Rupa-rupa

9 September 2021

6 Cara Mengatasi Kucing Birahi agar Tidak Berisik

Dicoba ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Dorongan sex pada kucing jauh lebi kuat daripada manusia. Saat musim kawin, kucing akan lebih aktif dan juga berisik. Lalu, bagaimana cara mengatasi kucing birahi agar tidak berisik? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara Mengatasi Kucing Birahi agar Tidak Berisik

Kucing betina memiliki siklus fisik yang mempersiapkan tubuhnya untuk pembuahan dan kelahiran. Jika pada manusia disebut menstruasi, pada kucing disebut estrus atau birahi.

Jurnal Elsevier Public Health Emergency Collection menjelaskan kucing betina mengalami siklus estrus berilang kali selama musim kawin, kecuali terganggu oleh kehamilan, kehamilan, atau penyakit. Siklus estrus akan terjadi pada interval variabel tetapi paling biasanya setiap 14 sampai 21 hari.

Baca juga: 9 Arti Mimpi Dikejar Kucing, Salah Satunya Pertanda Ada Orang yang Mencari Moms

Kucing birahi ditandai dengan suara mengeong keras dan berisik. Mereka juga selalu menegakan ekornya ke atas. Nafsu makan makan mulai berkurang dan merasa gelisah.

Moms yang ingin tahu cara mengatasi kucing birahi agar tidak berisik, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini ya.

1. Kawinkan Kucing

Kawinkan Kucing

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi kucing birahi salah satu nya dengan mengawinkan dengan kucing jantan sesuai ras. Karena mengawinkan merupakan cara untuk memuaskan nafsu kucing betina milik Moms.

Ketika memiliki metode ini, Moms harus siap menambah jumlah anak kucing di rumah ya. Karena dalam beberapa hari setelah kucing betina beranak, Moms tidak dapat memisahkan anak kucing dari induknya.

2. Sterilkan Kucing

sterilkan kucing

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms tidak ingin menambah anak kucing, jangan pernah mengawinkannya dengan kucing betina dengan jantan. Moms dapat mensterilkan kucing betina hingga mandul.

Cara mengatasi kucing birahi dengan memandulkannya harus dilakukan oleh dokter hewan ya Moms. Karena hanya ahli yang dapat melakukan proses ini dengan benar dan tidak membahayakan.

Baca juga: 5+ Cara Mengawinkan Kucing Galak dan Penakut

3. Atur Kandang agar Lebih Hangat

Atur Kandang agar Lebih Hangat

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi kucing birahi agar tidak berisik selanjutnya adalah mengatur kandang menjadi lebih hangat. Tujuannya agar mereka lebih cepat diam, tidak berisik dan berhasil melewati kondisi birahi lebih tenang.

4. Masukan ke Ruang Isolasi

Masukan ke Ruang Isolasi

Foto: Orami Photo Stock

Saat kucing birahi, aroma yang keluar dari alat kelamin mereka dapat menarik perhatian kucing jantan. Salah satu cara mengatasi kucing birahi dengan cara memasukannya ke ruang isolasi.

Moms dapat menyiapkan kandang kucing yang lebih hangat agar kucing lebih cepat diam dan tidak berisik selama birahi. Cara ini juga dapat menghambat kucing betina kawin dengan jantan.

Baca juga: 8 Vitamin Kucing yang Bagus, Bantu Tingkatkan Nafsu Makan hingga Melebatkan Bulu

5. Beri Aroma yang Bisa Membuat Kucing Tenang

Beri Aroma yang Bisa Membuat Kucing Tenang

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi kucing birahi adalah memberikan aroma agar mereka tenang. Moms dapat memberikan aroma alami atau buatan manusia.

Moms dapat memberikan tanaman catnip yang aromanya sangat disukai oleh kucing. Sementara untuk buatan manusia, Moms dapat memberikan feliway.

Produk buatan manusia ini dapat menghasilkan efek yang menyerupai facial pheromones yang diproduksi oleh tubuh kucing. Ini digunakan oleh kucing untuk menandai wilayahnya dan juga untuk menarik lawan jenis.

6. Memberikan Obat Penenang

Memberikan Obat Penenang

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi kucing birahi lain yang bisa Moms lakukan adalah memberikan obat penenang. Hal ini dapat Moms lakukan jika suara kucing tidak dapat diatasi dengan cara-cata di atas.

Moms dapat membeli obat penenang kucing di toko hewan peliharaan terdekat. Saat membeli obat tersebut, pastikan kandungannya tidak membahayakan kucing Moms ya. Selain itu, Moms juga perlu berkonsultasi dengan pemilik toko sebelum menentukan merek obat yang cocok dengan kucing Moms.

Baca juga: Begini Tips dan Cara Memilih Pasir Kucing yang Paling Tepat

Demikian penjelasan cara mengatasi kucing birahi. Jangan ragu untuk dicoba ya Moms!

  • https://tobalie.com/en/magazine/behaviour-training/sex-among-cats-lust-or-frustration
  • https://www.vin.com/apputil/content/defaultadv1.aspx
  • https://www.thesprucepets.com/signs-that-your-cat-is-in-heat-3385392
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait