Kesehatan

3 Maret 2020

4 Cara Mengatasi Kulit Melepuh dengan Ampuh dan Cepat

Jangan panik, tapi lakukan beberapa cara ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Pernahkah Moms mengalami kulit yang melempuh? Semua orang mungkin pernah mengalaminya. Baik itu karena terkena air panas, terjadtuh, digigit serangga, atau karena hal lainnya.

Iritasi kulit yang menyakitkan ini dapat terjadi di mana saja di tubuh kita, termasuk pada bagian-bagian tubuh bergesekan dengan pakaian.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Impetigo yang Bisa Bikin Kulit Bayi Melepuh: Ini Gejala dan Penyebabnya!

Lepuh terjadi karena iritasi berulang. Jika Moms rentan terhadap lepuh di tempat-tempat tertentu, letakkan plester di antara kulit dan apa pun yang mengiritasi itu akan membantu mencegah terjadinya lepuh.

Jika timbul lepuh, cobalah untuk tidak melepaskan kulit yang melepuh, karena kulit yang tidak terputus di atas lepuh dapat menjadi penghalang alami bagi bakteri dan mengurangi risiko infeksi.

Bila lepuh pada kulit terasa begitu menyakitkan, Moms bisa tutupi dengan kain kasa, atau lakukan beberapa tips di bawah ini.

Mengatasi Kulit yang Melepuh

Berdasarkan American Academy of Dermatology, kulit melepuh bisa diatasi dengan beberapa cara berikut ini, jika tidak sembuh dalam 1 atau 2 minggu.

1. Tutupi Lepuh

mengatasi kulit melepuh

Foto: aliexpress.com

Tutupi kulit yang melepuh dengan perban yang agak longgar. Bawa sisi perban sehingga bagian tengah balutan sedikit terangkat.

2. Gunakan Bantalan

mengatasi kulit melepuh

Foto: blisterprevention.com.au

Untuk mengatai kulit yang melepuh di sekitar area bertekanan, seperti bagian bawah kaki kita, gunakan bantalan.

Potong bantalan menjadi bentuk donat dengan lubang di tengah dan letakkan di sekitar lepuh untuk melindunginya. Kemudian, tutup lepuh dan bantalan dengan perban.

Baca Juga: 5 Penyebab Luka Bakar pada Balita yang Perlu Diwaspadai

3. Hindari Mengeluarkan atau Mengeringkan Lepuh

mengatasi kulit melepuh

Foto: healthline.com

Untuk mengatasi kulit melepuh, kita dilarang untuk mengeluarkan atau mengeringkan lepuhan pada kulit. Mengapa? Karena hal ini dapat menyebabkan infeksi.

Namun, jika kulit yang melepuh lumayan luas dan sangat sakit, mungkin perlu mengeringkannya untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

Untuk melakukan hal ini, sterilkan jarum kecil menggunakan alkohol gosok. Kemudian, gunakan jarum untuk dengan hati-hati menusuk satu ujung lepuh, yang akan membuat sebagian cairan dalam lepuhan mengalir.

4. Jaga Area Tetap Bersih dan Tertutup

mengatasi kulit melepuh

Foto: healthline.com

Setelah isi lepuhan terkuras, cuci area tersebut dengan sabun dan air, lalu oleskan petroleum jelly. Jangan lepaskan kulit di atas lepuhan, karena ini akan melindungi kulit di bawahnya saat sembuh.

Itu dia Moms beberapa cara mengatasi kulit melepuh. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Penyebab Iritasi Kulit pada Bayi, Bisa Dicegah Moms!

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait