Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
12 November 2020

9 Vitamin untuk Kulit Kering dan Kusam, Wajib Coba!

Ternyata kulit kering bisa diatasi dengan nutrisi dan vitamin berikut!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat memiliki kulit kering, Moms pasti merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri, karena kulit kering juga bisa menyebabkan banyak efek samping, seperti mudah terinfeksi atau bahkan jadi pecah-pecah.

Kulit kering biasanya dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk dehidrasi, penuaan, perubahan musim, alergi, dan kekurangan nutrisi tertentu.

Bergantung pada penyebab kulit kering yang Moms alami, ada banyak metode perawatan yang berbeda untuk mengatasi kulit kering. Termasuk misalnya memberikan salep obat dan pelembap untuk meningkatkan hidrasi kulit.

Selain itu, perubahan gaya hidup, seperti minum lebih banyak air dan mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk kulit kering dapat memperbaiki kondisi kulit. Alhasil, Moms bisa tampil percaya diri lagi dengan kulit yang cantik. Apa saja vitamin untuk kulit kering yang bisa Moms coba?

Baca Juga: 5 Penyebab Kulit Kering yang Sering Tidak Kita Sadari

Vitamin untuk Kulit Kering, Kusam, dan Keriput

Deretan Vitamin untuk Atasi Kulit Kering, Kusam, dan Keriput

Foto: Orami Photo Stock

Berikut ini adalah beberapa jenis vitamin untuk kulit kering yang bisa Moms andalkan:

1. Vitamin D

Vitamin untuk kulit kering yang pertama adalah vitamin D. Vitamin D sangat penting untuk berbagai aspek kesehatan, termasuk kesehatan kulit.

Tubuh memiliki keratinosit, yakni sel kulit yang membentuk sebagian besar lapisan luar kulit, yang dikenal sebagai epidermis.

Keratinosit adalah satu-satunya sel dalam tubuh yang dapat membentuk vitamin D dari pendahulunya 7-Dehydrocholesterol (7-DHC) dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh tubuh.

Vitamin D memainkan peran penting dalam fungsi penghalang kulit dan pertumbuhan sel kulit, serta menjaga sistem kekebalan kulit, yang bertugas sebagai garis pertahanan pertama melawan patogen berbahaya.

Beberapa penelitian seperti yang dipublikasikan dalam Science Direct, telah menunjukkan bahwa kadar vitamin D dalam darah yang rendah dikaitkan dengan kondisi kulit, termasuk eksim dan psoriasis dan keduanya dapat menyebabkan kulit kering.

Baca Juga: 3 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Ibu Hamil

Selain itu, suplemen vitamin D telah terbukti secara signifikan memperbaiki gejala gangguan kulit yang menyebabkan kulit kering dan gatal, termasuk eksim.

Jadi, jika Moms membutuhkan vitamin untuk kulit kering dan gatal, coba cari produk perawatan kulit dengan kandungan vitamin D di dalamnya. Atau mungkin Moms juga bisa memilih suplemen vitamin D yang diminum.

2. Vitamin C

Punya masalah dengan kulit kering dan kusam? Mungkin sudah saatnya Moms mencoba vitamin C yang diyakini sebagai vitamin untuk kulit kering dan kusam.

Vitamin ini bertindak sebagai antioksidan pelindung kulit yang kuat dan sangat penting untuk produksi kolagen, sehingga menjadikannya nutrisi penting untuk kesehatan kulit.

Faktanya, kulit mengandung kadar vitamin C yang sangat tinggi, dan salah satu jurnal dari Nutrients juga menemukan adanya konsentrasi vitamin C hingga 64 mg per 100 gram lapisan kulit epidermis.

Tidak mengherankan, penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan vitamin C melalui suplemen vitamin C dapat meningkatkan banyak faktor, seperti untuk kesehatan kulit dan menghidrasi kulit.

Dalam penelitian yang sama, juga ditemukan bahwa vitamin C dapat meningkatkan fungsi pelindung kulit dan membantu mengurangi kehilangan air, yang dapat membantu mencegah kulit kering.

Namun, Moms harus berbicara dengan ahli kesehatan sebelum menambahkan suplemen vitamin C ke dalam makanan, atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C supaya pemakaiannya tepat dan tidak menimbulkan efek samping yang merugikan.

3. Kolagen

Kolagen adalah protein paling melimpah di tubuh dan menyumbang 75 persen dari berat kering kulit.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen berbasis kolagen mungkin memiliki berbagai manfaat bagi kulit, termasuk mengurangi kedalaman keriput dan meningkatkan hidrasi kulit.

Jadi merupakan pilihan yang tepat jika Moms menggunakan produk dengan bahan kolagen sebagai suplemen atau vitamin untuk kulit kering dan keriput.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan Skin Pharmacology and Physiology dengan 69 wanita sebagai peserta yang mengonsumsi 2.5–5 gram kolagen per hari selama 8 minggu mengalami peningkatan yang signifikan dalam elastisitas kulit dan juga mengalami peningkatan hidrasi kulit, dibandingkan dengan kelompok lain.

Jika Moms ingin mencoba vitamin untuk kulit kering dan keriput, mungkin suplemen kolagen dapat menjadi solusi yang tepat.

Baca Juga: 3+ Tips Memilih Pelembap untuk Mengatasi Kulit Kering pada Bayi

Suplemen dan Vitamin Lain untuk Kulit Kering

Suplemen dan Vitamin Lain untuk Kulit Kering

Foto: Orami Photo Stock

Selain nutrisi yang disebutkan di atas, penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan beberapa senyawa lain mungkin merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kelembapan kulit. Berikut ini adalah nutrisi dan vitamin untuk kulit kering dan gatal, kusam, hingga keriput:

4. Probiotik

Sebuah penelitian dari Journal of Microbiology and Biotechnology menemukan bahwa konsumsi probiotik dengan bakteri Lactobacillus plantarum meningkatkan fungsi pelindung kulit dan hidrasi kulit setelah 8 minggu. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan hal ini.

5. Asam Hialuronat (Hyaluronic Acid)

Asam hialuronat sering digunakan secara topikal untuk meningkatkan hidrasi kulit, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi senyawa ini dalam kombinasi dengan nutrisi lain dapat meningkatkan hidrasi kulit secara signifikan.

6. Lidah Buaya

Sebuah studi pada 64 wanita menemukan bahwa suplemen dengan asam lemak yang berasal dari lidah buaya selama 12 minggu secara signifikan meningkatkan kelembapan kulit dan elastisitas kulit.

7. Ceramide

Ceramide adalah molekul lemak yang merupakan komponen penting dari kesehatan kulit. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa produk perawatan kulit yang mengandung ceramide dapat meningkatkan hidrasi kulit, yang dapat membantu merawat kulit kering.

8. Lutein dan Zeaxanthin

Kedua karotenoid ini adalah antioksidan kuat yang tidak diproduksi dalam tubuh, jadi keduanya harus ditambahkan ke dalam makanan.

Dengan menambahkan lutein dan zeaxanthin dapat meningkatkan jumlah kelembapan di kulit, yang membuatnya tidak kering. Cara terbaik untuk mendapatkannya dalam makanan adalah melalui sayuran hijau.

9. Seng

Tak heran jika banyak lotion dan krim yang membantu mengatasi ruam dan kulit yang kering dan gatal mengandung seng.

Ini karena seng memiliki manfaat anti radang dan mampu mencegah kulit kering dan kemerahan.

Nutrisi ini juga mendukung enzim yang membantu sistem kekebalan tubuh yang dapat membantu mencegah kondisi seperti eksim yang bisa menyebabkan kulit kering.

Baca Juga: Bikin Kulit Cerah, Yuk Simak Manfaat dan Cara Membuat Masker Jeruk Nipis!

Hal Lain yang Perlu Dipertimbangkan dalam Mengatasi Kulit Kering

Hal Lain yang Perlu Dipertimbangkan dalam Mengatasi Kulit Kering

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun vitamin untuk kulit kering dijual bebas, namun beberapa faktor lain dapat menyebabkan kekeringan kulit juga harus dipertimbangkan.

Misalnya, dehidrasi adalah penyebab umum kulit kering, jadi meningkatkan asupan air bisa menjadi cara yang sehat dan mudah untuk meningkatkan hidrasi kulit.

Moms juga perlu mengikuti pola makan sehat, mencegah kekurangan mikronutrien, sebagai cara lain untuk mengatasi dan mencegah kulit kering.

Baca Juga: Mengenal Panthenol, Vitamin B5 yang Bermanfaat Bagi Kulit

Selain itu, penyakit tertentu, termasuk penyakit ginjal, anoreksia, psoriasis, dan hipotiroidisme, serta alergi lingkungan dapat menyebabkan kulit kering.

Oleh karena itu, penting untuk berbicara dengan dokter jika Moms mengalami kulit yang sangat kering dan teriritasi akibat beberapa penyakit ini.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait