Home & Living

6 April 2021

9 Mitos dan Fakta Bunga Sedap Malam, Yuk Disimak!

Simak cerita di balik bunga sedap malam!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Bunga sedap malam merupakan salah satu bunga yang banyak dikenal oleh orang Indonesia. Bunga ini juga telah ditetapkan sebagai flora identitas Jawa Timur.

Tapi, tahukah Moms bahwa bunga sedap malam sebenarnya bukan bunga asli Indonesia? Bunga ini diperkirakan berasal dari Meksiko dan dibawa masuk ke Indonesia sejak masuknya bangsa Eropa dan Tiongkok ke Indonesia.

Biasanya, bunga ini mekar dan menebarkan aroma wangi yang khas pada malam hari. Dari sinilah orang Indonesia menyebut bunga ini dengan sebutan bunga sedap malam.

Karena wanginya yang semerbak dan bentuk serta nuansanya yang cantik, sedap malam sering digunakan sebagai bagian dari dekorasi sudut ruangan pada acara istimewa.

Di beberapa negara seperti Jepang dan Hawaii, bunga ini merupakan simbol cinta. Tak heran jika bunga sedap malam seringkali hadir di acara pernikahan.

Sedap malam juga sering digunakan di dunia aromatherapy.

Penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine menyebutkan bahwa polianthes tuberosa (nama latin dari bunga sedap malam) mampu membantu merelaksasikan pikiran, menekan rasa cemas, dan meningkatkan daya imajinasi seseorang.

Baca juga: Ibu Hamil Stres dan Menangis, Normalkah?

Bisa jadi, hal ini karena kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya, dari mulai batang, daun, dan bunga itu sendiri.

Lebih lanjut, ada juga penelitian yang membuktikan bahwa aroma bunga sedap malam bisa meningkatkan suasana romantis sehingga meningkatkan minat untuk bercinta.

Yang menariknya lagi, selain bunga mawar dan melati, bunga ini pun juga sering digunakan sebagai bunga wajib yang diletakkan di atas nisan!

Fakta Bunga Sedap Malam

Dibanding jenis bunga potong lainnya, bunga yang juga menjadi salah satu bunga potong favorit ini sangat awet.

Bunga sedap malam tahan lama meski disimpan di dalam vas berisi air.

Tahukah Moms? Ada beberapa fakta menarik seputar bunga sedap malam yang perlu diketahui. Apa saja? Yuk kita intip.

1. Termasuk Famili Asparagus

manfaat-asparagus.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Meski bunga sedap malam memiliki nama ilmiah polianthes tuberosa (memiliki nama akhiran rosa), tapi jangan terkecoh namanya ya, Moms! Bunga ini bukan termasuk dalam family bunga mawar.

Bunga ini merupakan keluarga asparagacee a.k.a asparagus dan agavaceae sebagai subfamily-nya

2. Sering Dimanfaatkan sebagai Wewangian

Dilansir dari journal.plos.org, bunga sedap malam juga sering dimanfaatkan karena memiliki aroma yang khas.

Tak heran jika banyak penikmat wewangian mengandalkan bunga ini menjadi minyak essensial aromatherapy.

Penelitian bertajuk The Effect of Inhalation of Essential Oils of Polianthes Tuberosa on Test Anxiety in Students: A Clinical Trial menyatakan bahwa jenis bunga ini membantu memberikan efek tenang, menekan dampak cemas, dan memperdalam relaksasi.

Apakah Moms dan Dads seringkali dilanda insomnia? Apalagi dengan keadaan yang serba tak pasti akhir-akhir ini.

Cobalah menggunakan campuran aromatherapy yang terdiri dari irisan bawang merah, irisan bawang putih, irisan jahe, dan setangkai bunga sedap malam. Letakkan dalam suatu wadah bersih di pojok kamar tidur.

Baca juga: 5 Aroma Parfum Wanita Favorit Pria

3. Sebagai Bahan Dasar Parfum

Karena memiliki aroma alami yang wangi, bunga sedap malam juga sering menjadi essential oil dan bahan dasar parfum.

Banyak parfum dari berbagai brand ternama yang terinspirasi dari sedap malam. Sebut saja mulai dari Jo Malone London, Tuberose Angelica; Annick Goutal, Tuberouse; Christian Dior, Dior Passage No 9; L’Erbolario Tuberosa; hingga Zara, Tuberose Summer.

4. "Bersahabat” pada Cahaya yang Minim

Di Indonesia, hari raya Lebaran dan Natal bisa mulai “ditandai” dengan hadirnya bunga sedap malam di pasaran.

Banyak orang rela berdesakkan hanya untuk mendapatkan rangkaian bunga sedap malam untuk merayakan hari besar tersebut.

Bisa jadi Moms adalah salah satu orang yang rela bersaing dengan Moms lain di pasar bunga sejak pukul lima subuh?

Hal ini dikarenakan persaingan banyak orang untuk mendapatkan aroma bunga yang semerbak saat kumpul keluarga malam hari.

Nah, semerbak bunga ini yang tercium pada malam hari tersebut sebenarnya dipengaruhi oleh proses fotosintesis.

Tahukah Moms bahwa bunga sedap malam memang tergolong kategori tanaman skototropisme? Tanaman skototoprisme tumbuh dalam kondisi cahaya minim atau gelap sekalipun.

Ketika fotosintesis berlangsung, kandungan minyak atsiri dalam bunga sedap malam akan menguap dan menyebarkan aroma menenangkan.

Baca juga: 6 Kebiasaan di Malam Hari, yang Bisa Bikin Pagi Jadi Lebih Produktif

Mitos Bunga Sedap Malam yang Beredar di Masyarakat

film horror terseram hero banner magz (1510x849)

Photo: Orami Photo Stock

Karena bunga sedap malam tumbuh dan berkembang dengan cahaya minim, terutama saat malam hari, aroma bunga sedap malam akan tercium lebih “kencang” saat malam. Hal inilah yang seringkali dikaitkan dengan banyak hal magis.

Di Indonesia, setidaknya ada beberapa mitos magis yang berhubungan dengan tanaman hias ini.

Simak beberapa mitos bunga sedap malam yang sering dipercaya banyak orang berikut. Apakah Moms pernah mendengar salah satu mitos ini?

5. Aroma Sedap Malam adalah Tanda Kedatangan Makhluk Halus

Wangi bunga sedap malam terkadang membuat beberapa orang bergidik. Hal ini karena arti bunga ini sering dikaitkan dengan datangnya makhluk halus.

Telah lama dipercaya, makhlus halus akan muncul saat malam hari. Itulah sebabnya, banyak orang juga percaya bahwa ketika mereka mencium aroma polianthes tuberosa, artinya arwah orang yang telah meninggal sedang berada di dekat mereka.

6. Digunakan untuk Memanggil Arwah

Apakah Moms dan Dads suka menonton film horor Indonesia? Di beberapa scene film tersebut, seringkali hadir cerita seorang dukun yang memanggil arwah dengan background rangkaian bunga sedap malam.

Selain menjadi tanda kedatangan makhluk halus, bunga ini juga dipercaya dapat memanggil roh halus.

Biasanya, ritual ini melekat pada seseorang yang mendalami ilmu magis. Tak heran jika jenis bunga ini selalu ada di rumah seorang dukun atau paranormal.

Apakah Moms dan Dads percaya tentang mitos ini?

Baca juga: Selain Menara Saidah, Ini 6 Tempat Paling Horor di Jakarta

7. Malaikat akan Lebih Senang Datang ke Rumah

Tidak hanya mengundang mahkluk halus datang ke rumah. Aroma sedap malam juga dipercaya banyak orang bahwa malaikat akan lebih sering dan betah berlama-lama di rumah orang yang menanam atau memiliki sedap malam sebagai bagian dari dekorasi.

Pastinya mitos yang ini bisa menjadi penanda baik dan ingin Moms ikuti, ya?

8. Bunga Kesukaan Ratu Pantai Selatan

Kabarnya, tidak hanya kelapa hijau, bunga sedap malam juga menjadi bunga favorit Ratu Pantai Selatan. Hal ini karena nuansa hijau yang ada di tangkai dan kelopak bunga sedap malam.

Jadi, Moms dan Dads tentu tak heran, mengapa banyak di daerah Pantai Selatan menyarankan wisatawan untuk membawa bunga sedap malam saat berkunjung ke lokasi yang identik dengan Ratu Pantai Selatan tersebut.

9. Membuat Seseorang Panjang Umur

Banyak orang juga tak kalah percaya bahwa dengan menanam bunga sedap malam di pekarangan rumah dapat menerima berkah panjang umur.

Orang yang menanam bunga sedap malam juga dipercaya akan dijauhkan dari ancaman penyakit hingga peristiwa kecelakaan yang merenggut nyawa.

Itulah beberapa fakta dan mitos seputar bunga sedap malam yang sudah dirangkum oleh Orami. Bagaimana Moms? Apakah Moms percaya?

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27840479/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27840479/
  • https://www.plantsjournal.com/archives/2019/vol7issue1/PartA/6-6-38-873.pdfweb
  • https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0199261
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait