Scroll untuk melanjutkan membaca

HOME & LIVING
25 Maret 2022

3 Cara Membuat Aquaponik di Rumah, Coba Yuk Moms!

Yuk, coba bikin aquaponik di rumah!
3 Cara Membuat Aquaponik di Rumah, Coba Yuk Moms!

Aquaponik merupakan sistem pertanian modern yang belakangan banyak diminati oleh Moms. Cara membuat aquaponik juga tidak susah untuk dicoba di rumah .

Sistem pertanian ini merupakan kombinasi dari akuakultur dan juga hidroponik. Jadi, Moms dapat memelihara ikan di kolam dan menanam sayuran hidroponik di atasnya.

Nantinya, kotoran yang dihasilkan oleh ikan dapat menjadi nutrisi untuk tanaman agar tumbuh dengan subur. Sehingga air di dalam kolam juga akan bersih dan menghasilkan satu siklus berkelanjutan.

Sistem ini sepenuhnya didasarkan pada siklus nitrogen. Ketika ikan menghasilkan limbah (amonia), bakteri memecahnya menjadi nitrat.

Nantinya, air yang sudah mengandung nitrat tinggu ini akan dibawa oleh pompa ke tempat di mana tanaman tumbuh. Tanaman mengambil nitrogen dari air, yang memberi makan tanaman dan membersihkan air, sehingga aman untuk kembali kolam ikan.

Siklus ini berulang, dengan ikan memberikan nutrisi untuk bakteri. Nantinya, bakteri memecah kotoran ikan dan memberi makan tanaman, dan tanaman membersihkan air untuk kembali ke ikan.

Baca juga: 27+ Rekomendasi Tanaman Aquascape untuk Akuarium dan Kolam, Cantik!

Cara Membuat Aquaponik

Cara membuat aquaponik sangat mudah lho Moms. Karena sistem pertanian modern ini dapat dibangun di lahan sempit dan juga mudah dalam sistem perawatannya.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai cara membuat aquaponik, simak terus artikelnya sampai selesai ya Moms.

1. Cara Membuat Aquaponik di Atas Kolam Ikan

cara membuat aquaponik di atas kolam ikan

Foto: cara membuat aquaponik di atas kolam ikan

Foto: pinterest.com

Tidak semua aquaponik dibuat dari awal. Moms yang sudah memiliki kolam ikan juga dapat menambahkan tanaman hidroponik di atasnya.

Pastikan Moms menambahkan pompa untuk mengangkat air dari kolam ke instalasi hidroponik di atasnya.

Saat akan membuat instalasi hidroponik, Moms dapat memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Misalnya, Moms dapat menggunakan botol bekas kemudian diisi dengan media tanam sederhana sebagai instalasi hidroponik di atasnya.

Selain itu, Moms juga bisa menggunakan pipa paralon sebagai wadah media tanam untuk tanamannya. Ingat Moms yang terpenting bukan wadahnya, tetapi pompa untuk membawa air dari kolam ke tanaman.

Hal ini penting agar tanaman mendapat nutrisi berupa nitrat yang dihasilkan oleh kotoran ikan.

2. Cara Membaut Aquaponik di Atas Aquarium

cara membuat aquaponik di atas aquarium

Foto: cara membuat aquaponik di atas aquarium

Foto: pinterest.com

Jika Moms tidak memiliki kolam ikan di atas tanah, menggunakan aquarium juga bisa lho.

Hampir sama dengan kolam ikan yang ada di tanah, aquaponik di atas aquarium juga hanya perlu penambahan instalasi untuk tanaman di atasnya.

Moms juga bisa menggunakan botol bekas sebagai wadah untuk tanaman hidroponiknya. Sama seperti membuat aquaponik di atas kolam ikan, pompa sangat penting untuk dipasang dalam instalasi ini ya Moms.

Karena Moms harus memastikan ikan mendapatkan makanan dari nitrat yang dihasilkan dari kotoran ikan. Namun, saat membuat aquaponik di atas aquarium sebaiknya Moms jangan meletakkannya di dalam rumah ya.

Karena jika diletakkan di dalam rumah yang tidak terkena sinar matahari, tanaman tidak akan tumbuh dengan baik. Pastikan Moms juga memberikan asupan sinar matahari yang cukup untuk tanaman.

3. Cara Membuat Aquaponik dengan Ember

cara membuat aquaponik di atas ember

Foto: cara membuat aquaponik di atas ember

Foto: pinterest.com

Aquaponik tidak selalu dibuat di atas kolam ikan atau aquarium. Moms juga bisa memanfaatkan ember di rumah lho. Berikut langkah-langkah untuk membuat dilansir dari berbagai sumber:

  1. Siapkan ember plastik. Pastikan ukurannya yang agak besar ya Moms.
  2. Tuangkan air sekitar ¾ dari tinggi air. Kemudian masukkan ikan yang akan dibudidayakan.
  3. Pasang instalasi hidroponik di atasnya. Moms dapat membuatnya dari botol bekas atau yang instalasi hidroponik siap pakai.
  4. Pasang pompa yang sudah dilengkapi dengan filtrasi dan juga selang. Pastikan selang tersambung dengan baik ke instalasi hidroponik.
  5. Sambungkan pompa dengan listrik kemudian alirkan air yang sudah terfiltrasi ke tanaman hidroponik.
  6. Pastikan pompa selalu menyala ya Moms. Karena jika pompa berhenti bekerja akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman di atasnya.

Baca juga: 3 Cara Budidaya Rumput Azolla untuk Pertanian dan Peternakan

Tips Merawat Aquaponik

tips merawat aquaponik

Foto: tips merawat aquaponik

Foto: pinterest.com

Aquaponik merupakan sistem pertanian yang mudah dirawat lho Moms. Selain itu, Moms juga tidak perlu menyediakan banyak air untuk membudidayakan tanaman dengan sistem ini.

Jika ingin sukses menerapkan sistem pertanian hidroponik di rumah, simak tipsnya berikut ini yuk.

1. Jaga Kualitas Air

Saat memiliki tanaman hidroponik di rumah, Moms harus selalu menjaga kualitas air di kolam ya.

Pastikan tingkat oksigen terlarut sesuai dengan kebutuhan ikan dan tanaman dengan dengan mempertahankan aerasi dan sirkulasi air yang konsisten dan memadai.

Menjaga kualitas air yang baik dengan secara teratur memeriksa kadar pH, suhu air, sumber air, dan kadar amonia. Air adalah penghubung antara ikan dan tanaman dan pembawa nutrisi bagi tanaman.

2. Jangan Terlalu Banyak Memelihara Ikan

Pastikan Moms tidak terlalu banyak memelihara ikan di kolam ya. Karena jika kolam terlalu sempit dapat menyebabkan ikan stres dan kelebihan produksi ammonia.

Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan ikan. Penting untuk selalu melihat rasio ikan dan tanaman.

3. Hindari Tanaman yang Tumbuh Terlalu Lebat

Hindari tanaman yang terlalu padat, rakit apung, atau pipa nft. Tanaman membutuhkan ruang untuk mendapatkan nutrisi dan sinar matahari yang cukup.

4. Jangan Terlalu Banyak Memberi Makan Ikan

Hindari memberi makan ikan secara berlebihan. Berikan ikan jumlah makanan yang tepat dan dapat mereka konsumsi dengan cepat.

Selalu singkirkan makanan ikan yang tidak dimakan setelah makan, karena sisa makanan ikan dapat menyebabkan kenaikan kadar amonia dan dapat menyumbat sistem.

Baca juga: Intip, Ini 8 Makanan Khas Melayu yang Wajib Banget Dicoba!

Itulah cara membuat aquaponik di rumah lengkap dengan tipsnya. Yuk di coba Moms!

  • https://gogreenaquaponics.com/blogs/news/aquaponics-maintenance-tips-make-aquaponics-work-for-you
  • https://learn.eartheasy.com/articles/how-to-grow-with-aquaponics-in-5-simple-steps/
  • https://www.trees.com/gardening-and-landscaping/aquaponic-plans
  • https://www.thedailygardener.com/diy-aquaponics-systems#How_to_DIY_the_Aquaponics_System