Jalan-jalan

22 September 2021

Bukit Wisata Pule Payung Yogyakarta yang Instagramable, Yuk Intip Keseruannya!

Buat Moms yang suka berfoto, yuk liburan ke sini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Bukit Wisata Pule Payung menjadi salah satu tempat berlibur di Yogyakarta yang masuk dalam list wajib dikunjungi saat liburan.

Tempat wisata ini menjadi sangat hits karena pemandangan alamnya yang indah sehingga saat difoto akan terlihat instagramable.

Bukit Wisata Pule Payung tak hanya populer di kalangan anak muda saja tapi juga orang tua hingga anak-anak karena tempat wisata ini termasuk wisata keluarga.

Baca Juga: Filosofi Warna Kuning yang Identik Melambangkan Kebahagiaan

Potret Bukit Wisata Pule Payung yang Instagramable

Wisata Pule Payung

Foto: instagram.com jogist_store

Bukit Wisata Pule Payung sebenarnya adalah area perbukitan yang kemudian difungsikan sebagai destinasi wisata alam. Inilah yang menyebabkan tempat ini diberi nama bukit wisata.

Kawasan Bukit Wisata Pule Payung berdiri di atas ketinggian sekitar 500 mdpl dari atas permukaan laut sehingga udaranya cukup sejuk.

Untuk sampai ke area puncak, Moms harus menempuh perjalanan mendaki sehingga disarankan untuk membawa kendaraan pribadi seperti kendaraan roda dua hingga roda empat agar tidak terlalu jauh berjalannya.

Di Bukit Wisata Pule Payung, ada banyak spot-spot unik yang sangat instagramable sehingga saat mampir ke sini, Moms pasti akan tergoda untuk berfoto.

Ada setidaknya enam spot di Bukit Wista Pule Payung yang instagramable, yaitu:

  • Jembatan Surga
  • Spot Lolipop
  • Spot Wolu
  • Ayunan dan Kursi Langit
  • Sepeda Langit
  • Gazebo Unik

Selain keenam spot tersebut, ada cafe angkasa dan flying fox yang juga bisa Moms datangi dan coba saat berkunjung di Bukit Wisata Pule Payung.

Baca Juga: 10 Tempat Nongkrong di Jakarta Barat yang Hits untuk Dikunjungi

Informasi Lengkap Mengenai Bukit Wisata Pule Payung

Wisata Pule Payung

Foto: instagram.com/gracegraciela55

Buat Moms yang tertarik ingin pergi liburan ke Bukit Wisata Pule Payung, Moms bisa mengecek informasi lengkapnya di sini.

Mulai dari alamat lengkap, cara menuju ke lokasi, jam buka, hingga harga tiket masuk yang perlu dikeluarkan. Yuk, kita cek informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Lokasi

Untuk lokasinya, Bukit Wisata Pule Payung ini ternyata berlokasi di daerah Kulon Progo. Tepatnya di Soropati RT.007/RW.003, Clapar 2, Hargotirto, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653.

2. Cara Menuju Bukit Wisata Pule Payung

Buat yang ingin berlibur ke Bukit Wisata Pule Payung, sebaiknya Moms berangkat ke sana dari Alun-alun Yogyakarta atau pusat kota Yogyakarta.

Dari titik keberangkatan ini, Moms akan lebih mudah untuk menuju Bukit Wisata Pule Payung. Dari arah Alun-alun ke Bukit Wisata Pule Payung jaraknya hanya sekitar 34-35 km saja. Sedangkan jarak tempuhnya hanya sekitar satu jam lebih dengan menaiki kendaraan bermotor.

Sementara untuk rutenya, dari alun-alun pusat kota Yogyakarta, ikuti Jalan Polowijan yang menuju ke arah Jalan Ngasem melewati Gapura Jagasura. Tak jauh dari gerbang keraton, ada perempatan. Moms bisa mengambil belokan kiri menuju jalan H. Agus Salim dan tetap mengambil lurus ke arah Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Rachimi.

Baca Juga: 23 Wisata Jakarta yang Sayang Banget untuk Dilewatkan

Dari sana, Moms bisa mengambil jalan menuju arah Museum Bahari Yogyakarta. Setelah itu, Moms bisa mengambil jalur besar hingga melewati Jembatan Bantar dan Sungai Progo.

Kalau sudah melewati Pos Polantas Perempatan Ngelo, Moms bisa mengambil Jalan Sentolo. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di pertigaan. Ambil Jalan Pengasih dan saat dipertigaan lagi, ambil Jalan Jembatan Clereng.

Setelah melewati Karst Tubing Kaliserang Kulonprogo, Moms bisa belok kiri ke arah Jalan Dipowono. Dari sana ada pertigaan lalu belok ke kanan hingga melewati SD Muhammadiyah Girinyono. Moms hanya perlu mengambil jalan lurus hingga sampai di Bukit Wisata Pule Payung.

Jika Moms merasa bingung, Moms juga bisa menggunakan jalur menuju tempat wisata Kalibiru karena ternyata lokasi Bukit Wisata Pule Payung dekat dengan wisata Kalibiru. Jaraknya hanya sekitar 1km saja.

Jika sudah sampai di tempat wisata Kalibiru, Moms akan menemukan banyak papan petunjuk jalan ke Bukit Wisata Pule Payung.

Baca Juga: 11 Wisata Pacet yang Cocok untuk Liburan Seru

3. Harga Tiket Bukit Wisata Pule Payung

Salah satu alasan mengapa Bukit Wisata Pule Payung sangat disukai para wisatawan adalah selain karena suasananya yang nyaman dan pemandangan yang indah, harga tiket masuknya ini sangat murah meriah.

Moms hanya perlu mengeluarkan dana sejumlah Rp10.000 saja untuk masuk ke dalam area Bukit Wisata Pule Payung. Jadi baik itu anak-anak hingga orang dewasa, harga tiketnya sama saja.

Tapi harga tiket ini tidak termasuk wahana lain. Jika Moms ingin menikmati wahana permainan hingga berfoto di spot-spot yang hits tersebut, ada biaya tambahan yang diberlakukan. Biaya tersebut juga berbeda-beda.

Untuk harga flying fox dikenakan biaya sejumlah Rp30.000 per orang. Harga ini sudah termasuk pengambilan foto sebanyak tiga kali oleh pihak pengelola.

Untuk spot sepeda langit, biaya yang dikenakan adalah Rp25.000 dan sudah termasuk pengambilan foto sebanyak tiga kali.

Lain halnya dengan spot-spot lain seperti spot lolipop, ayunan, jembatan surga, hingga spot angkasa hanya akan dikenakan biaya Rp10.000 saja tapi tidak termasuk foto.

Berhubung tiket untuk spot-spot tersebut tidak termasuk foto, Moms bisa menggunakan jasa foto yang disediakan oleh pihak pengelola. Tapi Moms harus membayar Rp3.000 per foto.

Baca Juga: 12 Wisata Gunung Kidul yang Hits dan Instagramable

4. Jam Buka

Bukit Wisata Pule Payung buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga21.00. Meski jam bukanya lama, tapi lebih baik hindari datang pada saat siang hari karena cuacanya agak terik.

Moms bisa datang sekitar jam 09.00 karena pada pukul tersebut belum ramai pengunjung. Tapi jika ingin menikmati pemandangan yang indah, sudah pasti Moms bisa datang antara pukul 18.00 hingga 21.00.

Hal ini dikarenakan pada jam-jam tersebut pemandangan terlihat indah dan romantis dikarenakan pancaran cahaya lampu yang ada di Bukit Wisata Pule Payung.

Sekarang Moms sudah tahu informasi mengenai Bukit Wisata Pule Payung. Sebelum berwisata, jangan lupa untuk menyiapkan segala keperluan yang akan dibutuhkan untuk liburan nanti. Semoga liburan Moms menyenangkan!

  • http://www.wisatainfo.com/2019/08/harga-tiket-masuk-bukit-wisata.html
  • https://travel.kompas.com/read/2020/09/30/145000427/rute-dan-harga-tiket-bukit-wisata-pulepayung-yogyakarta
  • https://travel.kompas.com/read/2020/10/01/211000927/itinerary-seharian-di-bukit-wisata-pulepayung-yogyakarta
  • https://travelspromo.com/htm-wisata/pule-payung-kulon-progo/
  • https://kokap.kulonprogokab.go.id/detil/69/obyek-wisata-baru-pulepayung-yang-aduhai-indahnya
  • https://sikidang.com/bukit-pulepayung/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait