2-3 tahun

8 April 2020

4 Cara Meredakan Nyeri pada Balita, Yuk Coba!

Daripada memberikan obat, Moms bisa mencoba cara-cara ini untuk meringankan nyeri Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Anak balita yang sakit, entah demam, batuk, pilek, flu, atau yang lain, akan merasa tidak nyaman dan rewel. Melihat Si Kecil yang kesakitan, orang tua akan berusaha mencari cara untuk mengatasi nyeri pada balita.

“Solusi paling mudah adalah memberikan obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek,” kata Andrew J. Bernstein, M.D., dosen kedokteran anak klinis di Northwestern University.

Namun, menurut dokter Bernstein, yang juga juru bicara American Academy of Pediatrics, sebaiknya orang tua mencoba cara lain untuk mengatasi nyeri pada balita, sebelum memberikan obat pereda nyeri.

Lembaga pengawas konsumen ProPublica menyebutkan, pemberian obat pereda nyeri kepada anak menyimpan risiko timbulnya efek samping yang membuat anak harus diperiksa dokter atau menjalani rawat inap.

Bila dikonsumsi terlalu sering, obat pereda nyeri asetaminofen juga bisa menyebabkan gangguan pada liver.

Baca Juga: Gigi Berlubang pada Anak, Atasi Nyeri dengan 5 Obat Sakit Gigi Alami Ini

Cara Mengatasi Nyeri pada Balita

Oleh karena itu, orang tua perlu sangat berhati-hati dalam memberikan obat pereda nyeri kepada anak. Apalagi anak balita termasuk sering sakit. Pemberian obat pereda nyeri dianjurkan menjadi pilihan terakhir untuk mengatasi nyeri pada balita.

Orang tua dapat mencoba pendekatan non farmakologis atau tidak menggunakan obat-obatan berikut saat berusaha mengatasi nyeri pada balita.

1. Bersikap Tenang

child-asian-sick-ill-getty-stock.jpg

Foto: Newsweek

Melihat anak yang kesakitan dan rewel memang bisa membuat orang tua cemas. Namun, orang tua dianjurkan untuk tetap tenang dalam menghadapi situasi tersebut.

Dikutip dari The Hospital for Sick Children, bila orang tua terlihat tenang dalam merawat anak yang sakit, Si Kecil akan terbawa dan rasa takut atau stresnya bisa berkurang.

2. Lakukan Kontak Skin-to-Skin

WEB-1032590-Stuffy-Nose-720x450.jpg

Foto: University Hospitals

Kontak skin-to-skin diyakini efektif menurunkan demam pada anak, serta membuat anak yang kesakitan merasa lebih nyaman. Lepas baju anak sehingga ia hanya mengenakan popok atau celana dalam, lalu dekap anak (Moms bisa dalam posisi berdiri atau duduk).

Pastikan kulit anak bersentuhan dengan kulit Moms. Usap-usap punggung anak atau nyanyikan lagu pengantar tidur agar Si Kecil dapat beristirahat.

Baca Juga: Moms, Ketahui 5 Penyebab Nyeri Dada Pada Anak

3. Redupkan Ruangan

iStock-828209178–Illness-in-Children-820x472.jpg

Foto: Family Health Diary

Baringkan anak di ruangan yang redup agar ia dapat beristirahat dengan lebih nyaman saat badannya tidak nyaman. Dikutip dari situs web Fatherly, cahaya yang terlalu terang dapat memperburuk rasa nyeri, terutama pada kepala.

4. Kompres Air Dingin

Migraine_Newsroom20(7).jpg

Foto: Newsroom

Kompres air dingin juga bisa dicoba untuk mengatasi nyeri pada balita. Letakkan kompres air dingin di kening Si Kecil untuk membantu meringankan nyeri di kepala. Moms juga bisa membuatnya nyaman dengan memijat lembut kening atau kepalanya.

Baca Juga: Cara Menggendong Anak yang Benar Agar Tak Nyeri Bahu

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi nyeri Si Kecil yang bisa Moms coba. Yuk bantu Si Kecil untuk nyaman.

(AN)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait