15 Juli 2024

4 Manfaat Air Mani untuk Wajah, Benarkah Cegah Penuaan?

Air mani bermanfaat bagi kulit wajah? Mitos atau fakta, ya?

Pernah dengar manfaat air mani untuk wajah, Moms? Banyak orang yang percaya bahwa air mani baik untuk kesehatan kulit.

Perlu Moms ketahui, air mani yang mengandung sperma dari penis laki-laki ternyata benar-benar berkhasiat membantu memperbaiki masalah kesehatan kulit, lho.

Meskipun sperma dalam air mani sering kali dihubungkan dengan aktivitas seksual, sebenarnya ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sperma.

Baca Juga: 12+ Cara Mengentalkan Sperma, Bisa Bikin Subur Lho!

Perbedaan Air Mani dengan Sperma

Ilustrasi Air Mani
Foto: Ilustrasi Air Mani (Unsplash.com/Deon Black)

Sebelum membahas lebih lanjut terkait manfaat air mani untuk wajah, Moms perlu memahami perbedaan antara air mani dengan sperma.

Hal ini karena masih banyak orang yang menyebut air mani dan sperma itu sama. Padahal, keduanya cukup berbeda. Berikut perbedaannya.

1. Air Mani

Air mani adalah cairan yang berisi sel sperma bersama dengan cairan plasma lainnya. Warnanya putih, kuning atau agak keabu-abuan dan konsistensinya kental.

Air mani ini bertanggung jawab untuk transmisi sel sperma ke dalam organ reproduksi wanita sehingga terjadilah pembuahan.

Air mani ini keluar bersamaan dengan ejakulasi pria. Setelah beberapa waktu ejakulasi, air mani berubah menjadi bahan seperti jeli. Air mani terdiri dari:

  • Sel sperma
  • Fruktosa
  • Prostaglandin
  • Asam amino
  • Enzim
  • Flavin
  • Asam Sitrat
  • Protein
  • Fosforikolin
  • Vitamin C
  • Seng
  • Asam fosfatase
  • Antigen spesifik prostat
  • Asam salisital
  • Lendir

Baca Juga: 7+ Manfaat Air Mani, Bukan Hanya untuk Tujuan Reproduksi lho Moms!

2. Sperma

Sementara sperma adalah bagian dari air mani yang tidak terlihat dengan mata telanjang, sehingga perlu bantuan mikroskop jika ingin melihat.

Sperma hidup dan makan dari air mani. Biasanya, sperma akan ditransfer ke sistem reproduksi wanita selama hubungan seksual dan proses ini disebut sebagai pembuahan.

Selama proses pembuahan, inti sperma menyatu dengan inti sel telur untuk membentuk embrio. Hingga pada akhirnya, embrio ini tumbuh menjadi bayi.

Kandungan yang Terdapat dalam Air Mani

Ilustrasi Air Mani Pria
Foto: Ilustrasi Air Mani Pria (Pexels.com/Dainis Graveris)

Air mani memang mengandung nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kulit.

Namun, hanya ada sedikit bukti ilmiah yang mendukung gagasan penggunaan atau konsumsi air mani secara topikal dapat meningkatkan kesehatan kulit seseorang.

Lalu, apakah ada nutrisi dalam sperma yang bermanfaat bagi kulit?

Tinjauan lama dalam Journal of Andrology yang mengeksplorasi sifat-sifat air mani mencantumkan beberapa (tetapi tidak semua) nutrisi yang ditemukan dalam air mani berikut ini:

1. Protein

Kolagen merupakan salah satu jenis protein dalam air mani yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Sebuah studi dalam Nutrients menyoroti bahwa suplemen kolagen mungkin dapat meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit, dan membuatnya lebih lembut.

Namun, air mani hanya mengandung sejumlah kecil nutrisi ini sehingga klaim kegunaannya pada kulit masih perlu penelitian lanjutan.

2. Seng

Sebuah studi dalam US National Library of Medicine tahun 2014 meninjau manfaat seng untuk kulit mencatat bahwa ia memiliki sifat antioksidan.

Untuk itu, mungkin saja dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

Meski seng terdapat dalam air mani, tetapi bukti ilmiah yang menyatakan bahwa air mani bermanfaat untuk kulit wajah belum bisa benar-benar dibuktikan.

Baca Juga: 7 Fakta di Balik Manfaat Menelan Sperma, Mitos atau Fakta?

3. Magnesium

Penelitian lebih lama yang dipublikasikan dalam laman PubMed menunjukkan bahwa mandi dalam larutan garam laut yang kaya magnesium bisa mengurangi peradangan kulit.

Walaupun air mani mengandung sejumlah magnesium, tetapi air mani tidak memiliki efek menguntungkan ketika dioleskan ke kulit.

4. Urea

Urea adalah produk limbah dari pemecahan asam amino yang ditemukan dalam protein.

Sebuah tinjauan dalam Journal of Topical Urea in Skincare: A review menyoroti produk yang mengandung urea dosis rendah dapat membantu melembapkan kulit.

Namun lagi-lagi, air mani tidak mengandung urea yang cukup signifikan sehingga tidak mungkin memiliki efek apa pun ketika digunakan pada kulit.

Baca Juga: Mengenal Air Mani Wanita, Cairan Ejakulasi Wanita saat Berhubungan Seksual

Ada banyak hal yang dapat dilakukan pria untuk menghasilkan sperma yang lebih banyak, seperti:

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.