Scroll untuk melanjutkan membaca

FASHION & BEAUTY
16 Februari 2022

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tangan Agar Tidak Terlalu Kering Saat Pandemi Covid-19

Tidak hanya pakai pelembap, simak di sini bagaimana merawat kulit tangan agar tidak kering saat pandemi
Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tangan Agar Tidak Terlalu Kering Saat Pandemi Covid-19

Mencuci tangan menjadi salah satu cara pencegahan penularan virus corona. Namun, Moms perlu tahu juga, bagaimana cara menjaga kesehatan kulit, terutama bagian tangan agar tidak kering karena terlalu sering dicuci.

Sudah banyak para ahli yang menganjurkan untuk cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir selama 20 detik, atau dengan menggunakan hand sanitizer bila tidak ada akses menggunakan air dan sabun.

Lalu, apa saja faktor yang dapat memicu terjadinya gangguan kulit dan bagaimana cara menjaga kesehatan kulit karena intensitas cuci tangan yang sering? Baca lebih lanjut untuk mengetahui jawabannya.

Baca Juga: 3 Tips Mencegah Tangan Kering karena Banyak Mencuci Tangan

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tangan

cara menjaga kesehatan kulit tangan

Foto: cara menjaga kesehatan kulit tangan

Foto: Orami Photo Stock

Untuk menghindari masalah kulit di bagian tangan, berikut beberapa cara menjaga kesehatan kulit yang bisa dilakukan.

1. Gunakan Sabun dengan Kandungan Pelembap

Cuci tangan bermanfaat untuk menghilangkan kotoran, minyak, serta zat-zat lainya. Namun, tetap perhatikan kelembapan tangan Moms saat sedang cuci tangan.

Karena itu, pilihlah sabun cuci tangan yang mengandung zat penghidrasi seperti gliserin, humektan, yang dapat mempertahankan kelembapan dengan menarik air ke dalam kulit.

Selain bahan-bahan tersebut, Moms juga dapat mencoba produk sabun cuci tangan yang mengandung minyak zaitun, lidah buaya, dan vitamin E, yang dapat mencegah hilangnya kelembapan kulit, sekaligus menenangkan kulit.

2. Keringkan Tangan Setelah Mencuci Tangan

Pastikan untuk mengeringkan tangan setelah mencuci tangan dengan menepuk-nepuk lembut. Hindari menggosoknya dengan keras.

Hal tersebut penting untuk dilakukan, sebab kuman dapat lebih mudah berpindah pada tangan yang basah.

Air yang dibiarkan masih menempel pada tangan juga memiliki efek yang dapat membuat kulit menjadi kering. Selain itu juga dapat mengurangi minyak alami kulit ketika air menguap. Ini yang dapat merusak lapisan pelindung kulit, atau skin barrier.

Baca Juga: Cuci Tangan dengan Hand Sanitizer atau Air dan Sabun? Ini Plus Minusnya!

3. Pilih Hand Sanitizer dengan Kandungan yang Baik

Selain menggunakan sabun, kita juga terbiasa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan di saat tidak ada tempat cuci tangan.

Namun, penggunaan hand sanitizer juga dapat menyebabkan kulit menjadi sangat kering.

Dalam memilih hand sanitizer, penting bahwa produk tersebut harus memiliki persentase alkohol atau etanol di kisaran 60 hingga 85 persen.

Etanol lebih efektif dibandingkan dengan isopropil alkohol dalam melawan virus, sebab tidak terlalu beracun, dan memiliki aroma yang tidak terlalu tajam

Sebagai tambahan, saat ini juga sudah tersedia sejumlah produk hand sanitizer yang mengandung bahan yang dapat melembapkan, seperti vitamin E dan gliserin.

4. Menggunakan Pelembap Sehabis Mencuci Tangan

Kondisi kulit yang kering dan pecah-pecah, dapat memudahkan bakteri dan kuman lainnya untuk masuk ke dalam tubuh.

Melansir dari American Academy of Dermatology, kulit kering dan pecah-pecah membuat bakteri dan kuman lebih mudah masuk ke tubuh. Menggunakan pelembap setelah mencuci tangan bisa membantu melembapkan kulit kering.

Untuk itu, jangan lupa mengaplikasikan krim khusus tangan sesegera mungkin setelah mencuci tangan dengan sabun.

Begitu juga setelah menggunakan hand sanitizer ya, Moms! Penggunaan pelembap merupakan cara menjaga kesehatan kulit tangan yang paling mudah untuk dilakukan.

5. Perawatan Khusus Bagi Penderita Dermatitis

Jika Moms mengalami kondisi dermatitis pada kulit, maka dapat menggunakan salep steroid. Dengan catatan harus berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Selain itu, perlu juga memperhatikan penggunaan produk sabun pencuci tangan, serta hand sanitizer yang tepat sesuai dengan kondisi kulit yang dialami.

Sebagai tambahan, saat mencuci tangan juga penting agar menggunakan air yang hangat. Keringkan dengan perlahan untuk menghindari kondisi yang lebih buruk dapat terjadi.

Masalah dan Gangguan Kesehatan Kulit Saat Pandemi COVID-19

menjaga kesehatan kulit saat COVID-19

Foto: menjaga kesehatan kulit saat COVID-19 (shutterstock.com)

Foto: Orami Photo Stock

Berada di rumah dalam waktu lama, dan intensitas mencuci tangan yang sering dilakukan, merupakan faktor yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan kulit.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Kulit - Dermatologi Kosmetik, dr. Lilik Norawati, Sp.KK, FINSDV, FAADV, dalam Diskusi Online NOROID "Menjaga Kulit Sehat dan Lembap Selama Pandemi Covid-19" pada Selasa (12/5/2020).

"Saat working from home atau di rumah, kulit jadi lebih sering terpapar AC, yang dapat menyebabkan kulit kering. Selain itu, faktor lain seperti stres, bisa memicu jerawat dan dermatitis atau eksim," jelas dr. Lilik.

Mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer secara berlebihan, dapat menyebabkan munculnya eksim pada kulit.

Karena itu, usai mencuci tangan Moms juga perlu melakukan perawatan pada kulit tangan.

Baca Juga: 4 Cara Baik Kembalikan Kelembapan Kulit Si Kecil Akibat Terlalu Banyak Cuci Tangan

Tips Memilih Pelembap untuk Menjaga Kesehatan Kulit

menjaga kesehatan kulit saat COVID-19

Foto: menjaga kesehatan kulit saat COVID-19

Foto: Orami Photo Stock

Dalam jurnal BMC Dermatology, penggunaan krim tangan atau pelembap segera setelah setiap mencuci tangan dapat mengurangi kekeringan dan kekasaran pada kulit.

Ada banyak jenis pelembap yang dijual di pasaran. Perhatikan kandungan yang terdapat pada produknya. Pastikan kandungannya dapat membantu menjaga kesehatan kulit saat COVID-19 agar lebih optimal.

Berikut ini beberapa tips dari dr. Lilik tentang cara memilih pelembap yang disarankan.

1. Pilih Pelembap dengan Kandungan Ceramide

Dalam memilih pelembap, usahakan sesuaikan dengan kondisi kulit. "Pelembap dengan kandungan ceramide atau pseudo-ceramide, mampu memperbaiki kulit atau dapat menggantikan lipid permukaan kulit," terang dr. Lilik.

Pseudo-ceramide secara klinis efektif dalam memperbaiki dan menccegah kulit kering, dengan cara meningkatkan hidrasi atau kelembapan kulit. Kandungan ini juga dapat memperbaiki fungsi barrier atau penghalang kulit yang rusak.

Pilih pelembap dengan kandungan di atas sebagai tips dalam menjaga kesehatan kulit kala pandemi COVID-19.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Dokter Kulit Jogja yang Bisa Moms Kunjungi untuk Perawatan Kecantikan

2. Jumlah dan Intensitas Mengoleskan Pelembap

Moms tak perlu mengoleskan pelembap secara berlebihan. Cukup oleskan sebanyak 1 gram, atau setara dengan 2 ruas jari, dalam sekali pengolesan untuk seluruh permukaan kulit kedua tangan.

"Frekuensi penggunaan pelembap bisa disesuaikan kebutuhan. Jangan lupa mengoleskan di bagian sela-sela jari juga," kata dr. Lilik.

Penggunaan dengan jumlah yang pas dan frekuensi mengoleskan pelembap dapat membantu menjaga kesehatan kulit di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi.

3. Hindari Pelembap dengan Kandungan Tambahan

Mengutip Harvard Health, pilih pelembap dengan bahan-bahan bermanfaat seperti petrolatum, minyak mineral, ceramide, dan gliserin. Hindari pelembap dengan kandungan pewangi dan bahan artifisial lain.

Untuk kulit yang sangat kering, disarankan menghindari penggunaan losion dalam botol pompa, karena pelembap pada kemasan ini biasanya lebih tipis dan punya kandungan air lebih banyak.

Baca Juga: Dari Persatuan Dokter Emergensi Indonesia, Ini Panduan Mencuci Tangan untuk Hindari Virus COVID-19

Itu dia Moms, beberapa cara menjaga kesehatan kulit bagian tangan saat COVID-19 dan bagaimana tips memilih pelembap yang tepat. Teruslah menjaga kesehatan kulit tangan agar tidak kering dan timbul masalah yang mengganggu.

  • https://www.allure.com/gallery/best-hand-soap
  • https://www.today.com/shop/moisturizing-hand-sanitizers-t190920
  • https://www.eczema.org.au/hand-washing-and-hand-dermatitis/
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/coronavirus-handwashing