Kesehatan

11 Januari 2018

Bikin Langsing dan Menenangkan Emosi, Inilah 4 Gerakan Yoga Bagi Pemula yang Patut Dicoba

Jika dilakukan rutin, tubuh jadi seksi dan stamina makin fit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Yoga salah satu jenis olahraga yang banyak digemari banyak wanita. Manfaatnya bukan hanya untuk melangsingkan dan menjaga stamina tubuh agar selalu bugar, tapi juga memberi efek relaksasi yang dapat mengontrol emosi. Kedua hal itulah yang menjadi alasan para wanita memilih olahraga yang berasal dari negara India ini.

Untuk masyarakat awam, gerakan yoga itu-itu saja bahkan cenderung membosankan. Tapi, ternyata ada banyak jenis yoga yang bisa Moms pelajari. Termasuk bagi pemula. Berikut diantaranya.

1. Hatha Yoga

shutterstock 747285898

Foto : shutterstock

Jenis yoga ini menitik beratkan pada penyeimbangan dua energi dalam tubuh. Yaitu sisi negatif dan positif. Gerakan dipusatkan pada titik keseimbangan dan pengolahan pernafasan. Hatha Yoga juga dibarengi dengan beberapa gerakan relaksasi dan durasi untuk bermeditasi. Manfaat jenis yoga ini adalah untuk melatih fleksibilitas tubuh juga bisa mengurangi kadar stres.

Baca Juga : Selain Melatih Fokus, Ini Manfaat Lain Yoga Untuk Anak

2. Floating Yoga

ace fitness

Foto : ACE Fitness

Moms pasti pernah melihat atraksi sirkus yang dilakukan pada seutas tali yang dililitkan ke tubuh. Penasaran ingin mencoba? Tidak perlu terlalu ekstrim, berlatih floating yoga juga sama lho sensasinya.

Melakukan beberapa gerakan pada tali yang bergantung ternyata bermanfaat untuk membentuk postur tubuh jadi lebih proporsional, lho. Selain itu, kalau Moms sering mengalami sakit pada tulang belakang, gerakan ini bisa menjadi terapi untuk mengurangi rasa sakitnya.

Baca Juga : Senam Yoga Bagi Ibu Hamil

3. Acroyoga

shutterstock 479235724

Foto : shutterstock

Sesuai dengan namanya, acroyoga menggabungkan gerakan yoga dengan unsur acrobatic. Biasanya gerakan ini dilakukan 2 orang. Baik itu antara instruktur dan peserta, atau peserta dengan sesama peserta.

Sangat dibutuhkan rasa saling percaya untuk melakukan gerakan demi gerakan acroyoga yang memang tidak mudah ini. Gerakan bertumpu pada kekuatan otot tangan, paha, dan juga kaki. Untuk wanita sangat baik manfaatnya untuk mengencangkan bagian tubuh yang sudah mulai kendur, juga melatih keseimbangan tubuh.

Baca Juga : 4 Olahraga Bersama Balita Ini Bisa Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

4. Bikram Yoga

verywell

Foto : verywell

Kalau Moms sedang menjalankan program penurunan berat badan, bikram yoga bisa jadi pilihannya. Mengapa? Karena dalam satu sesi bikram yoga yang dilakukan kurang lebih 90 menit dapat membakar 500-600 kalori.

Ditambah lagi saat melakukan bikram yoga diharuskan pada temperatur suhu udara antara 30-40 derajat celcius. Semakin banyak produksi keringat yang keluar, tubuh akan terasa segar, juga diyakini bikram yoga sebagai olahraga yang bisa memulihkan cedera otot.

Baca Juga : Ini Dia Gerakan Yoga untuk Meratakan Perut

Apakah Moms pernah mengikuti sesi kelas yoga? Bagaimana pengalaman pertama saat belajar yoga? Yuk share ceritaya di kolom komentar.

(LMF)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait