngira berapa biaya yang akan Anda keluarkan, Anda perlu meninjau kembali list belanjaan Anda. Buatlah skala prioritas. Misalnya, apakah perlu membeli baju baru, sedangkan Anda sudah berbelanja baju di bulan sebelumnya. Jangan terlalu mudah untuk membeli sesuatu. Hari Raya bukan untuk bermewah-mewah tapi kebersamaanlah yang membuat Hari Raya penuh makna.

 

Bayar Hutang

Jika Anda memiliki banyak hutang, maka jatah uang THR sangat tepat untuk digunakan menyicil hutang-hutang Anda. Mungkin saja dengan membayar hutang, ada keperluan Hari Raya yang ditunda. Tapi jauh lebih baik Anda menunda kesenangan Anda, daripada terus dikejar hutang. Jangan gengsi untuk memilih mudik dengan kereta daripada pesawat. Semakin banyak uang yang Anda sisihkan, semakin banyak pula hutang yang bisa Anda lunasi.

 

Tabungan Ekstra

Besar atau kecilnya uang THR yang Anda terima, selalu sisihkan sedikit untuk menabung. Misalnya dalam sebulan Anda menabung satu juta rupiah, maka dengan THR Anda bisa menabung beberapa persen lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Jangan berpikiran bahwa jatah uang THR hanya untuk kepentingan Hari Raya saja. Bukankah hari esok masih ada kebutuhan yang perlu Anda penuhi?

(LMF)

 

Sumber Gambar : xmuda.com

 

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait