Home & Living

6 Agustus 2021

14 Cara Mengusir Cicak di Rumah yang Efektif untuk Moms Coba!

Ingin tahu cara mengusir cicak di rumah yang efektif dilakukan? Simak ulasan berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Widya Citra Andini

Apakah Moms masih bertanya-tanya tentang cara mengusir cicak di rumah? Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur hingga mengusir cicak dengan suara.

Nah, apakah Moms termasuk orang yang takut dengan cicak? Tenang, Moms tidak sendiri, karena banyak orang yang takut dengan cicak karena merasa geli.

Cicak yang sering ditemukan merayap di dinding biasanya datang karena ada serangga di rumah Moms.

Kebanyakan serangga yang dimangsa oleh cicak tersebut adalah nyamuk. Sebenarnya, cicak memiliki sensor terhadap panas tubuh, sehingga mereka akan menghindari manusia yang mendekatinya.

Namun, jika Moms sudah tidak tahan dengan kehadiran cicak di rumah, apalagi karena ia gemar meninggalkan kotoran sembarangan, berikut ini adalah cara mengusir cicak di rumah yang bisa Moms coba lakukan.

Baca Juga: 10 Arti Mimpi Melihat Ular Menurut Pakar, Apakah Tanda Bahaya?

Beragam Cara Mengusir Cicak di Rumah

Ada beragam cara mengusir cicak di rumah yang bisa Moms terapkan, di antaranya:

1. Gunakan Semprotan Anti Nyamuk

Gunakan Semprotan Anti Nyamuk

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengusir cicak di rumah yang pertama bisa dilakukan, yaitu menggunakan semprotkan anti nyamuk atau oleskan cairan anti nyamuk yang biasa Moms gunakan ke tempat yang sering dilewati.

Atau, jika Moms sudah tahu di mana mereka bersembunyi, semprotkan cairan di sana.

Cairan anti nyamuk memiliki fungsi utama mengusir nyamuk, jadi jika tak ada nyamuk di rumah, cicak pun tidak akan berani untuk muncul.

Sekilas mengenai cicak, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya hewan satu ini pemangsa beberapa serangga.

Selain nyamuk, cicak juga dapat memakan laba-laba hingga lalat buah. Maka dari itu, cicak senang berada di rumah.

Nah, apabila Moms merasa keberadaan cicak di rumah semakin banyak, bisa jadi hal ini karena terdapat banyak pula serangga di rumah.

Moms juga bisa memastikan untuk menjaga area rumah tetap bersih dan tidak ada sampah yang menumpuk untuk mencegah datangnya cicak, ya.

2. Bersihkan Lemari di Bawah Wastafel

Bersihkan Lemari di Bawah Wastafel

Foto: Orami Photo Stock

Sekali dalam seminggu, periksa lemari di bawah bak cuci secara teratur. Usahakan untuk menjaganya tetap kering, gunakan koran untuk melapisi alasnya, dan sering-seringlah menggantinya.

Perlu Moms pahami, tempat favorit cicak untuk diam dan bertelur, yaitu berada di bawah lemari bak cuci. Mereka suka karena lembap dan biasanya hangat.

Selain itu, jika di rumah ada pipa yang sedikit bocor, itu bisa memberi mereka sumber air yang menyebabkan suatu tempat menjadi terasa lembap.

Periksa juga lemari di bawah bak cuci secara teratur, dan usahakan untuk menjaganya tetap kering. Moms dapat menggunakan koran untuk melapisi alasnya, dan sering-seringlah menggantinya.

Sebaliknya, cara ini juga akan mencegah pembusukan kayu, dan membantu lemari untuk bertahan lebih lama.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengusir Nyamuk yang Ampuh!

3. Turunkan Suhu Ruangan

Turunkan Suhu Ruangan.jpg

Foto: gaijinpot.com

Cara yang bisa dilakukan untuk membuat cicak merasa tidak nyaman, yaitu menyalakan pendingin ruangan dan menjaga agar ruangan tetap dingin, setidaknya sekitar 22 derajat Celcius.

Apakah Moms masih ingat pelajaran biologi saat di sekolah menengah?

Cicak tidak seperti mamalia, mereka tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Meski cicak masih bertahan hidup di mana-mana di dunia (kecuali Antartika), jumlahnya lebih sedikit di iklim dingin.

Namun, Moms tak bisa jika hanya mengandalkan kipas angin atau membuka jendela rumah. Untuk membuat cicak tidak nyaman, Moms perlu menyalakan AC, dan menjaga agar ruangan selalu dingin.

Jika Moms khawatir akan tagihan listrik bulanan, mungkin Moms hanya perlu melakukannya saat malam hari saja.

4. Sebarkan Kulit Telur

Sebarkan Kulit Telur

Foto: healthline.com

Cicak tidak menyukai bau yang berasal dari telur dan akan menjauhi ruangan dengan aroma telur tersebut. J

ika Moms baru saja menggunakan telur di dapur, jangan membuang cangkangnya.

Sebagai gantinya, usap cangkang hingga kering dengan selembar tisu, lalu biarkan di dekat tempat seringnya cicak muncul.

Namun perlu dicatat, Moms perlu membuang cangkang telur pada hari berikutnya supaya rumah tetap bersih dan supaya tidak muncul bakteri yang jauh lebih berbahaya di rumah.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Bisa Membersihkan Udara di Dalam Rumah

5. Potong Bawang Putih

Potong Bawanf Putih

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengusir cicak di dapur bisa dilakukan selanjutnya yaitu dengan memotong bawang putih. Ini karena bawang putih akan mengeluarkan aroma yang tidak disukai cicak.

Jadi, Moms bisa memotong satu siung bawang putih dan biarkan di tempat cicak biasanya muncul.

Bau itu akan mengusir cicak seketika. Moms juga bisa meletakkannya di dekat kipas meja kecil, agar udaranya tersebar ke seberang ruangan.

Tak bisa hanya meletakkan satu siung bawang putih begitu saja. Moms harus memotongnya untuk benar-benar mendapatkan aroma bawang putih yang tidak disukai cicak.

6. Gunakan Bawang Bombay

Menggunakan Bawang Bombai.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selain menggunakan bawang putih, cara mengusir cicak berikutnya yang bisa dilakukan dengan bawang bombai. Bawang bombai mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai oleh cicak.

Caranya, Moms bisa menggantungkan beberapa potong bawang bombai di beberapa sudut rumah sehingga cicak kapok masuk ke dalam rumah.

Cara lainnya yang bisa dilakukan, yaitu membuat jus bawang bombai. Kemudian, Moms bisa menyemprotkannya ke setiap sudut rumah.

7. Buang Sisa Buah-buahan dan Pot Tanaman

Buang Sisa Buah dan Tanaman Hias

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms meninggalkan mangkuk buah di atas meja, Moms pasti mendengar suara cicak pada malam hari.

Jadi tidak hanya memakan nyamuk, cicak juga memakan buah-buahan yang tidak Moms simpan dengan benar, dan bahkan tanaman di pot dalam rumah.

Jadi, jangan meninggalkan mangkuk buah di atas meja. Jika bisa, jangan taruh tanaman hias di dalam rumah. Dengan begini, cicak tak akan muncul di dalam ruangan.

8. Gunakan Kapur Barus

Gunakan Kapur Barus

Foto: dekoruma.com

Kapur barus adalah pencegah kadal yang hebat. Bahan ini menjadi salah satu cara mengusir cicak di rumah, serta banyak jenis serangga lainnya.

Namun, berhati-hatilah menggunakannya jika Moms memiliki anak kecil atau hewan peliharaan. Jangan sampai anak atau hewan peliharaan memakannya.

9. Semprotan Lada Hitam

Lada hitam mengandung antioksidan

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengusir cicak di dapur selanjutnya dengan membuat spray dengan lada hitam. Buat bubuk yang hancur dan tambahkan air ke dalamnya.

Semprotan merica menimbulkan sensasi terbakar pada tubuh cicak dan akan membuat mereka pergi.

Lada hitam yang beraroma pedas tidak disukai oleh cicak. Oleh karenanya, Moms juga bisa menggunakan bubuk cabai sebagai pilihan alternatif lainnya.

Cukup dengan meletakkan bubuk cabai pada area yang sering dilewati oleh cicak. Namun, tetap berhati-hati ya, Moms, karena bumbu ini akan terasa pedas bila mengenai mata.

Baca Juga: Tips Menanam dan Merawat Tanaman Buah di Dalam Pot (Tabulampot)

10. Buang Makanan Terbuka atau Makanan Sisa

Buang Makanan Terbuka atau Makanan Sisa

Foto: dream.co.id

Cara mengusir cicak berikutnya, yaitu membuang makanan terbuka atau makanan sisa. Semuanya bertujuan untuk menjaga kebersihan rumah dengan baik dan menghindari cicak masuk ke rumah.

Tidak hanya buah-buahan, makanan lain yang terpapar di ruangan adalah favorit cicak dan ini akan membantunya berkembang biak di rumah.

Jangan pernah meninggalkan sisa makanan tergeletak di sekitar. Makanan sisa ini dapat menarik lalat dan semut, yang secara tidak langsung menarik cicak yang gemar memakan serangga.

11. Menaburkan Bubuk Kopi

Bubuk Kopi

Foto: merdeka.com

Pernakah Moms merasa terganggu dengan keberadaan cicak di dapur dan ruang makan? Nah, Moms bisa menggunakan bubuk kopi hitam untuk mengusirnya. Bagaimana cara melakukannya?

Perlu dipahami, kopi hitam bubuk juga bisa menjadi cara mengusir cicak. Aroma kopi akan meninggalkan bau yang tidak enak di hidung mereka sehingga ia tak akan mau datang.

Cara penggunaannya, taburkan bubuk kopi di setiap sudut rumah, terutama bagian-bagian yang sering didatangi cicak. Lakukan secara berkala agar cicak enggan untuk mendatangi rumah.

12. Taruh Hiasan Bulu Merak Imitasi

Taruh Hiasan Bulu Merak Imitasi

Foto: idntimes.com

Tenang, Moms tak perlu mencari bulu merak asli karena hanya perlu menggunakan bulu merak imitasi. Dengan bulu merak imitasi yang ada di dalam rumah, cicak akan takut untuk menghampiri rumah karena ia akan mengiranya itu burung asli.

Alhasil, mereka akan ketakutan dan trauma untuk kembali ke rumah. Gantungkan bulu merak imitasi di dinding yang biasa didatangi cicak.

13. Cara Mengusir Cicak dengan Suara

Cara Mengusir Cicak dengan Suara

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms bahwa kita dapat mengusir cicak dengan suara? Jika Moms bertanya-tanya cicak takut dengan suara apa, jawabannya adalah suara ultrasonik.

Tidak hanya dengan bau-bauan atau benda yang dapat dilihatnya, cicak juga takut dengan beberapa jenis suara yang didengarnya, terutama suara ultrasonik.

Cara mengusir cicak dengan suara ultrasonik ini bisa menjadi langkah efektif yang bisa Moms lakukan.

Suara ultrasonik adalah suara frekuensi tinggi terus-menerus yang tidak dapat didengar oleh telinga manusia, tapi hanya bisa didengar oleh hama. Bahkan suara ini akan ditakuti tikus, kecoa, dan juga cicak.

Suara tersebut terdengar seperti suara alarm di telinga mereka dan kemudian membuat mereka merasa terganggu dan tidak nyaman, lalu menjauh dari sumber suara.

Moms bisa menggunakan smartphone untuk mengunduh aplikasi yang bisa memunculkan suara ultrasonik di rumah.

Baca Juga: 4 Cara Alami Membasmi Serangga di Rumah

14. Menggunakan Pelapis Dinding Khusus atau Memasang Keramik

Menggunakan Pelapis Dinding Khusus atau Memasang Keramik

Foto: Orami Photo Stock

Apakah Moms tahu bahwa cicak sangat bergantung pada kemampuan mereka merayap di dinding dan langit-langit rumah?

Ternyata ini adalah kemampuan penting yang memungkinkan mereka untuk bertahan hidup. Namun, cicak hanya bisa menempel di permukaan dinding yang kasar dan bertekstur Moms.

Moms bisa memanfaatkan kelemahan ini sebagai cara mengusir cicak dari rumah agar mereka tidak lagi bisa mendekati makanan di rumah.

Cara yang bisa dilakukan, yaitu cobalah untuk melapisi dinding dengan cat yang menimbulkan efek licin atau Moms bisa memasang keramik.

Menurut pengamatan, keberadaan cicak ternyata lebih sedikit di rumah yang dindingnya dipasang keramik daripada yang hanya dilapisi cat pelicin.

Itulah beragam cara mengusir cicak di rumah yang bisa Moms coba. Jadi, tidak perlu khawatir lagi dengan keberadaan cicak di rumah. Selamat mencoba, ya!

  • https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/04/224300465/7-cara-alami-mengusir-cecak-dari-dalam-rumah?page=all
  • https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-house-flies
  • https://parenting.firstcry.com/articles/how-to-get-rid-of-lizards-from-home-with-simple-and-effective-ways/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait