Home & Living

17 Juni 2021

8 Cara Menghilangkan Bau Cat dengan Bahan Alami dan Rumahan

Moms dapat menghilangkan bau cat dengan bahan alami dan rumahan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Tampilan ruangan yang penuh warna bisa membuat mood Moms lebih baik. Sayangnya, saat ruangan baru saja diberi warna dengan cat, akan meninggalkan bau yang sulit untuk dihilangkan. Moms mungkin akan mencari cara menghilangkan bau cat agar bisa nyaman saat berada di ruangan baru.

Selain memanfaatkan udara dari luar, ada beberapa cara menghilangkan bau cat dengan menggunakan produk rumahan dan tentunya ramah lingkungan.

Baca juga: Cari Tahu Warna Cat Dinding Terbaik untuk Zodiak Kita!

Cara Menghilangkan Bau Cat dengan Bahan Rumah Tangga

Cara menghilangkan bau cat di dalam ruangan dapat menggunakan bahan alami yang berasal dari perlengkapan rumah. Hanya saja, cara ini harus digunakan selama proses pengecatan dilakukan.

Karena penggunaan bahan rumah tangga selama proses pengecatan akan membantu Moms lebih cepat menikmati ruangan baru. Apa saja sih bahan rumah tangga yang bisa menghilangkan bau cat? Berikut penjelasannya.

1. Baking Soda

Baking soda untuk menghilangkan bau cat

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin sudah tahu kalau baking soda dapat menyerap bau di emari dan lemari es kan. Ternyata bahan ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau cat yang baru digunakan.

Cara menghilangkan bau cat dengan baking soda juga terbilang cukup mudah. Moms hanya perlu menuangkan baking soda di wadah kecil kemudian letakkan di beberapa sudut ruangan selama proses pengecatan.

Namun, jika bau cat masih tertinggal di ruangan, Moms dapat menaburkan kembali sedikit soda di karpet dan furniture berlapis kain dan biar semalaman. Kemudian, bersihkan bubuk baking soda di pagi hari dengan vacuum cleaner.

2. Lilin

Cara menghilangkan bau cat juga bisa mengganakan lilin. Namun, saat Moms menggunakan pastikan memilih lilin yang aman, sehingga tidak banyak racun yang dikeluarkan ke udara.

Moms bisa memilih lilin berbahan dasar kedelai atau alami lainnya sehingga aman untuk pernapasan. Selain itu, Moms harus berhati-hari dengan anak-anak dan hewan peliharaan saat lilin dinyalakan. Sehingga tidak terjadi kebakaran.

Baca juga: Biar Beruntung, Yuk Intip Panduan Warna Cat Dinding Berdasarkan Shio di Tahun Babi Tanah

3. Arang

bubuk arang dapat menghilangkan bau cat

Foto: Orami Photo Stock

Arang yang dinonaktifkan dipercaya sebagai penyerap bau yang sangat baik. Moms bisa meletakkan bahan ini di dalam ruangan yang sedang dicat.

Cara menghilangkan bau cat dengan arang juga terbilang cukup mudah. Moms hanya perlu menghaluskan arang dan tempatkan di dalam wadah. Karena formula arang yang dihancurkan dapat menyerap bau cat dengan efektif.

4. Cuka

Meletakan semangkuk kecil sari apel atau cuka putih juga bisa membantu menghilangkan bau cat di dalam ruangan. Moms hanya perlu meletakan bahan ini di beberapa sudut ruangan selama proses pengecatan.

Baca juga: Tidak Cuma Pink, 5 Warna Cat Dinding Ini Juga Cocok untuk Kamar Anak Perempuan

Cara Menghilangkan Bau Cat Menggunakan Bahan Alami

Bau cat juga bisa dihilangkan dengan bahan alami, seperti bawang, air perasan lemon dan lainnya. Penggunaannya juga cukup sederhana dan bisa Moms langsung coba lho. Yuk simak artikelnya berikut.

5. Ekstrak Vanila dan Peppermint

Ekstrak pepermin dan vanila bisa menghilangkan bau cat

Foto: Orami Photo Stock

Campuran ekstrak vanilla dan peppermint dapat dipercaya dapat menghilangkan bau cat, sekaligus membantu menyegarkan udara di dalam ruangan. Moms hanya perlu menetes sedikit ekstrak kedua bahan tersebut ke kapas kemudian letakan di dalam wadah.

Selain itu, Moms juga bisa menambahkan ekstrak dua bahan alami tersebut ke dalam cat yang akan digunakan. Beberapa ahli lukisan mengatakan, meneteskan langsung ekstrak vanilla dan peppermint sebelum dicat dapat mengurangi aromanya yang tidak sedap.

6. Ampas Kopi

Cara menghilangkan bau cat juga bisa memanfaatkan ampas dari kopi. Karena aroma kopi dapat membantu menyerap aroma tidak enak dari cat tersebut.

Moms hanya perlu meletakan ampas kopi yang akan digunakan ke dalam wadah. Kemudian letakan di sekeliling ruangan, sehingga bau cat akan hilang. Jangan lupa untuk membuangnya setelah digunakan ya Moms.

Baca juga: Agar Suasana Nyaman, Cari Tahu Warna Cat yang Pas untuk Setiap Ruangan di Rumah

7. Air Perasaan Lemon

Air perasan lemon

Foto: Orami Photo Stock

Air dipercaya dapat menyerap kandungan berbahayan di dalam cat. Namun, saat ditambahkan irisan lemon segar akan mengeluarkan aroma yang lebih menyegarkan dan bisa menghilangkan bau dari cat.

Cara menghilangkan bau cat dengan air perasan lemon mungkin akan memerlukan waktu yang lebih lama. Jadi, Moms harus meninggalkan air perasan lemon selama satu malam sehingga baunya benar-benar hilang ya.

8. Bawang Bombay

Moms mungkin masih mempertanyakan apakah aroma bawang Bombay lebih baik dari aroma cat? Jawabannya memang tidak ada. Namun satu hal yang pasti, aroma bawang tidak akan merusak paru-paru Moms. Sebaliknya, aroma bawang yang menyengat dapat membantu menghilangkan bau cat di dalam ruangan.

Cukup iris setidaknya dua bawang bombay ukuran sedang dan letakkan di piring di sekitar ruangan. Saat pekerjaan selesai, jangan gunakan ini untuk memasak karena sudah menyerap bahan berbahaya dari cat.

Baca juga: 5 Tanaman Indoor yang Tidak Gampang Mati, Cantik Untuk Pemanis Ruangan Rumah

Tips Mengecat Ruangan Agar Tidak Berbau

Tips menghilangkan bau cat sejak awal

Foto: Orami Photo Stock

Selain menggunakan bahan alami, Moms juga dapat melakukan beberapa tips berikut ini agar bau cat dapat berkurang di ruangan baru.

1. Pilih Cat dengan Bahan yang Aman

Walaupun ini terdengar tidak mungkin, tetapi pilih cat yang mengandung senyawa organik volatinya rendah atau nol.

Jika Moms ingin menggunakan cat berbahan minyak, pilih yang tidak terlalu berbau. Moms juga bisa memiliki cat yang berbahan alami dan ramah lingkungan.

2. Periksa Kelembapan Udara

Saat ingin mengecat, Moms perlu memeriksa kelembapan udara lewat ramalan cuaca ya. Karena udara yang lembap dapat memperlambat proses pengeringan dan cat akan mengeluarkan bau yang sangat kuat saat digunakan.

Selain itu, semakin lama proses pengeringan cat akan semakin besar kemungkinan bau akan menempel ke dalam furnitur.

Baca juga: Punya Ruangan yang Gelap? Pakai 6 Tips Ini Agar Membuatnya Tampak Terang

3. Pastikan Lapisan Cat Sudah Kering

Saat akan melakukan teknik pengecatan berlapis, pastikan setiap lapisan sudah benar-benar kering sebelum mewarnai kembali dinding.

Dinding yang lembap dapat menahan bai dan secara perlahan mengeluarkan gas beracun untuk waktu yang lebih lama.

4. Buka Pintu Saat Proses Pengecatan

Pastikan selama proses pengecatan, pintu dan jendela ruangan tetap terbuka sehingga aroma cat akan berkurang di ruangan tersebut. Namun, Moms harus menutup ruangan lain sehingga bau tidak berpindah ke tempat lain.

Baca juga: Perlukah Memakai Sunscreen dalam Ruangan?

Demikian penjelasan mengenai cara menghilangkan bau cat menggunakan bahan rumahan dan alami. Semoga bermanfaat ya.

  • https://www.thespruce.com/how-to-get-rid-of-paint-smell-4589269
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait