Home & Living

HOME & LIVING
29 Maret 2021

Mudah Banget, Ini Cara Menanam Lidah Buaya yang Benar!

Meski cara menanamnya cukup mudah, tetap harus dirawat ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Cara menanam lidah buaya tidak bisa dibilang sulit, namun tidak boleh disepelekan nih Moms! Jadi Moms perlu mengetahui dengan pasti cara menanam lidah buaya agar tanaman ini subur dan bisa dipetik manfaatnya.

Kita semua pasti tahu bahwa lidah buaya memiliki banyak kegunaan dan manfaat untuk kesehatan maupun perawatan tubuh.

Maka tidak jarang, kita akan menemukan tanaman ini ditanam di halaman rumah tetangga, maupun saudara kita sendiri.

Mungkin Moms juga terbesit pikiran untuk mencoba menanam lidah buaya di pekarangan ataupun kebun belakang rumah. Namun kurangnya pengalaman, bisa membuat kita takut lidah buaya yang ditanam tidak akan bertahan lama.

Nah, untuk Moms yang khawatir akan hal ini, tenang dan jangan takut lagi. Berikut ini kami sajikan cara menanam lidah buaya, yuk dicatat Moms.

Baca Juga: Yuk Berkebun! Begini Cara Menanam Cabai Sendiri di Rumah

Cara Menanam Lidah Buaya

Seperti yang tadi sudah disebutkan, cara menanam lidah buaya sangatlah mudah. Kendati demikian, Moms jangan sampai meremehkannya.

Jangan sampai tanaman tersebut mati karena Moms melakukan kesalahan karena tak mengikuti langkah cara menanam lidah buaya dengan benar.

Berikut cara menanam lidah buaya yang benar agar tanaman tersebut tumbuh dengan subur!

1. Pilih Tanah dengan Daya Serap Air Baik

tanaman lidah buaya, menanam lidah buaya

Foto: Orami Photo Stock

Langkah dalam cara menanam lidah buaya yang pertama adalah dengan melakukan pemilihan tanah yang tepat.

Tanaman lidah buaya cocok untuk ditanam di area yang beriklim panas. Makanya, sebaiknya Moms menanam tanaman ini di area luar rumah, seperti pekarangan dan kebun di rumah.

Juga perlu diperhatikan, pastikan bahwa tanah yang dipilih, memiliki daya serap air yang baik, sehingga tanaman lidah buaya dapat tumbuh dengan subur pula.

Hal ini penting untuk diperhatikan, karena tanah dengan daya serap air yang baik, membuat Moms tidak perlu repot menyiram tanaman ini secara berkala.

Jadi, cara menanam lidah buaya yang pertama adalah dengan pilih tanah yang baik ya Moms.

2. Menanam Lidah Buaya

tanaman lidah buaya, menanam lidah buaya

Foto: Orami Photo Stock

Menanam lidah buaya tidak sulit, dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, dalam cara menanam lidah buaya yang benar, terdapat beberapa hal yang perlu Moms perhatikan.

Sebaiknya pilih lidah buaya dengan ukuran kecil atau yang masih muda untuk ditanam. Pastikan juga bibit lidah buaya yang akan ditanam masih segar atau tidak memiliki noda hitam pada daunnya.

Hal ini penting agar tanaman lidah buaya kelak dapat tumbuh sehat dan segar.

Setelah mendapat bibit unggul, tanam lidah buaya dengan menancapkannya ke tanah atau media tanam yang sudah disiapkan. Ingat, jangan menancap terlalu dalam atau dangkal, agar tidak mudah busuk dan roboh ketika sudah tumbuh.

Baca Juga: Kaya Vitamin, Ini 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Ibu Hamil

3. Jangan Terlalu Sering Menyiram

Cara menanam lidah buaya yang baik selanjutnya adalah dengan tidak menyiramnya terlalu sering.

Moms harus tahu bahwa tidak semua tanaman menyukai air, seperti tanaman lidah buaya contohnya.

Jenis tanaman ini bisa dikategorikan sebagai tanaman yang dapat tumbuh dengan baik tanpa perlu disiram setiap hari. Malah jika sering disiram, daunnya akan membusuk dengan cepat.

Tanaman ini tergolong jenis tanaman yang memiliki banyak cadangan air dalam tubuhnya. Jadi walaupun Moms kelupaan menyiram atau tidak disiram setiap hari pun, ia akan tetap tumbuh dengan sehat dan segar.

4. Beri Pupuk dan Pencahayaan yang Cukup

tanaman lidah buaya, menanam lidah buaya

Foto: Orami Photo Stock

Agar dapat tumbuh dengan optimal, jangan lupa untuk memberi pupuk juga pada tanaman lidah buaya. Gunakanlah pupuk organik secukupnya.

Nah, cara menanam lidah buaya yang baik adalah dengan tidak perlu terlalu sering, 2 minggu sekali sudah cukup.

Selain pupuk, jangan lupa untuk memberikan pencahayaan yang cukup juga. Tanaman lidah buaya sangat membutuhkan sinar matahari, sehingga perlu ada kontak langsung dengan sinar matahari.

Namun, jangan terlalu intens terkena sinar matahari, karena akan membuat daun lidah buaya Moms menjadi bersisik dan berubah warna menjadi jingga.

Untuk mengatasinya, letakkan tanaman lidah buaya di tempat teduh yang tetap mendapat sinar matahari secara langsung.

Moms itu dia tips dan trik mudah dalam cara menanam lidah buaya. Meski terbilang cukup mudah, tetap perhatikan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ya.

Usai mengetahui cara menanam lidah buaya yang baik, rasanya tak lengkap jika tak mengetahui apa saja manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

Baca Juga: 4 Tips Menanam dan Merawat Tanaman Buah di Dalam Pot (Tabulampot)

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Moms sudah mengetahui cara menanam lidah buaya agar tumbuh subur. Nah, ini dia informasi mengenai lidah buaya untuk kesehatan.

Dilansir dari sebuah jurnal Organic and Medicinal Chemistry Letters, disebutkan bahwa, selain digunakan untuk industri kosmetik, lidah buaya memiliki peranan penting lain.

Selama berabad-abad, lidah buaya sudah digunakan untuk obat pencahar, obat peradangan atau anti inflamasi, imunostimulan, antiseptik, penyembuhan luka bakar, antitumor dan juga obat antidiabetik.

Yuk simak manfaat lidah buaya secara detail!

1. Mengurangi Peradangan

Pernyataan dalam jurnal tersebut pun didukung dengan pernyataan dalam jurnal lain yang ada dipublikasikan oleh U.S. National Library of Medicine.

Jurnal tersebut menyebutkan bahwa sifat anti-inflamasi jus lidah buaya dapat membantu dalam pengobatan penyakit radang usus.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman juga mengungkapkan mengenai sifat anti-inflamasi jus lidah buaya pada kulit. Gel (bisa juga jus) yang terdapat pada lidah buaya mampu mengurangi eritema imbas UV.

Karena sifat anti-inflamasinya, jus lidah buaya bisa memberikan bantuan dari imobilitas sendi. Jus ini juga dapat bertindak sebagai basa yang efektif untuk menyiapkan senyawa yang disebut nimesulide emulgel.

Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi yang signifikan dan dapat digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis. Wah ternyata banyak sekali manfaatnya ya!

2. Menghalangi Serangan Dehidrasi

Tanaman lidah buaya mengandung kepadatan air. Karena hal tersebut, tak heran kalau lidah buaya bisa mencegah atau bahkan mengobati dehidrasi pada tubuh nih, Moms!

Tubuh harus terhidrasi dengan baik demi menunjang kesehatan, Moms. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, hal tersebut bisa membantu detoksifikasi tubuh.

Racun-racun di tubuh akan dibersihkan dan dibuang bersama dengan kotoran ketika buang air kecil serta buang air besar.

Lidah buaya yang dijadikan jus juga mengandung banyak sekali nutrisi yang bisa bantu mengoptimalkan produksi organ tubuh.

Yang tak kalah pentingnya adalah, ketika ginjal dan hati memiliki sebagian besar tugas yakni bertanggung jawab atas detoksifikasi darah dan memproduksi urin, hal tersebut membuat Moms harus menjaga kedua organ tersebut agar tetap sehat dan bekerja dengan baik.

Menghidrasi tubuh adalah salah satu langkah tepatnya.

Nah, saat Moms melakukan olahraga berat, tentunya tubuh akan mengeluarkan banyak sekali cairan melalui keringat.

Karenanya, pemulihan dari kondisi ini adalah mengonsumsi banyak cairan untuk menghidrasi, membilas serta membersihkan diri dari penumpukan asam laktat saat berolahraga.

Jadi, mengonsumsi lidah buaya setelah berolahraga sangat direkomendasikan demi kesehatan tubuh yang lebih baik, Moms!

3. Membantu Menyembuhkan Kulit Terbakar

Manfaat lidah buaya pun sangat banyak untuk kulit dan salah satunya bisa menyembuhkan kulit yang terbakar.

Kulit memang bisa dengan mudah memerah, terlebih ketika terbakar sinar matahari. Tak bisa dipungkiri bahwa sinar matahari memiliki banyak sekali untuk tubuh.

Namun, jika berjemur terlalu lama, kulit bisa jadi terbakar dan kemerahan. Apalagi jika hal ini dialami oleh Si Kecil yang sedang rajin-rajinnya dijemur agar tubuhnya tetap sehat.

Jika Moms mengalami kulit yang terbakar karena sinar matahari, atau hal tersebut terjadi pada Si Kecil, memanfaatkan lidah buaya bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk mengurangi inflamasi dan kemerahan serta mendinginkan serta menenangkan kulit Moms dan juga Si Kecil. Sehingga rasa gatal dan tak nyaman yang hadir pun bisa dihilangkan.

Gel dari lidah buaya atau produk yang mengandung lidah buaya efektif untuk perawatan kulit terbakar ringan pada bayi.

“Lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan kulit,” ujar Dr. Daniel Mackey, dokter anak di Children's Hospital of Orange County.

Nah, sekarang Moms sudah tahu cara menanam lidah buaya yang benar serta manfaat lidah buaya untuk tubuh! Yuk dimanfaatkan!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait