Home & Living

3 Juni 2021

Rahasia Dapur, Ini 5 Cara Menyimpan Cabai Agar Awet!

Kini cabai yang Moms beli bisa lebih awet
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Adeline Wahyu

Cara menyimpan cabai agar awet adalah hal yang penting untuk Moms ketahui. Apalagi untuk Moms dengan anggota keluarga yang tak begitu menyukai makanan pedas.

Jika Moms memiliki keluarga yang tak begitu bisa menyukai makanan pedas, cabai yang dibeli pasti akan bertahan lebih lama di kulkas. Nah, Moms perlu tahu cara menyimpan cabai agar awet dan tidak mudah busuk.

Saat memiliki bahan makanan Moms tentunya ingin meyimpannya dalam waktu yang cukup lama bukan? Salah satu bahan makanan yang paling cepat busuk atau rusak adalah cabai, padahal cabai adalah bahan pokok yang sering kita gunakan untuk memasak.

Namun sebenarnya dengan cara yang tepat cabai ternyata dapat bertahan hingga 2-3 bulan lho. Bagaimana ya caranya?

Baca Juga: Yuk Berkebun! Begini Cara Menanam Cabai Sendiri di Rumah

Cara Menyimpan Cabai Agar Awet

Jangan sampai nggak tahu cara menyimpan cabai agar awet dan mudah busuk. Yuk ketahui langkahnya di sini!

1. Lepas Tangkai Cabai

redhotchilipeppersforlife

Foto: Orami Photo Stock

Cara menyimpan cabai agar awet yang pertama adalah dengan melepas tangkai cabai. Saat pertama kali membeli cabai, pastikan terlebih dahulu bahwa cabai yang dibeli memang masih segar dan belum kering. Kesegaran cabai tentu akan terjaga lebih lama bila dari awal tidak ada cacat atau bonyok.

Cara menentukan sebuah cabai apakah masih dalam keadaan baik atau tidak, yaitu Moms bisa memencet bagian tengah cabai tersebut, dan pastikan memang masih keras, tidak lembek.

Setelah memastikan cabai yang akan Moms simpan dalam keadaan baik, selanjutnya lepaskan tangkai yang ada pada cabai.

Baca juga: 10 Jenis Sambal Khas Indonesia

2. Jangan Dicuci

chili peppers 0

Foto: Orami Photo Stock

Cara menyimpan cabai agar awet yang kedua adalah dengan tidak mencuci cabai. Nah untuk yang satu ini seringkali diabaikan, Moms. Tak sedikit Moms yang langsung mencuci cabai setelah membelinya di supermarket atau tukang sayur. Terlebih di masa pandemi seperti ini.

Moms mungkin merasa cabai tersebut kotor, namun sebaiknya tidak mencucinya. Cabai hanya dicuci ketika benar-benar akan dipakai, bila Moms ingin membersihkannya cukup menggunakan lap saja. Cabai yang lembap akan mudah sekali busuk, untuk itu pastikan menyimpan cabai dalam keadaan kering.

Baca Juga: Masak Setengah Jam dengan Resep Daging Sapi Cabai Hijau yang Lezat

3. Siapkan Wadah Tertutup

chili pepper ice cream ft blog0118

Foto: Orami Photo Stock

Cara menyimpan cabai agar awet selanjutnya adalah dengan menyiapkan wadah tertutup. Jadi, selanjutnya adalah menyiapkan wadah penyimpanan, pastikan wadah tersebut memiliki tutup. Namun sebelum memasukkan cabai ke dalamnya, letakkan beberapa lembar tisu di bagian bawah sebagai alas.

Saat memasukkan cabai pula pastikan tidak terlalu penuh, agar masih ada ruang untuk cabai tersebut ‘bernapas’.

Sebelum menutup wadah, jangan lupa untuk menyiapkan sesiung bawang putih yang telah dikupas lalu letakkan saja diatas cabai-cabai tersebut.

Baca juga: Buat yang Suka Pedas, Berani Coba 5 Kuliner Pedas Ini?

4. Simpan dalam Kulkas

0 cabe (4)

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu trik lain dalam cara menyimpan cabai agar awet adalah dengan menutupnya dalan wadah dan memasukannya ke dalam kulkas. Setelah meletakkan bawang putih tadi, tutuplah wadah tadi dan pastikan benar-benar rapat lalu masukkan wadah tersebut ke dalam kulkas. Tak perlu disimpan di dalam freezer, cukup di tempat Moms biasa menyimpan buah dan sayur.

Setiap beberapa hari, gantilah tisu yang melapisi wadah cabai. Lalu, jagalah cabai yang disimpan ini agar tidak basah atau lembap untuk menghambat proses pembusukan cabai.

Apabila Moms tidak memiliki kulkas atau lemari pendingin lainnya, maka sebaiknya simpan cabai tersebut pada wadah yang memiliki lubang sehingga tidak akan lembap. Kemudian, simpan pada tempat yang terkena angin serta tidak lembap.

Baca juga: 4 Bumbu Pedas yang Baik bagi Kesehatan

5. Mengeringkan Cabai

Cara Menyimpan Cabai Agar Awet

Foto: Freepik.com

Cara menyimpan cabai agar awet juga bisa dengan cara dikeringkan, Moms. Metode mengeringkan cara yang lebih awet jika dibandingkan disimpan di freezer atau suhu ruangan biasa.

Walau cita rasa cabai kering dan segar berbeda, namun tak mengurangi rasa pedas dari cabai itu sendiri. Jadi, tak perlu khawatir mengenai tingkat pedasnya ya, Moms!

Nah, kalau Moms ingin mengetahui cara menyimpan cabai agar awet dengan cara dikeringkan, berikut langkah di bawah ini ya, Moms!

  1. Cucilah cabai hingga bersih untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada cabai. Ketika mencuci cabai, jangan lupa menggunakan sarung tangan saat mencuci cabai ya, Moms. Hal tersebut dikarenakan cabai mengancung zat kapsaisin yang bisa membuat tangan Moms terasa terbakar jika bersentuhan dengan kulit.
  2. Jemurlah cabai hingga kulit cabai mengering. Berbeda dengan menjemur yang lain, tempat yang paling cocok untuk menjemur cabai adalah di ruangan namu tetap terkena paparan sinar matahari.
  3. Gantunglah cabai di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Halaman belakang atau teras rumah bisa menjadi tempat yang baik, Moms. Gantunglah cabai dalam waktu 3 hingga 7 hari sebelum cabai kering siap untuk digunakan.

Cabai yang dikeringkan bisa bertahan hingga 1 bulan. Usai Anda berhasil mengeringkan cabai, Moms bisa menyimpan cabai tersebut di tempat yang kering dan juga sejuk.

Moms juga perlu menjauhkan cabai dari tempat lembap untuk mencegah pembusukan, ya!

Nah, itulah tadi langkah sederhana yang dapat Moms lakukan untuk membuat cabai-cabai yang Moms miliki dapat bertahan lama dan tak mudah busuk. Mudah bukan? Selamat mencoba ya, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait