Jalan-jalan

25 Agustus 2021

11 Wisata Pacet yang Cocok untuk Liburan Seru

Mulai dari wisata air terjun hingga wisata kekinian ada di sini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Melakukan perjalanan wisata Pacet bisa membuat liburan akan menjadi semakin menyenangkan. Pasalnya, ada banyak pilihan tempat wisata Pacet yang bisa Moms pilih saat liburan.

Pacet merupakan sebuah kecamatan yang berlokasi di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Kecamatan ini mendapat julukan sebagai daerah wisata karena ada belasan lebih tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi.

Daerah Pacet berada di kaki dan lereng Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan sehingga udara di sini terbilang cukup sejuk. Selain udaranya yang segar, pemandangan alamnya di sini juga sangat bagus.

Baca Juga: 10 Wisata Bandungan Semarang yang Paling Hits

Wisata Pacet Mojokerto yang Jadi Favorit Wisatawan

Jika bingung dengan pilihan tempat wisatanya, Moms tak perlu pusing memilihnya karena sudah ada rekomendasi wisata Pacet yang bisa Moms datangi, yaitu:

1. Dlundung

Wisata Pacet, Dlundung

Foto: instagram.com/uwit_photograph

Wisata Pacet yang pertama adalah Dlundung. Dlundung merupakan sebuah sebuah tempat wisata air terjun. Air terjun ini berlokasi tepat di bawah lereng Gunung Welirang dengan ketinggian sekitar 14 meter dari atas permukaan tanah.

Selain populer menjadi wisata air terjun, Dlundung juga dikenal sebagai tempat wisata Pacet yang cocok untuk berkemah karena ada kawasan perkemahan khusus yang tertata dengan rapi.

Jadi selain bisa menikmati suasana sejuk dari air terjun, Moms juga bisa berkemah sambil mengirup udara segar. Jika ingin berkemah di sini, cukup keluarkan dana sekitar Rp10.000 saja per malamnya. Tapi untuk biaya tiket masuk kawasan wisata Dlundung akan dikenakan tarif Rp15.000 secara terpisah.

Tak hanya air terjun dan bumi perkemahan saja, di wisata Pacet ini juga ada taman bunga yang ada di dekat tepian sungai yang mengalir dari terjun.

Lokasi: Wisata Dlundung Desa, Ketapanrame, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur 61375

Baca Juga: 10 Wisata Baturaden, Cocok Didatangi Bersama Keluarga atau Pasangan

2. Sendi Adventure Pacet

Wisata Pacet, Sendi Adventure Pacet

Foto: instagram.com/jenhong_mom

Sendi Adventure Pacet merupakan salah satu wisata Pacet yang mendapat sebagai wisata kekinian yang instagramable. Hal ini dikarenakan tempat wisata ini punya banyak sekali spot apik untuk berfoto.

Beberapa spot yang paling disukai adalah miniatur rumah tradisional Jepang yang lengkap dengan jembatan kayu merahnya, lalu ada miniatur menara eiffel, bukit pandang dengan tulisan love yang fenomenal, hingga rumah pohon yang terbuat dari bahan dasar kayu.

Meski spotnya berbeda-beda, tapi ada satu kesamaan dari semua spot-spot yang ada di Sendi Adventure Pacet yakni pemandangan asri yang hijau dan indah.

Sendi Adveture Pacet ini buka setiap harinya mulai dari pukul 07.00 sampai 17.00. Untuk tiket masuknya hanya Rp10.000.

Lokasi: Hutan Pacet, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374

3. Claket Adventure Park

Wisata Pacet, Claket Adventure Park

Foto: instagram.com/ameliaa.mell

Masih dengan wisata Pacet yang kekinian, yakni ada Claket Adventure Park. Kawasan wisata ini sangat digemari oleh anak muda karena punya tampilan pemandangan yang sangat indah dan pastinya instagramable.

Tempat wisata Pacet ini sengaja dibuat dengan memadukan pemandangan alam dan wisata kekinian. Jadi tanpa merusak keindahan alam setempat, pihak pengelola memasang atau menginstalasi beberapa ornamen kekinian yang tampilannya tampak menyatu dengan alam.

Selain bisa berfoto dengan latar yang instagramable, Moms juga bisa menikmati wahana-wahana lainnya seperti bersantai di hammock yang dipasang di antara pepohonan hingga mendatangi rumah pohon yang populer di kalangan wisatawan.

Untuk tiket masuk Claket Adventure Park hanya Rp10.000 saja per orang, baik itu dewasa maupun anak-anak. Sementara untuk jam bukanya mulai dari pukul 08.00 sampai 17.00 sore.

Lokasi: Jalan Raya Claket-Trawas KM. 03 Dusun Claket, Dusun Sembong, Claket, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Cirebon yang Seru!

4. Hill Outdoor Park

Wisata Pacet, Hill Outdoor Park

Foto: instagram.com/pacethilloutdoorpark

Wisata Pacet selanjutnya adalah Hill Outdoor Park. Tempat wisata ini sangat terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah karena lokasinya yang berada di atas pegunungan.

Hill Outdoor Park berada di ketinggian lebih dari 1200 mdpl sehingga udaranya sangat sejuk, bahkan cenderung dingin jika sudah memasuki sore hari. Jadi kalau Moms datang saat sore, sebaiknya gunakan pakaian yang agak tebal.

Dari atas ketinggian Hill Outdoor Park, Moms bisa melihat pemandangan indah kota Mojokerto dari atas. Selain memandangi pemandangan yang indah, Moms juga bisa berfoto di spot-spot yang memang sudah disediakan oleh pihak pengelola untuk memuaskan keinginanmu berfoto dengan pemandangan kece.

Tak hanya itu saja, di tempat wisata Pacet ini juga ada wahana permainan yang bisa Moms coba. Mulai dari rafting, paintball, fun offroad, hingga berkemah. Untuk tiket masuknya hanya Rp10.000 saja. Moms bisa datang ke sini mulai dari pukul 08.00 hingga 18.00.

Lokasi: Hutan Pacet, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374

5. Panorama Petung Sewu

Wisata Pacet, Petung Sewu

Foto: instagram.com/wisata_mojokerto

Saat pergi berwisata ke Pacet, Moms tidak boleh melewatkan wisata Panorama Petung Sewu. Tempat wisata Pacet ini juga merupakan wisata alam yang tak hanya punya pemandangan yang indah, tetapi juga punya wahana permainan yang menantang adrenalin seperti arung jeram.

Sebelum sampai ke bagian puncak, Moms harus menyusuri jalanan setapak yang membelah hutan selama sekitar 30 menitan. Tapi jangan khawatir karena setelah perjalanan tersebut, rasa lelah setelah mendaki bisa langsung hilang dengan panorama indah yang disuguhkan di sini.

Tempat wisata Pacet buka setiap harinya mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp10.000 saja.

Lokasi: Hutan Pace, Desa Sendi, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374

Baca Juga: Ini 13+ Tempat Wisata Solo yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

6. Brambang Outdoor

Wisata Pacet, Brambang Outdoor

Foto: nstagram.com/tentangmojokerto

Brambang Outdoor menjadi kawasan wisata Pacet berikutnya yang juga bisa Moms kunjungi saat ke Mojokerto.

Suasananya sangat asri karena dikelilingi dengan pepohonan hijau yang membuat udaranya sangat sejuk. Pemandangan di sini juga sangat bagus, apalagi pemandangan matahari terbenamnya.

Kawasan Bramang Outdoor berada di atas ketinggian 600-700 mdpl sehingga pemandangan kota Mojokerto dari atas akan terlihat sangat cantik sekali.

Untuk dapat menikmati wisata Brambang Outdoor ini, Moms hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp10.000. Sedangkan untuk jam bukanya mulai dari pukul 07.00 hingga 18.00.

Lokasi: Jalan Pacet, Dusun Nono, Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

7. Puthuk Panggang Welut

Wisata Pacet, Puthuk Panggang Welut

Foto: instagram.com/bukanselebgram

Puthuk Panggang Welut merupakan wisata Pacet yang tak kalah apiknya dibandingkan dengan tempat wisata lainnya di Pacet.

Puthuk Panggang Welut sebenarnya adalah kawasan hutan wisata yang kemudian dijadikan sebagai spot wisata kekinian karena di sini ada banyak spot kece untuk berfoto yang tampilannya instagramable.

Salah satu spot foto yang paling banyak diminati adalah spot dengan tulisan i love you yang ebrada di atas ketinggian sehingga ketika difoto akan tampak tampilan pemandangan indah sebagai latar backgroundnya.

Puthuk Panggang Welut hanya mengenakan biaya tarif masuk seharga Rp8.000 sampai Rp10.000 saja. Moms bisa datang ke sini mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.30 sore.

Lokasi: Nogosari, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374

Baca Juga: 9+ Fakta Gunung Sepikul, Wisata 'Tersembunyi' di Jawa Tengah

8. Air Terjun Surodadu

Wisata Pacet, Air Terjun Surodadu

Foto: instagram.com/adiadraya

Air terjun Surodadu menjadi salah satu wisata Pacet yang juga banyak dikunjungi oleh para wisawatan saat liburan.

Area lokasi wisata ini terbilang cukup masuk ke dalam area pedalaman sehingga Moms harus melakukan pendakian terlebih dahulu kurang lebih selama 30-60 menit lamanya.

Tapi setelah melakukan perjalanan mendaki, rasa lelah Moms pasti akan langsung terbayar karena bisa menyaksikan panorama yang sangat cantik. Aliran air terjun di sana sangat sejuk dan suasananya asri sekali karena dikelilingi oleh pepohonan rindang.

Tempat ini akan sangat cocok buat Moms yang ingin refreshing dari penatnya kegiatan sehari-hari yang padat.

Untuk tiket masuk dari wisata Pacet ini hanya Rp5.000 saja. Jika Moms membawa kendaraan pribadi akan ada biaya parkir sebesar Rp5.000. Jam bukanya mulai dari pukul 07.00 hingga 17.00.

Lokasi: Dusun Mligi, Desa Claket, Pacet, Hutan, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374

9. Air Terjun Cuban Canggu

Wisata Pacet, Air Terjun Cuban Canggu

Foto: instagram.com/fajarhw

Ada lagi air terjun di Pacet yang wajib Moms datangi saat berlibur. Air terjun Cuban Canggu menjadi salah satu tempat wisata Pacet yang cocok buat liburan.

Tak berbeda jauh dengan air terjun Surodadu, untuk mencapai air terjun di sini, Moms juga harus mendaki terlebih dahulu. Tapi jalur pendakian di sini lebih mudah karena sudah ada anak tangga yang memudahkan Moms untuk mendaki.

Sepanjang jalur pendakiannya, Moms akan disuguhi dengan pemandangan asri dari pepohonan yang sangat indah. Selain suasana yang asri akan ada suara dari monyet-monyet yang bergantungan di dahan.

Untuk dapat menikmati suasana di air terjun Cuban Canggu ini, Moma hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp7.000 pada hari biasa. Sedangkan pada hari libur tiketnya sebesar Rp10.000.

Lokasi: Desa Padusan, Pacet, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Lampung yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

10. Air Terjun Grenjengan

Wisata Pacet, Air Terjun Grenjengan

Foto: instagram.com/melissa_joint_

Air terjun dari Pacet yang berikutnya adalah air terjun Grenjengan. Air terjun Grenjengan ini terbilang air terjun yang tinggi karena ketinggiannya bisa mencapai 40 meter.

Sementara kolam yang ada di bawahnya hanya memiliki kedalaman tak lebih dari 1 meter sehingga para pengunjung diperbolehkan untuk berenang di sini dengan leluasa.

Selain bisa berenang, Moms juga bisa berfoto dengan latar pemandangan air terjun yang terlihat sangat cantik.

Untuk harga tiket masuknya, Moms hanya perlu mengeluarkan dana Rp15.000 saja. Tapi tidak termasuk dengan uang parkir.

Lokasi: Desa Padusan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

11. Wisata Air Panas Padusan

Wisata Air Panas Padusan

Foto: travelspromo.com

Wisata Pacet yang terakhir adalah wisata air panas Padusan. Tempat wisata ini terletak di atas ketinggian 800 mdpl sehingga udaranya sangat sejuk. Suhu di sini rata-rata sekitar 20 derajat celcius.

Sesuai dengan namanya, wisata Pacet ini adalah wisata pemandian air panas yang lokasinya di bawah lereng gunung Welirang. Dengan berendam air panas di pemandian ini, masyarakat setempat percaya kalau bisa menghilangkan berbagai macam penyakit yang ada pada tubuh.

Wisata air panas di sini punya fasilitas yang sangat lengkap sehingga Moms tak perlu khawatir jika ingin makan atau menggunakan WC.

Untuk tiket masuknya, wisata air panas padusan ini, Moms cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp15.000 saja.

Lokasi: Padusan, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, 61374

Itulah beberapa pilihan tempat wisata Pacet yang cocok buat liburan Moms. Bisa bersama dengan keluarga atau dengan teman-teman. Sebelum pergi berwisata, jangan lupa untuk menyiapkan budgetnya terlebih dahulu dan siapkan itinenary. Selamat liburan ya Moms!

  • https://www.itrip.id/tempat-wisata-pacet-mojokerto
  • https://www.shopback.co.id/katashopback/tempat-wisata-di-pacet
  • https://www.javatravel.net/tempat-wisata-pacet-mojokerto
  • https://travelingyuk.com/sendi-adventure-pacet/194914
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Pacet,_Mojokerto
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait