Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Nutrisi Balita | Nov 30, 2018

7 Camilan Kaya Probiotik yang Baik untuk Anak

Bagikan


Moms, sudahkah memberikan camilan mengandung probiotik untuk anak?

Di balik kelezatan rasanya, terkandung bakteri baik seperti lactobacillus dan streptococcus yang akan menjaga keseimbangan mikrobioma dalam sistem pencernaan anak.

Camilan kaya probiotik memperkaya usus anak dengan bakteri baik, ada banyak sekali manfaat positif yang akan dirasakannya, seperti:

- Sistem kekebalan tubuh yang kuat sehingga tidak gampang terkena sakit atau infeksi.

- Metabolisme tubuh lebih lancar.

- Tubuh lebih berenergi.

- Lebih mudah fokus dan konsentrasi saat belajar.

- Mood yang baik dan optimis.

Selain itu, memberikan camilan kaya probiotik juga bisa menjadi awal yang baik untuk menumbuhkan kebiasaan makan yang sehat dalam diri anak lho, Moms.

Nah, berikut adalah beberapa camilan mengandung probiotik untuk anak ini yang bukan hanya mudah didapat, tapi juga bisa Moms olah menjadi beragam hidangan lezat.

Pisang

foto: medicalnewstoday.com

Moms sudah pasti tahu kan, kalau buah berkulit kuning yang dagingnya lembut ini kaya akan potasium?

Nah, pisang juga ternyata mengandung fructooligosaccharides, sejenis prebiotik yang menjadi sumber energi bagi probiotik di dalam usus.

Menurut sebuah studi, anak yang mengonsumsi dua buah pisang setiap hari selama 60 hari akan mengalami peningkatan jumlah probiotik jenis bifidobacteria di dalam ususnya.

Apel

foto: tastyandhealthy.life

Untuk anak yang gampang lapar, apel bisa menjadi alternatif camilan kaya probiotik yang mengenyangkan.

Selain kaya akan vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien lain, apel juga mengandung pektin atau sumber serat larut prebiotik untuk mendukung pertumbuhan probiotik dalam usus.

Baca Juga: Tidak Selalu Nasi, Ini 4 Kriteria Bekal Sekolah yang Sehat untuk Anak

Yogurt

foto: lovingitvegan.com

Ini dia camilan mengandung probiotik untuk anak yang paling populer. Sayangnya, sebagian besar produk yogurt yang ada dipasaran sudah melalui proses yang panjang sehingga kehilangan kandungan bakteri baik.

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari probiotik bakteri asam laktat dan bifidobacteria dari produk fermentasi susu ini, pastikan Moms memberikan jenis greek yogurt.

Keju

foto: globalmeals.org

Camilan sekaligus pelengkap makanan favorit anak ini juga kaya akan sumber probiotik seperti bifudus, acidophilus, dan thermophillus lho, Moms.

Keju yang tidak dipasteurisasi memiliki kandungan probiotik yang jauh lebih tinggi ketimbang produk keju yang diproses.

Baca Juga: Berapa Banyak Telur yang Boleh Dikonsumsi Anak Setiap Harinya?

Kimchi

foto: surakoreancuisine.com

Dalam makanan tradisional Korea ini, bahan utama sawi putih difermentasi dengan beragam bumbu tambahan, termasuk bawang putih.

Itulah yang menjadikan kimchi salah satu camilan kaya probiotik yang mengandung lactobacillus brevis, bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Untuk anak, Moms bisa memberikan baek kimchi atau kimchi putih yang tidak pedas.

Kimchi juga bisa diolah menjadi bermacam hidangan, seperti pancake, nasi goreng, dan sup.

Dark Chocolate

foto: everydayhealth.com

Camilan mengandung probiotik untuk anak yang selanjutnya adalah dark chocolate yang terbuat dari setidaknya 70 persen cocoa.

Selain mengandung probiotik dan prebiotik yang baik untuk kesehatan tubuh, dark chocolate juga mengandung antioksidan.

Nah, porsi ideal untuk mendapatkan probiotik dalam dark chocolate adalah sekitar 1 potongan kecil berukuran 3 cm atau sekitar 2 sendok makan bubuk dark cocoa.

Baca Juga: Yuk, Coba 5 Cemilan Sehat Untuk Perkembangan Otak Anak

Roti Sourdough

foto: cbc.ca

Kalau biasanya roti dibuat dengan ragi instan atau pengembang, roti sourdough justru dibuat dengan fermentasi ragi alami.

Dalam proses pembuatannya, bakteri di dalam ragi memecah gula dan gluten dalam terigu, lalu mengubahnya menjadi mineral, protein, dan vitamin.

Itulah kenapa selain lebih mudah dicerna dan kaya probiotik, roti sourdough juga lebih sehat dibanding roti putih biasa.

Semua camilan kaya probiotik tadi juga bisa dikombinasikan untuk mendapatkan rasa yang lezat dan manfaat optimal.

Sebagai contoh, Moms bisa membuat sandwich keju sourdough atau smoothies apel, pisang, dan yogurt.

Apalagi ya Moms, kreasi camilan mengandung probiotik yang menarik untuk anak?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.