Home & Living

30 Agustus 2021

Cari Tahu Yuk, Perbedaan Kucing Jantan dan Betina!

Ada banyak cara mengetahui perbedaan kucing jantan dan betina
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Perbedaan kucing jantan dan betina memang sangat sulit untuk dilihat dari bentuk tubuhnya. Biasanya untuk mengetahui hal tersebut Moms harus memiliki ketelitian yang jeli.

Karena Moms harus benar-benar memperhatikan bentuk serta jarak dari kelamin kucing yang akan dipelihara. Moms juga perlu memperhatikan perilaku kucing saat akan membedakan jenis kelaminnya.

Perlu diingar juga ya Moms, perbedaan kucing jantan dan betina saat masih kecil dan dewasa juga ternyata berbeda lho Moms. Selain karena ukurannya, anak kucing juga memiliki bulu yang cukup lebat dan sering menutupi kelamin mereka saat baru lahir. Jadi, Moms perlu menunggu beberapa waktu untuk melihat perbedaan kucing jantan dan betina.

Nah, biar enggak semakin penasaran, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini yuk.

Baca juga: 6 Bahaya Bulu Kucing, Bisa Menyebabkan Toksoplasmosis!

Perbedaan Kucing Jantan dan Betina saat Masih Kecil

perbedaan kucing jantan dan betina saat masih kecil

Foto: Orami Photo Stock

Perbedaan kucing jantan dan betina tidak dapat dilihat pada saat mereka baru lahir. Hal ini baru akan terlihat setelah mereka berusia lima minggu atau lebih.

Saat kucing sudah memasuki usia tersebut, Moms dapat melihat perbedaan kucing jantan dan betina dari jarak kelamin, warna bulu dan juga perilakunya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Bentuk Kelamin

Perbedaan kucing jantan dan betina yang paling mencolok adalah bentuk kelaminnya. Hanya saja, hal ini sangat sulit untuk dilihat karena masih tertutup oleh bulu.

Moms yang ingin mencoba memeriksa, dapat mengangkat bagian ekor anak kucing. Namun, hal ini jangan Moms lakukan saat anak kucing baru lahir beberapa hari ya. Karena hal ini dapat membuat induk kucing tidak mau menyusui anaknya lagi.

Waktu yang tepat untuk memeriksa kelamin anak kucing adalah saat mereka berusia lima minggu atau lebih. Jika waktunya sudah cukup, Moms bisa melihat perbedaan kelamin anak kucing jantan dan betina. Untuk kucing jantan biasanya memiliki benjolan di dekat perut. Sementara kucing betina tidak memiliki benjolan.

2. Jarak antara Kelamin dan Anus

Jarak antara kelamin dan anus juga bisa menjadi perbedaan kucing jantan dan betina. Moms cukup melihat jarak dari anus yang ada di bagian bawah ekor.

Pada anak kucing dengan ukuran yang sama, jarak antara anus dan lubang genital lebih besar pada jantan daripada betina.

Baca juga: 5+ Cara Mengawinkan Kucing Galak dan Penakut

3. Warna Kucing

Warna bulu merupakan salah satu cara mengetahui perbedaan kucing jantan dan betina. Jurnal Washington State University kucing yang memiliki tiga warna, bisa dipastikan bahwa itu adalah betina.

Karena susunan kromosom kucing betina bertanggung jawab penuh atas pewarnaan ini, jadi Moms bisa menjamin bahwa kucing dengan tiga warna merupakan betina.

Sementara untuk kucing jantan, biasanya memiliki bulu berwarna berwarna oranye. Namun, cara mengetahui perbedaan kucing jantan dan betina ini masih belum bisa diandalkan. Karena menurut beberapa sumber, hanya ada ¾ kucing berwarna orange yang berjenis kelamin jantan.

4. Perilaku

Saat anak kucing mulai tumbuh, biasanya mereka akan mulai memperlihatkan perilaku yang berbeda antara jantan dan betina. Beberapa sumber menyebutkan anak kucing jantan mungkin lebih suka berkeliaran dan lebih agresif.

Sementara Anak kucing betina lebih suka mengeluarkan suara untuk mencari perhatian. Hal ini biasanya berlangsung hingga mereka tumbuh menjadi kucing dewasa.

Baca juga: 6 Artis yang Hobi Pelihara Binatang, Mulai dari Kucing Hingga Harimau!

Perbedaan Kucing Jantan dan Betina Dewasa

Perbedaan kucing jantan dan betina dewasa

Foto: Orami Photo Stock

Saat ingin melihat perbedaan kucing jantan dan betina dewasa lebih mudah dibandingkan saat mereka masih kecil. Saat mereka sudah tumbuh, alat kelamin lebih mudah dilihat karena sudah terbentuk dengan sempurna. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Alat Kelamin

Cara mengetahui perbedaan kucing jantan dan betina yang paling mudah adalah melihat alat kelaminnya. Biasanya kucing jantan memiliki biji testis dan penis di bagian bawah perut. Sementara kucing betina hanya memiliki anus dan saluran urin.

Selain itu, kucing betina biasanya memiliki jendolan yang merupakan payudara di bagian bawah perut. Ciri ini biasanya terlihat saat mereka sedang mengandung atau setelah melahirkan anak.

2. Perilaku

Perbedaan kucing jantan dan betina sangat mudah dilihat dari perilakunya. Apalagi untuk kucing yang belum disterilkan sebelumnya.

Karena perbedaan perilaku biasanya terkait dengan dorongan seks kucing. Misalnya, kucing jantan mungkin menjadi lebih agresif, menyemprotkan air seni dan mencoba melarikan diri dari rumah ketika mereka dalam tahap dewasa secara seksual.

Namun, kucing betina biasanya menjadi lebih penyayang, dan beberapa cenderung bergesekan dengan hampir semua hal sambil juga sangat vokal.

Meskipun mayoritas kucing jantan dan betina yang tidak disterilkan memiliki perilaku yang sangat khas, tidak ada konsensus bahwa semua kucing dari kedua jenis kelamin bertindak dengan cara tertentu.

Karena perilaku dianggap berhubungan dengan masalah seksual kucing, sehingga banyak pusat adopsi sangat mendorong pemilik hewan peliharaan untuk memandulkan dan mensterilkan kucing mereka.

Baca juga: 8 Vitamin Kucing yang Bagus, Bantu Tingkatkan Nafsu Makan hingga Melebatkan Bulu

3. Warna Bulu

Perbedaan kucing jantan dan betina juga bisa dilihat melalui warna bulunya. Biasanya kucing betina memiliki bulu tiga warna. Karena pembentukan warna bulu sangat dipengaruhi oleh jumlah kromosom kucing betina.

Sementara, kucing orange atau ginger berjenis kelamin jantan. Walaupun hanya ada ¾ populasi kucing jantan berjenis kelamin jantan memiliki warna yang sama, tetapi hal ini sudah banyak disepakati oleh para peneliti.

4. Ukuran Tubuh Kucing

Melihat ukuran tubuh juga bisa menjadi salah satu cara mengetahui perbedaan kucing betina dan jantan. Kuding jantan biasanya memeiliki ukuran kepala yang lebih besar dibandingkan betina. Hal ini juga berlaku untuk tubuh dari kucing jantan yang lebih besar dibandingkan betina.

Baca juga: 13 Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengatasinya, Jangan Panik Dulu ya Moms!

Itulah penjelasan mengenai perbedaan kucing jantan dan betina yang perlu Moms ketahui. Semoga bermanfaat ya.

  • https://www.thesprucepets.com/male-or-female-555408
  • https://www.thesprucepets.com/telling-the-sex-of-kittens-555173#citation-1
  • https://www.hillspet.com/cat-care/behavior-appearance/differences-between-male-and-female-cats
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait