11 Agustus 2018

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak

Segera atasi rambut kutuan sebelum tambah parah

   

 

Masalah kutu rambut cukup sering ditemui pada anak-anak. Pasalnya, kutu rambut mudah sekali berpindah-pindah. Maka jika satu anak saja di sekolah kena kutu rambut, teman-teman sekelasnya mungkin akan tertular juga.

Jika tidak hati-hati, Moms dan keluarga juga bisa tertular kutu rambut dari si kecil. Lalu, apa yang harus dilakukan kalau rambut kutuan? Langsung simak cara menghilangkan kutu rambut berikut ini ya, Moms.

  

Pakai Obat Kutu Rambut

obat kutu
Foto: obat kutu

Sejauh ini, cara yang paling ampuh dan cepat untuk membasmi kutu yang bersarang di kulit kepala anak adalah dengan memakai obat kutu rambut.

Para dokter anak juga menyarankan orangtua untuk langsung pakai obat kutu rambut kalau rambut si kecil berkutu. Pasalnya, obat kutu rambut tak hanya mampu membunuh induknya, tapi juga telur-telur kutu sehingga tidak akan menetas dan berkembang biak di kulit kepala.

Obat kutu rambut ini tersedia di apotek dalam bentuk cairan. Cara menggunakannya cukup mudah. Moms perlu mengoleskan obat kutu ini ke seluruh helai rambut dan kulit kepala si kecil yang basah setelah keramas.

Setelah itu, remas-remas rambut dan pijat kulit kepala supaya obatnya merata dan kutu yang bersarang muncul ke permukaan. Kemudian, bungkus kepala anak dengan shower cap atau handuk.

Diamkan selama beberapa saat, tergantung pada produk yang Moms pilih. Beberapa obat hanya butuh waktu sekitar setengah jam, tapi ada juga yang harus didiamkan berjam-jam. Terakhir, bilas bersih rambut jika sudah didiamkan.

   

Sisir Dengan Serit

anak kutuan
Foto: anak kutuan

Metode membasmi kutu rambut dengan serit sudah dikenal sejak zaman dulu kala. Serit adalah sisir bergigi sangat rapat yang bisa membantu menangkap kutu yang bersarang di rambut.

Saking rapatnya, kutu akan ikut tercabut dari kepala dengan lebih mudah. Menggunakan tangan atau jari saja memang tidak mempan karena kutu ini begitu kecil, lincah, dan bisa menempel sedemikian rupa pada rambut.

Akan tetapi, menyisir rambut kutuan dengan serit tidak bisa mematikan telur-telur kutu yang sudah menempel di kulit kepala. Telur-telurnya akan tetap menetas dan bersarang. Untuk itu, jangan hanya mengandalkan serit saja. Untuk hasil terbaik, oleskan juga obat kutu rambut pada kepala si kecil.

   

Perawatan Dengan Bahan Alami

jeruk nipis
Foto: jeruk nipis (Orami Photo Stock)

Moms mungkin pernah dengar ada beberapa bahan alami yang bisa membantu menuntaskan masalah kutu rambut anak. Bahan-bahan tersebut bisa diracik sendiri di rumah dengan mudah.

Meskipun mudah, perlu diingat bahwa perawatan dengan bahan alami tidak seampuh dan secepat obat kutu pabrik yang dibeli di apotek. Selain itu, bahan-bahan alami tersebut juga belum melalui uji klinis dan standardisasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Namun, jika memang ingin mencoba, Moms bisa mencampurkan cuka dan perasan jeruk nipis. Oleskan pada rambut seperti menggunakan obat kutu rambut pabrik biasanya. Cara tradisional ini juga bisa dilakukan untuk mencegah tertular kutu rambut.

  

Itu dia cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut kutuan. Bagaimana dengan Moms sendiri? Cara apa yang biasanya Moms pakai kalau anak kena kutu rambut? Orami ingin dengar, dong!

 

(IA)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb