Kesehatan Umum

13 Juli 2021

6 Manfaat Buah Siwalan, Obat Tradisional untuk Masalah Pencernaan

Cari tahu manfaat buah siwalan yang baik untuk kesehatan yuk Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Siwalan merupakan buah yang banyak terdapat di Asia Selatan dan Tenggara. Di Indonesia, buah siwalan dikenal juga dengan buah lontar.

Bentuk buah ini sangat mirip dengan kolang kaling, yaitu putih dan transparan. Sementara teksturnya agak lebih keras dibandingkan dengan kolang kaling.

Sejarah Buah Siwalan

Sejarah buah siwalan

Foto: Orami Photo Stock

Ada beragam pandangan tentang asal-usul buah satu ini. Kebanyakan ahli botani percaya bahwa itu berasal dari Afrika dan kemudian diperkenalkan ke India sejak lama.

Pandangan lain menyebutkan bahwa itu tanaman ini asli dari Asia Selatan, Asia Tenggara hingga Afrika. Karena buah ini sangat mudah ditermui di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Selain itu, tanaman ini juga sangat mudah dibudidayakan di di India, Sri Lanka, Burma, Thailand, Kamboja, Cina, Malaysia Barat, Indonesia, dan New Guinea. Masyarakan di India banyak yang menanam pohon siwalan sebagai penahan angin di dataran. Belakangan tanaman ini juga dapat tumbuh subur di Hawaii dan Florida selatan.

Baca juga: 11 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Harus Moms Ketahui

Obat Tradisional

Buah siwalan untuk obat tradisional

Foto: Orami Photo Stock

Di beberapa negara, tanaman siwalan sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional lho Moms. Karena buah siwalan yang masih mudah dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit termasuk empedu disentri dan kencing nanah.

Sementara itu, getah pohon siwalan juga dapat diolah menjadi gula dan digunakan menjadi obat tradisional untuk mengobati keracunan dan gangguan hari.

Berkumtr dengan rebusan kulit batang pohon siwalan yang dicampur garam juga dapat mengobati sariawan dan rasang gusi lho Moms.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah siwalan untuk Kesehatan

Kandungan vitamin dan mineral buah siwalan sering menjadi salah satu pilihan obat tradisional penderita diabetes atau Moms yang sedang menjalankan program diet.

Beberapa penelitian menjelaskan, buah ini kaya akan vitamin B dan C, zat besi, zinc, kalium, fosfor, tiamin dan riboflavin. Tidak heran kalau banyak sekali manfaat buah siwalan yang bisa Moms rasakan untuk tubuh.

Apa saja sih manfaatnya? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini yuk Moms.

1. Membantu Meringankan Masalah Pencernaan

Manfaat buah siwalan

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah siwalan yang pertama adalah sebagai obat alami untuk beberapa penyakit perut dan masalah pencernaan. Buah ini juga membantu dalam meredakan sembelit dan meningkatkan pergerakan usus.

Selain itu, buah siwalan juga dipercaya dapat menurunkan kadar asam lambung dan mengobati sakit maag. Wanita hamil dianjurkan makan buah siwalan karena membantu meringankan beberapa penyakit perut ringan dan mual yang sering terjadi selama kehamilan.

Efek inflamasi yang terdapat dalam buah siwalan dipercaya dapat mengobati mual dan muntah.

2. Membantu Meringankan Masalah kulit

Manfaat buah siwalan untuk kesehatan

Foto: Orami Photo Stock

Untuk moms yang memiliki masalah kulit, bisa memanfaatkan buah siwalan untuk menyembuhkan. Karena buah ini dipercaya dapat mengatasi masalah kulit umum yang muncul saat cuaca panas, seperti ruam panas dan biang keringat.

Biang keringat, atau ruam panas, terjadi ketika pori-pori keringat tersumbat, yang menyebabkan peradangan pada saluran keringat. The Pan African Medical Journal menyebutkan biang keringat timbul karena adanya penyumbatan saluran keringat karena paparan panas, kelembapan atau hyperthermia.

Sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam buah siwalan dapat membantu mengobati kemerahan pada kulit karena terpapar panas matahari.

Cara mengaplikasikannya juga terbilang cukup mudah lho Moms. Tempelkan buah siwalan yang sudah diiris diiris tipis ke bagian yang ruam atau mengolahnya menjadi masker.

Kemudian tunggu hingga buah mengering dan terserap ya Moms. Mungkin awalnya agak perih, tetapi lama kelamaan akan memberikan efek sejuk di wajah Moms.

Buah siwalan yang sudah menjadi pasta terbukti efektif dalam mengobati dermatitis dan juga aman untuk bayi.

Baca juga: 11 Manfaat Buah Naga untuk Bayi Sebagai MPASI, Luar Biasa!

3. Memberikan Efek Sejuk untuk Tubuh

Buah siwalan dapat menambah cairan tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah siwalan lainnya adalah sebagai pendingin alami dan membantu menjaga tubuh tetap sejuk selama cuaca panas. Selain itu, buah siwalan juga dapat membantu mencegah sejumlah masalah terkait panas seperti biang keringat, dehidrasi, kulit kering, gagal ginjal dan rambut rontok.

Tak hanya itu, buah siwalan juga membantu mengganti nutrisi dan elektrolit yang hilang karena keringat berlebih. Kandungan air yang tinggi di dalam buah siwalan juga dapat membantu menghilangkan dahaga dan memberi energi untuk tetap aktif sepanjang hari.

Seperti layaknya minuman isotonik, konsumsi buah siwalan dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena cuaca panas. Bahkan, konsumsi buah siwalan dianggap lebih baik dibandingkan dengan hanya minum segelas air putih.

Karena kandungan zat fosfor di dalam buah siwalan dapat membantu penyerapan riboflavin (vitamin B2) dan niasin (vitamin B3). Vitamin B1 di dalam buah siwalan juga dapat membantu pengolahan karena berperan dalam munculnya zat korosif hidroklorik yang penting untuk penyerapan di dalam tubuh.

4. Membantu Program Diet

buah siwalan membantu menurunkan berat badan

Foto: Orami Photo Stock

Buah siwalan juga cocok dikonsumsi oleh Moms yang sedang menjalankan program penurunan berat badan atau diet rendah kalori.

Selain rendah kalori, buah siwalan juga kaya akan kandungan air yang dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Sehingga, kebiasaan nyemil akan berkurang karena perut tetap merasa kenyang.

Journal of American Dietetic Assiciation menyebutkan meningkatkan konsumsi buah, sayur dan produk susu rendah lemak dapat membantu menurunkan berat bada secara efektif.

Baca juga: 14 Manfaat Buah Kolang-kaling untuk Kesehatan, Bisa Menguatkan Tulang

5. Meredakan Migrain

Buah siwalan untuk kesehatan

Foto: Orami Photo Stock

Migrain adalah penyakit kepala yang sangat menyiksa bagi semua orang. Penyakit ini sering ditandai dengan sakit kepala yang hebat dan membuat tubuh menjadi lemah.

Selain itu, gejala lain seperti mual, muntah, kesulitan berbicara, mati rasa atau kesemutan, dan kepekaan terhadap cahaya dan suara juga mungkin terjadi saat seseorang mengalami masalah ini.

Penyakit migrain tidak memandang usia dan hampir sering terjadi dalam keluarga. Migrain juga berbeda dengan sakit kepala lainnya dan biasanya dapat menghambat kegiatan sehari-hari.

Menurut The Journal of Neuroscience migrain adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan sering dikaitkan dengan penyakit mental, seperti depresi dan anxiety.

Penyakit ini banyak diderita oleh wanita dan sudah dialami sejak kecil dan semakin parah saat dewasa. Salah satu manfaat buah siwalan adalah dapat meredakan migrain.

6. Mengobati Bisul dan Biang Keringat

buah siwalan untuk kulit

Foto: Orami Photo Stock

Bisul adalah infeksi kulit yang dimulai di folikel rambut atau kelenjar minyak. Pada awalnya, kulit berubah menjadi merah di area infeksi, dan benjolan yang lembut berkembang. Setelah empat hingga tujuh hari, benjolan mulai memutih saat nanah terkumpul di bawah kulit.

Kebanyakan bisul disebabkan oleh kuman (bakteri stafilokokus). Kuman ini masuk ke dalam tubuh melalui torehan kecil atau luka di kulit atau dapat menyebar ke rambut menuju folikel. Bisul juga

Buah siwalan memiliki dipercaya dapat mengobati dan mencegah timbulnya bisul dan biang keringat atau kemerahan pada wajah.

Caranya, campurkan bubuk cendana murni dengan buah siwalan kemudian tambahkan sedikit air kelapa. Oleskan tipis-tips di wajah dan biarkan kering, seperti menggunakan masker. Selanjutnya bilas wajah dengan air bersih.

Baca juga: Kaya Antioksidan, Ketahui 7 Jenis Buah Beri dan Manfaat Kesehatannya!

Demikian penjelasan mengenai manfaat buah siwalan untuk tubuh. Semoga bermanfaat ya Moms.

  • https://www.healthbenefitstimes.com/palmyra-fruit/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait