Home & Living

27 Mei 2021

11 Cara Merawat Sukulen di Dalam Rumah dan Secara Umum

Cari tahu cara merawat sukulen yuk Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk menghias rumah, salah satunya dengan meletakan tanaman seperti sukulen. Bentuknya yang unik sangat cocok dijadikan hiasan baik di dalam atau di luar rumah.

Sukulen merupakan tanaman sejenis kaktus dengan bentuk yang beragam. Sekilas, bentuk daunnya mirip dengan lidah buaya, yaitu tebal dan memiliki daging serta bergetah.

Hal ini sesuai dengan arti dari nama suklen atau sucus yang berarti getah dalam bahasa latin.

Cara merawat sukulen dapat dikatakan gampang-gampang susah, karena perlu ada trik khusus untuk menumbuhkan tanaman ini di rumah.

Jurnal Current Biology menjelaskan, sukulen memiliki sel besar untuk penyimpanan air. Sehingga Moms tidak perlu sering-sering menyiram tanaman ini ya.

Nah, kalau Moms ingin mempercantik rumah dengan berbagai jenis sukulen, sebaiknya cari tahu dulu yuk cara merawat sukulen berikut ini.

Baca juga: 5 Manfaat Memelihara Kaktus di Dalam Ruangan dan Cara Mudah Merawatnya

Cara Merawat Sukulen Secara Umum

Sukulen merupakan tanaman yang mudah beradaptasi dalam berbagai kondisi lingkungan, walaupun dengan sedikit air. Namun, bukan berarti Moms tidak perlu merawatnya ya.

Ada beberapa cara merawat sukulen agar tetap cantik saat dipajang di rumah.

Berikut cara merawat sukulen yang bisa Moms coba saat ingin menjadikan tanaman ini sebagai hiasan di rumah.

1. Pastikan Sukulen Mendapat Pencahayaan yang Cukup

cara merawat sukulen

Foto: freepik.com

Cara merawat sukulen yang pertama adalah pastikan mendapat sinar matahari yang cukup.

Tanaman sukulen sangat menyukai cahaya dan membutuhkan sekitar enam jam sinar matahari per hari, tergantung pada jenisnya.

Pastikan Moms menaruhnya tidak di bawah sinar matahari langsung ya, karena hal ini dapat membakar sukulen apalagi yang baru ditanam.

Moms bisa menaruh sukulen di dekat jendela yang tertutup tirai, sehingga sukulen yang baru bisa beradaptasi dengan sinar matahari.

2. Pindahkan Sukulen Secara Rutin

pindahkan sukulen

Foto: freepik.com

Memindahkan secara rutin, merupakan salah satu cara merawat sukulen yang bisa Moms lakukan di rumah. Karena sukulen yang diletakan hanya di satu tempat, bisa membuat mereka tidak cukup mendapatkan cahaya matahari.

Bisa jadi hanya satu bagian saja yang terkena sinar matahahari, sukulen yang tidak dipindahkan posisinya.

Moms bisa memutarnya secara bertahan saat tanaman ini sedang di jemur di dekat sinar matahari.

3. Berikan Air di Bagian Tanah

tips merawat sukulen

Foto: freepik.com

Sukulen memang tanaman yang tidak banyak memerlukan air, tetapi bukan berarti tidak ada penyiraman.

Saat akan memberikan air pada tanaman ini, pastikan jangan terkena bagian daunnya ya Moms. Karena hal ini dapat membuat tanaman tersebut rapuh dan daun berjamur.

Moms hanya perlu menyirami bagian tanah hingga air keluar dari lubang bawah pot. Jika tidak ada lubang pada pot, Moms pastikan jangan terlalu banyak memberikan airnya ya.

Baca juga: 7 Cara Merawat Kaktus, Pemula Juga Bisa

4. Pilih Pot dengan Drainase

pilih pot untuk sukulen yang berdrainase

Foto: freepik.com

Tanaman sukulen tidak suka berada di tanah yang tergenang air, jadi drainase penting untuk mencegah pembusukan.

Pot yang digunakan harus memiliki lubang drainase untuk memungkinkan kelebihan air keluar.

Moms yang baru ingin merawat tanaman ini bisa memiliki pot jenis terakota.

5. Singkirkan Hama

cara merawat sukulen

Foto: freepik.com

Hama biasanya menyerang sukulen yang ditanam di dalam tanah yang terlalu basah atau tidak memiliki drainase. Jika terdapat hama pada sukulen, Moms dapat menyemprotnya dengan alkohol isoprofil 70 persen.

Selain itu, kutu putih yang ada pada sukulen juga bisa disebabkan terlalu banyak pemberian air atau pupuk. Pindahkan tanaman yang terinfeksi hama dan semprot dengan alkohol.

6. Beri Pupuk Saat Cuaca Panas

cara merawat sukulen

Foto: freepik.com

Pemberian pupuk merupakan salah satu cara merawat sukulen yang disarankan. Sebaiknya, pemberikan pupuk dilakukan pada cuaca panas ya Moms.

Ingat, jangan terlalu banyak memberikan pupuk, karena hal ini tidak akan mempercepat pertumbuhan sukulen, sebaiknya ini akan melemahkan mereka.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

Cara Merawat Sukulen di Dalam Rumah

Cara merawat sukulen di dalam ruangan dapat dikatakan sedikit rumit.

Namun, dengan tips sederhana ini Moms tetap dapat menumbuhkannya di ruangan dengan lebih baik. Yuk Moms simak artikelnya berikut ini.

7. Pilih Jenis Sukulen yang Tepat

pilih jenis sukulen

Foto: freepik.com

Tidak semua jenis sukulen cocok untuk tumbuh di dalam ruangan.

Moms bisa memiliki sukulen yang lebih suka tempat teduh dibandingkan dengan yang suka sinar matahari. Karena hal ini dapat mempermudah Moms untuk merawatnya di dalam ruangan.

Secara umum, sukulen yang memiliki warna-warna cerah seperti merah, ungu, dan oranye tidak dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Karena jenis ini membutuhkan sinar matahari langsung dan lebih banyak cahaya daripada yang umumnya tersedia di dalam ruangan.

Moms dapat memilih sukulen yang memiliki warna hijau alami seperti varietas Haworthia dan Gasteria.

8. Pilih yang Ukuran Kecil dan Ringan

Pilih sukulen yang ringan

Foto: freepik.com

Ketika sukulen berada di dalam ruangan, seringkali sulit bagi mereka untuk mendapatkan cukup sinar matahari. Di luar ruangan mereka biasanya membutuhkan sekitar 6 jam sinar matahari tidak langsung setiap hari.

Saat merawat sukulen di dalam ruangan, Moms dapat meletakannya di dekat jendela agar mendapat cahaya yang cukup sepanjang hari. Jika hal ini terlalu sulit, Moms bisa meletakan di bagian paling terang di rumah atau kantor.

Baca juga: 6 Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan yang Harus Moms Tahu

9. Jangan Terlalu Sering Memberikan Air

cara merawat sukulen

Foto: freepik.com

Salah satu cara merawat sukulen agar tetap hidup adalah penyiraman. Tanaman ini memerlukan banyak air, tetapi tidak boleh terlalu sering.

Tanaman sukulen ingin akarnya direndam dengan air tetapi kemudian cepat kering. Kemudian disiram kembali setelah tanah mengering selama beberapa hari.

Jangan menyirami succulents dalam ruangan setiap hari. Karena hal ini dapat membuat mereka cepat busuk dan mati.

10. Hindari Wadah Kaca dan Tidak Memiliki Lubang Drainase

cara merawat sukulen

Foto: freepik.com

Wadah kaca umumnya bukan solusi pot jangka panjang yang bagus untuk sukulen. Mereka tidak suka duduk di tanah yang basah, jadi toples kaca atau terarium, yang tidak memiliki tempat untuk mengalirkan air, tidak akan membuat sukulen tumbuh dengan baik.

Kelemahan lain dari wadah kaca adalah kurangnya sirkulasi udara. Tanaman sukulen membutuhkan aliran air yang baik untuk menjaga kesehatan akar dan juga batang dan daun yang sehat.

11. Hama Serangga

Hama merupakan salah satu masalah yang ada pada sukulen

Foto: freepik.com

Jika Moms sudah mengikuti cara merawat sukulen di dalam ruangan, seperti penyiraman yang tepat, tanah yang dikeringkan dengan baik, cahaya yang cuku dan sirkulasi udara yang sehat, serangga umumnya tidak menjadi masalah.

Namun, jika hal tersebut tidak dilaukan dengan baik, Moms harus berhadapan dengan serangga seperti kutu putih yang bisa tumbuh pada tanaman sukulen.

Selain itu, Moms juga harus perhatikan dengan baik saat membeli tanaman sukulen. Bisa jadi, saat membeli, sudah terdapat serangga yang mungkin bisa membesar dan membuat tanaman tidak subur.

Salah satu jenis serangga yang paling sering ditemui adalah agas. Umumnya agas hanya akan tertular jika tanah terlalu basah.

Agas umumnya dapat dihindari dengan menggunakan campuran tanah yang dikeringkan dengan baik dan membiarkan tanah mengering di antara penyiraman.

Jenis hama lain yang sering muncul adalah kutu putih. Mereka adalah jenis kutu berkulit putih yang dapat hidup selamanya pada sukulen. Bahkan mereka dapat membuat sukulen Moms dapat mati lebih cepat.

Baca juga: 9 Jenis Tanaman Hias yang Mudah Dirawat oleh Pemula

Demikian penjelasan mengenai cara merawat sukulen semoga bermanfaat ya Moms.

  • https://www.architecturaldigest.com/story/how-to-care-for-succulents
  • https://www.sunset.com/garden/8-foolproof-ways-to-keep-your-succulents-alive
  • https://www.succulentsandsunshine.com/guide-growing-succulents-indoor-house-plants
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28898660/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Succulent_plant
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait