Fashion & Beauty

18 Juni 2021

Manfaat Air Mani untuk Wajah, Bisa Atasi Jerawat

Air mani bermanfaat bagi kulit wajah? Mitos atau fakta ya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Pernah dengar manfaat air mani untuk wajah, Moms? Banyak orang yang percaya bahwa air mani baik untuk kesehatan kulit.

Perlu Moms ketahui, air mani yang mengandung sperma dari penis laki-laki ternyata benar-benar berkhasiat untuk membantu memperbaiki masalah kesehatan kulit, lho.

Meskipun sperma dalam air mani seringkali dihubungkan dengan aktivitas seksual, sebenarnya ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sperma.

Baca Juga: Dads, Ketahui Ciri-ciri Sperma yang Baik dan Sehat

Perbedaan Air Mani dengan Sperma

perbedaan air mani dengan sperma

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum membahas lebih lanjut terkait manfaat air mani untuk wajah, Moms perlu memahami perbedaan antara air mani dengan sperma. Hal ini karena masih banyak orang yang menyebut air mani dan sperma itu sama. Padahal, tidak demikian.

  • Air Mani

Air mani adalah cairan yang berisi sel sperma bersama dengan cairan plasma lainnya. Warnanya putih, kuning atau agak keabu-abuan dan konsistensinya kental. Air mani ini bertanggung jawab untuk transmisi sel sperma ke dalam organ reproduksi wanita sehingga terjadilah pembuahan.

Air mani ini keluar bersamaan dengan ejakulasi pria. Setelah beberapa waktu ejakulasi, air mani berubah menjadi bahan seperti jeli atau lengket.

Air mani terdiri dari sel sperma, fruktosa, prostaglandin, asam amino, enzim, flavin, asam sitrat, protein, fosforilkolin, vitamin C, seng, asam fosfatase, antigen spesifik prostat, asam sialat, dan lendir.

Baca Juga: 7+ Manfaat Air Mani, Bukan Hanya untuk Tujuan Reproduksi lho Moms!

  • Sperma

Sementara sperma adalah bagian dari air mani yang tidak terlihat dengan mata telanjang sehingga perlu bantuan mikroskop jika ingin melihat apakah ada sperma di dalam air mani.

Sperma hidup dan makan dari air mani.

Biasanya, sperma akan ditransfer ke sistem reproduksi wanita selama hubungan seksual dan proses ini disebut sebagai pembuahan. Selama proses pembuahan, inti sperma menyatu dengan inti sel telur untuk membentuk embrio. Hingga pada akhirnya, embrio ini tumbuh menjadi bayi.

Baca Juga: 5 Tanda Wanita Alergi Air Mani Setelah Hubungan Seks

Kandungan yang Terdapat dalam Air Mani

kandungan air mani yang bermanfaat untuk kulit

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun air mani memang mengandung nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kulit, hanya ada sedikit bukti ilmiah yang mendukung gagasan bahwa penggunaan atau konsumsi air mani secara topikal dapat meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit seseorang.

Lalu, apakah ada nutrisi dalam sperma yang bermanfaat bagi kulit? Tinjauan lama dalam Journal of Andrology yang mengeksplorasi sifat-sifat air mani mencantumkan beberapa (tetapi tidak semua) nutrisi yang ditemukan dalam air mani berikut ini:

  • Protein

Kolagen merupakan salah satu jenis protein dalam air mani yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Sebuah studi dalam Nutrients pada tahun 2019 menyoroti bahwa suplemen kolagen mungkin dapat meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit, dan membuatnya lebih lembut.

Namun, air mani hanya mengandung sejumlah kecil nutrisi ini sehingga klaim kegunaannya pada kulit masih perlu penelitian lanjutan.

  • Seng

Sebuah studi dalam US National Library of Medicine tahun 2014 meninjau manfaat seng untuk kulit mencatat bahwa ia memiliki sifat antioksidan dan mungkin dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

Meski seng terdapat dalam air mani, tetapi bukti ilmiah yang menyatakan bahwa air mani bermanfaat untuk kulit wajah belum bisa benar-benar dibuktikan.

Baca Juga: 7 Fakta di Balik Manfaat Menelan Sperma, Mitos atau Fakta?

  • Magnesium

Penelitian lebih lama yang dipublikasikan dalam laman PubMed menunjukkan bahwa mandi dalam larutan garam laut yang kaya magnesium mungkin memiliki manfaat untuk kulit kering dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan hidrasi.

Walaupun air mani mengandung sejumlah magnesium, tetapi air mani tidak memiliki efek menguntungkan ketika dioleskan ke kulit.

  • Urea

Urea adalah produk limbah dari pemecahan asam amino yang ditemukan dalam protein.

Sebuah tinjauan dalam Journal of Topical Urea in Skincare: A review pada tahun 2018 menyoroti bahwa produk yang mengandung urea dosis rendah dapat membantu melembabkan kulit.

Namun lagi-lagi, air mani tidak mengandung urea yang cukup signifikan sehingga tidak mungkin memiliki efek apa pun ketika digunakan pada kulit.

Baca Juga: Mengenal Air Mani Wanita, Cairan Ejakulasi Wanita saat Berhubungan Seksual

Manfaat Air Mani untuk Wajah

Ada banyak hal yang dapat dilakukan pria untuk menghasilkan sperma yang lebih banyak, mulai dari berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, istirahat teratur, dan menjaga tingkat stres.

International Journal of Food Properties menyebutkan kandungan dalam sperma pada air mani sama atau bahkan lebih baik dari olive oil dalam memperbaiki tekstur kulit.

Nah, untuk lebih jelasnya simak penjelasan mengenai khasiat sperma untuk kulit berikut ini.

1. Mengobati Jerawat

Khasiat Sperma untuk Kulit 1.jpg

Foto: freepik.com

Meski belum ada bukti kalau sperma pada air mani bisa mengobati jerawat, namun kepercayaan tentang hal ini sudah lama terdengar.

Beberapa forum kulit dan blog kecantikan internasional pun menyebutkan kalau sperma memang benar dapat membantu mereka yang mengalami masalah kulit seperti jerawat.

Hal ini dikarenakan sperma mengandung zat antioksidan dan agent antiinflamasi yang dapat mengurai rona kemerahan pada kulit. Namun, sekali lagi tidak ada uji klinis yang bisa membuktikan hal ini.

Meski begitu, seorang ahli kecantikan bernama Chelsee Lewis dikutip dari News Hub menyebutkan sperma dapat memproduksi kolagen sehingga dapat menurunkan risiko timbulnya jerawat hingga bahkan mengobatinya.

Baca Juga: 7 Makanan yang Mengandung Kolagen, Baik untuk Kulit!

2. Anti-Aging

Khasiat Sperma untuk Kulit 2.jpg

Foto: freepik.com

Selain mengobati jerawat, manfaat air mani untuk wajah juga diyakini dapat memperhalus garis-garis kerutan.

Hal ini dikarenakan sperma memiliki zat antioksidan di dalamnya.

Studi yang diterbitkan Nature Cell Biology menemukan bahwa menyuntikkan sel sperma langsung ke dalam sel darah dapat memperlambat proses penuaan.

Tetapi, memang sedikit efek penerapan yang disajikan secara praktikal untuk studi ini.

Baca Juga: 9 Penyebab Sperma Encer, Bisa Karena Pola Hidup Tidak Sehat!

3. Membuat Kulit Mengilap

Khasiat Sperma untuk Kulit 4.jpg

Foto: freepik.com

Beberapa facial sperma yang ditawarkan di luar negeri mendeklarasikan bahwa dengan menggunakan menggunakan sperma, kulit bisa tampak mengilap sehingga wajah jadi terlihat lebih muda.

Meski belum ada penelitian mengenai manfaat air mani untuk wajah ini, tapi banyak orang yang mengasosiasikan tingginya kandungan protein pada sperma sangat baik untuk membantu wajah menjadi cerah dan tidak kusam.

Baca Juga: Bisakah Perempuan dengan Alergi Sperma Hamil?

4. Mengangkat Minyak Berlebih

Khasiat Sperma untuk Kulit 5.jpg

Foto: freepik.com

Kabar lain yang beredar adalah mengaplikasikan sperma ke permukaan terluar kulit dapat mengangkat minyak yang berlebih.

Hal ini dihubungkan dengan kandungan zinc pada sperma sehingga direkomendasikan untuk mengaplikasikan sperma sebagai masker wajah.

Meski manfaat air mani untuk wajah belum diketahui kebenarannya, banyak ahli kecantikan yang mengakui manfaat sperma untuk kulit yang sangat berharga.

Namun, ada pula dermatolog yang masih menentang penggunaan sperma sebagai masker untuk merawat kesehatan kulit karena dianggap dapat menyebabkan alergi dan menularkan penyakit seksual.

Baca Juga: 6 Makanan untuk Tingkatkan Kualitas Sperma, Yuk Coba!

Potensi Risiko Menggunakan Air Mani pada Kulit Wajah

iritasi kulit akibat air mani

Foto: Orami Photo Stock

Walau banyak yang percaya manfaat air mani untuk wajah, tetapi menggunakan air mani pada kulit membawa sejumlah risiko potensial. Beberapa di antaranya mungkin termasuk:

1. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Mengoleskan air mani di kulit dapat menempatkan seseorang pada risiko mengembangkan IMS, seperti klamidia atau gonore.

Seseorang mungkin mengembangkan infeksi klamidia atau gonore jika mata mereka terkena air mani. Selain itu, gonore dapat mempengaruhi kulit dan dapat menyebabkan ruam.

2. Reaksi Alergi

Ada kemungkinan seseorang mengalami reaksi alergi setelah terpapar air mani. Seseorang yang mengalami reaksi alergi terhadap air mani mungkin mengalami gejala berupa gatal, pembengkakan, syok anafilaksis.

3. Infeksi Kulit

Seperti halnya produk apa pun yang mungkin digunakan seseorang pada kulitnya, ada risiko penggunaan air mani pada kulit dapat menyebabkan iritasi atau infeksi kulit.

Baca Juga: Alergi Sperma, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Moms, itulah beberapa manfaat sperma untuk wajah yang banyak dipercaya praktisi-praktisi kecantikan.

Meskipun belum banyak jurnal ilmiah atau penelitian yang mendukung, tetapi sejak lama sperma dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk kulit.

Namun, Moms tetap perlu berhati-hati karena penggunaan air mani di kulit wajah bisa berisiko menyebabkan alergi atau iritasi.

  • https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/10942912.2017.1357044
  • https://www.newshub.co.nz/home/lifestyle/2019/05/beautician-says-sperm-is-the-key-to-glowing-skin.html
  • https://www.nature.com/articles/ncb1975
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/is-semen-good-for-your-skin#risks
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30378232/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15689218/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4120804/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6835901/
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.2164/jandrol.04104
  • http://www.andrologycenter.in/2018/10/24/semen-vs-sperm/
  • https://www.healthline.com/health/is-sperm-good-for-skin#overview
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait