Home & Living

19 Mei 2021

Mengetahui 6 Jenis Bunga Adenium dan Perawatannya

Mengetahui trik agar bunga adenium berbunga lebat dan sering. Ini dia!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Bunga adenium memang terkenal dengan kecantikannya. Bunga yang terkenal dengan nama lain kamboja Jepang ini adalah jenis tanaman hias yang banyak dicari belakangan terakhir, terutama di musim pandemi.

Bunga adenium sendiri mekar dari tanaman yang memiliki bentuk unik layaknya bonsai. Jika bonsai terlihat cantik dan unik karena batang dan daunnya, makan tanaman yang satu ini mencolok dan indah dipandang karena memiliki bunga adenium dengan nuansa warna berbeda.

Yang cantik memang istimewa adalah salah kalimat tepat untuk menggambarkan bunga adenium. Pasalnya, sasalah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pemilik tanaman ini adalah jarang berbunga terutama ketika berada di musim hujan. Dilansir dari Casa Garden, tanaman ini pun bisa tahan ketika cuaca kering.

Uniknya, beberapa tanaman adenium sendiri bisa berbunga dengan lebatnya meski tidak musim kemarau. Jadi, permasalahan dan perbedaan ini pun kerap bikin pemilik bunga adenium cukup merasa pusing.

Ternyata, ada beberapa faktor yang bisa dijadikan penyebab kenapa bunga adenium atau kamboja Jepang bisa berbunga dengan lebat atau tidak. Jadi, Moms harus lebih memberikannya perhatian, ya!

Hal yang bisa membuat bunga adenium jarang berbunga adalah pot atau media tanam yang salah. Meski demikian, hal utama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis kamboja Jepang yang tepat.

Varietas adenium memang bunga yang jarang sekali berbunga walau dirangsang agar berbunga lebih sering. Meski demikian, seperti yang sudah dibahas sedikit, Moms perlu melakukan perawatan yang optimal.

Jadi bagaimana cara perawatan bunga adenium yang benar? Ini dia, Moms!

Baca Juga: 6 Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan yang Harus Moms Tahu

Cara Perawatan Bunga Adenium

bunga adenium

Foto: pinterest.com

Perawatan bunga adenium memang bisa disebut tidak mudah. Seperti yang sudah diketahui, bunga ini memang bisa dibilang jarang sekali mekar.

Untuk Moms yang ingin pohon kamboja Jepang ini lebih sering berbunga, ini dia beberapa hal yang perlu dilakukan!

  • Pangkaslah cabang adenium setiap 4 - 6 bulan sekali
  • Lakukan pemangkasan ketika pucuk daun atau kuncup bunga tak tumbuh dalam waktu yang lama. Hal ini perlu diperhatikan dengan sangat ya, Moms!
  • Pemangkasan pun bisa dilakukan ketika cabang pohon kamboja Jepang ini sudah menjulur panjang dan terkesan tidak proporsional ketika dilihat secara keseluruhan.

Baca Juga: Yuk Coba Berkebun di Rumah, Ini 9 Tanaman yang Perawatannya Paling Mudah

Nah, itulah beberapa hal yang perlu dilakukan ketika pohon kamboja Jepang jarang berbunga ya, Moms. Lalu, bagaimana sih cara memangkasnya agar bunga ini bisa tumbuh dengan lebat? Ini dia!

Potonglah cabang atau ranting di atas mata tunas. Ranting yang dimaksud adalah yang di atas mata tunas dan menghadap keluar ya, Moms. Potonglah sekitar 5 cm dari pangkal cabang.

Untuk memotong ranting tersebut, gunakanlah gunting, pisau atau bisa juga gunting yang tajam. Hal ini diperlukan agar cabang terpotong dengan sempurna tanpa perlu merusak kulit cabangnya. Dengan cara ini, bunga adeium akan menumbuhkan tunas yang baru dalam waktu 2 hingga 3 minggu.

Jadi, bila tunas yang muncul cukup sehat, bunga adenium pun bisa tumbuh dan mekar dengan sempurna.

Langkah selanjutnya adalah Moms jangan sampai lupa atau absen memberikan pupuk bunga lambat urai yang di sekitar batang pohonnya. Frekuensi pemberian pupuk adalah 3 hingga 6 bulan sekali.

Baca Juga: Buat Rumah Lebih Indah, Ini 5 Rekomendasi Pupuk Tanaman Hias Terbaik

Nah, untuk pupuk bulanan, Moms bisa memberikan pupuk NPK agar tanaman ini bisa tumbuh dengan subur dan sehat.

Lalu bagaimana ketika cabang sudah kembali muncul namun tunas bunga belum juga hadir? Ketika ini terjadi, Moms bisa kembali memangkasnya, ya! Dilansir dari Agricultural Digest, tanaman ini pun memerlukan sinar matahari yang baik, Moms!

Jangan lupa untuk menambahkan media tanam baru setiap 6 bulan sekali. Serta gantilah media tanam setelah satu tahun. Selamat mencoba, Moms!

Nah usai tahu cara perawatannya, rasanya tidak lengkap ketika tidak membahas mengenai jenis-jenis bunga adenium yang bisa Moms adopsi di rumah, ya! Berikut jenis-jenisnya!

Baca Juga: Yuk Coba Berkebun di Rumah, Ini 9 Tanaman yang Perawatannya Paling Mudah

Jenis-jenis Bunga Adenium

bunga adenium

Foto: plantcaretoday.com

Seperti tanaman yang lain pada umunya, adenium juga memiliki jenis yang berbeda. Berikut macam-macam tanaman adenium!

1. Adenium Obesum

bunga adenium

Foto: tropicalseed.com

Jenis bunga adenium yang pertama adalah yang ini adenium obesum. Jenis adenium ini termasuk banyak yang menyukai akrena bentuknya yang cantik. Tak hanya itu, adenium obesum juga termasuk tanaman dengan perawatan yang mudah.

Adenium jenis ini biasanya akan tumbuh besar dan cenderung tinggi. Jumlah cabangnya pun bisa bervariasi dan bisa dibilang banyak.

Bunga adenium obesum memiliki warna merah dengan gradasi putih. Ukuran bunga dari tanaman ini pun cukup besar.

2. Adenium Arabicum

bunga adenium

Foto: bukalapak.com

Untuk Moms yang suka tanaman mungkin akrab dengan jenis adenium yang ini. Ini adalah salah satu jenis adenium yang sering dipelihara penyuka tanaman.

Adenium jenis ini biasanya memiliki batang yang jumlahnya cukup banyak dan tumbuh langsung di atas bonggol.

Jika dilihat sekilas, Adenium Aribicum sendiri terlihat seperti semak. Meski demikian, ketika berbunga, tanaman ini akan sangat indah karena bunganya akan mekar dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Tidak Gampang Mati dan Tahan Lama Untuk Dirawat

3. Adenium Socotranum

bunga adenium

Foto: pinterest.com

Nah, adenium jenis ini terlihat besar. Jika di alam liar, adenium Socotranum sendiri bisa tumbuh dengan lebatnya dengan ukuran yang tentunya sangat besar.

Uniknya, pohon ini bisa hidup hingga ribuan tahun. Adenium Socotranum pun memiliki bentuk tanaman yang eksotis serta unik.

Spesies tanaman ini pun memiliki warna bunga yang cantik. Perpaduan putih dan pink biasa terlihat bermekaran. Namun sayang, pohon ini tak memiliki banyak daun nih, Moms.

4. Adenium Swazicum

bunga adenium

Foto: worldofsucculents.com

Berbeda dengan adenium yang lain, adenium swazicum memiliki daun yang sangat unik. Daun pohon ini memiliki bentuk menyempit dan juga panjang serta terdapat lapisan lilin.

Adenium swazicum memiliki bonggol kecil dan juga ramping. Bahkan terdapat tanaman yang tidak memiliki bonggol.

Nah, adenium yang ini sering sekali berbunga nih, Moms! Bahkan ia bisa berbunga sepanjang tahun. Meski demikian, Moms harus memerhatikan kebutuhan nutrisinya, ya!

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Hias yang Mudah Dirawat oleh Pemula

5. Adenium Somalense

bunga adenium

Foto: gdmagri.com

Nah yang terakhir adalah Adenium Somalense. Adenium jenis ini punya bonggol yang besar serta cabang batang yang jumlahnya banyak.

Jenis adenium ini pun bisa tumbuh dengan waktu yang relatif cepat serta daya tahan yang baik. Adenium Somalense sendiri bisa dibilang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Bentuk daun dari tanaman ini pun meruncing, sementara itu ukuran bunganya kecil namun banyak.

Baca Juga: Hadirkan 15 Tanaman Ini di Kamar Tidur Agar Bermanfaat Untuk Kesehatan

6. Adenium Boehmianum

Adenium Boehmianum

Foto: commons.wikimedia.org

Nah, salah satu jenis bunga adenium yang terakhir bernama adenium boehmianum. Jenis tanaman ini ternyata bisa memiliki pertumbuhan yang relatif cepat jika dibandingkan dengan adenium yang lain.

Bonggol dari Adenium Boehimanum sendiri besar dan jyga indah. Daunnya pun lebar dan memiliki bulu. Ketika berbuga, Adenium Boehmianum sendiir memiliki warna bunga pink yang sedikit keunguan. Cantik banget, Moms!

Itu dia Moms cara merawat bunga adenium dan jenis-jenisnya yang perlu Moms ketahui! Meski cara perawatannya bisa dibilang tidak mudah, namun bunga adenium memang cantik sekali ketika sehat dan berbunga!

  • https://www.architecturaldigest.com/story/how-to-care-for-succulents
  • https://www.casagardenshop.com/blogs/news/9-ways-to-take-care-of-adenium-plant-desert-rose-plant
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait