3-5 tahun

14 Mei 2021

9 Obat Sakit Gigi Anak untuk Meredakan Nyerinya, Salah Satunya dengan Paracetamol!

Cari tahu juga obat alami untuk mengobati sakit gigi Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Salah satu hal yang menegangkan adalah saat menghadapi anak yang sakit gigi. Saat itu, anak akan lebih crancky. Memilih obat sakit gigi anak yang tepat tentunya akan membuat anak tidak merasakan nyeri yang berkepanjangan.

Kerusakan gigi yang juga dikenal dengan sebutan karies gigi ini disebabkan oleh kuman yang dengan mudah menyebar di dalam mulut dan dapat bertahan seumur hidup. Ini lebih sering terjadi pada anak-anak dibanding penyakit kronis lain, seperti asma dan diabetes.

Menurut The National Institute of Dental and Craniofacial Research sekitar 42 persen anak-anak usia 2-11 tahun memiliki karies gigi yang memengaruhi gigi primer.

Baca Juga: Apa Akibatnya Jika Lalai Memeriksakan Anak ke Dokter Gigi?

Penyebab Sakit Gigi yang Umum

Obat Sakit Gigi Anak

Foto: Orami Photo Stock

Kebanyakan sakit gigi tidak berlangsung lama. Itu karena gigi sensitif. Jika rasa sakit semakin parah atau tidak hilang dalam 24 jam, hubungi dokter gigi. Rasa sakitnya bisa saja terjadi karena ada rongga kecil.

Beberapa penyebab sakit gigi yang umum terjadi ialah:

  • Kerusakan gigi. Jika rasa sakit terus berlanjut lebih dari sehari, ini adalah penyebab paling umum. Akan ada seperti bercak warna kuning-coklat pada email yang mungkin terlihat. Lokasi sakit yang paling umum adalah permukaan salah satu gigi geraham.
  • Abses Gigi. Jika sakitnya parah dan berdenyut-denyut, pembusukan sudah menjadi abses gigi. Itu berarti ada kantong nanah telah terbentuk di dalam akar gigi. Mengetukkan gigi juga akan menyebabkan rasa sakit yang meningkat. Jika tidak ditangani, abses akan mengikis hingga ke tulang. Sebuah ‘bisul getah’ atau jerawat akan terlihat di bawah garis gusi. Moms perlu mengajak anak untuk menemui dokter gigi agar mendapatkan perawatan saluran akar.
  • Enamel retak. Menggigit benda keras secara tidak sengaja dapat merusak gigi. Selain itu, gigi akan menjadi sensitif terhadap cairan panas dan dingin. Gigi mungkin terlihat normal, namun garis fraktur mungkin berada di bawah garis gusi atau sulit dilihat.
  • Penyakit gusi. Gingivitis adalah nama medis untuk gusi yang teriritasi. Warnanya merah dan terasa lembut. Jika menyikat gigi dan flossing diabaikan, gusi bahkan bisa berdarah dan bisa terasa sangat menyakitkan. Membersihkan gigi dan flossing setiap hari akan sedikit membantu.
  • Makanan yang tertinggal. Makanan keras bisa terselip di antara 2 gigi. Membersihkan gigi dengan benang yang tepat akan menghilangkan makanan dan menghentikan rasa sakit.

Baca Juga: Yuk Kenali 3 Tahapan Tumbuh Kembang Gigi Anak!

Penyebab Gigi Berlubang pada Anak

Obat sakit gigi anak gigi berlubang - penyebab gigi berlubang.png

Foto: Orami Photo Stock

Basanya, dokter akan mengetahui penyebab sakit gigi saat melihat kondisi gigi anak. Dilansir University of Rochester Medical Center, salah satu penyebab sakit gigi pada anak adalah adanya cedera pada gigi. Dan cedera yang paling umum pada anak adalah gigi berlubang.

Bakteri juga berperan dalam membuat gigi berlubang. “Bakteri akan menghasilkan asam yang menggerogoti struktur gigi dengan menipiskan kalsium,” ujar Burton Edelstein, DDS, Direktur The Children's Dental Health Project.

Bakteri juga membuat plak kekuningan yang menumpuk pada gigi. Setelah area tanpa kalsium menjadi cukup besar, permukaan gigi pun lama-lama akan rontok dan hal itu menyebabkan munculnya rongga gigi berlubang.

Bayi sebenarnya dilahirkan tanpa bakeri berbahaya di mulutnya. Dan penelitian telah membuktikan bahwa orang tua biasanya yang menginfeksi anak-anak mereka sebelum usia 2 tahun.

Hal itu dapat terjadi karena Moms atau Dads memindahkan air liur ke mulut Si Kecil dengan berulang kali makan menggunakan sendok yang sama, atau Si Kecil menggosok gigi menggunakan sikat gigi yang Moms dan Dads pakai.

Jika Moms dan Dads memiliki gigi berlubang, kemungkinan besar akan menyebarkan kuman tersebut dan membuat Si Keil besar kemungkinan nantinya akan memiliki gigi berlubang.

Baca Juga: Cegah Kerusakan Gigi Anak Dengan Makanan Tinggi Serat

Obat Sakit Gigi Anak di Apotek

Obat Sakit Gigi Anak -2

Foto: Orami Photo Stock

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan orangtua adalah memberikan obat sakit gigi anak pada Si Kecil. Perhatikan juga kandungannya untuk memberikan obat yang aman untuk anak.

Ada beberapa obat sakit gigi anak yang aman dikonsumsi anak, juga dapat dengan mudah ditemui di apotek.

1. Paracetamol

Paracetamol biasa digunakan untuk obat penurun panas saat demam, karena obat ini juga memiliki kemampuan untuk meredakan rasa sakit. Ini juga cocok digunakan untuk mengatasi sakit gigi.

Biasanya untuk usia 5 tahun ke bawah akan diberi obat sakit gigi anak berbentuk sirup. Paracetamol termasuk obat yang tergolong ringan dan aman, banyak merek obat paracetamol seperti sanmol, mirasic, dan sebagainya.

2. Ibu Profen

Ibuprofen menjadi salah satu obat demam yang aman untuk anak, juga bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit dan menjadi obat sakit gigi anak. Obat ini memiliki efek antiinflamasi yang dapat mengatasi peradangan pada gusi bengkak.

Obat ibuprofen juga mudah dijangkau karena tersedia di apotek dalam bentuk tablet dan sirup, sehingga dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Ada banyak merk obat yang mengandung ibuprofen seperti Hufagripp, Tempra, Panadol, dan sebagainya. Obat ini dapat diminum setelah makan.

3. Cataflam Drops

Cataflam memiliki 2 jenis, yaitu berbentuk tablet untuk orang dewasa dan tetes atau drops yang bisa digunakan pada anak-anak. Obat ini banyak tersedia di apotek.

Zat aktif yang ada didalam obat ini adalah kalium diklofenac 15 mg di setiap 1 ml nya. Tapi, Cataflam Drops hanya boleh diberi pada anak yang berusia 6 tahun ke atas, dengan dosis 1 mg/kg BB 2 kali sehari.

4. Dentasol

Jika anak mengalami sakit gigi, obat ini juga bisa diberikan. Penggunaannya dengan cara dioles atau diteteskan pada bagian gigi atau gusi yang sakit karena Dentasol berbentuk gel atau cairan kental yang memiliki zat patirasa, antiseptic, dan sebagainya.

Obat ini tidak untuk diminum atau ditelan, karena harus dikeluarkan. Disarankan untuk memberikannya pada anak yang sudah mengerti cara membuang ludah dan mengerti jika diminta tidak menelannya.

Baca Juga: Ini 6 Tanda Si Kecil Sudah Siap Mulai MPASI Pertama!

Obat Sakit Gigi Anak yang Alami

Gigi berlubang dapat membuat Si kecil jadi tidak nyaman dan merasa kesakitan.

Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter gigi anak yang biasanya akan segera menambal lubangnya.

Untuk Moms yang ingi merawatnya menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, Moms dapat merawatnya dengan obat sakit gigi anak yang alami di bawah ini:

5. Kumur dengan Air Garam

Obat sakit gigi anak gigi berlubang - kumur air garam.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Garam dapat digunakan sebagai obat sakit gigi anak yang alami, karena sifat antiseptik dan antibakteri yang dikandungnya. Ini juga menjadi kepercayaan turun temurun yang dilakukan oleh berbagai generasi saat merasa sakit gigi.

Cara kerjanya, garam dapat mengurangi peradangan, meringankan rasa sakit pada gigi dan gusi, menghilangkan infeksi, dan mencegah pertumbuhan bakteri di mulut. Moms bisa mengajak anak berkumur dengan campuran air hangat dan garam beberapa kali hingga anak merasa baikan.

6. Bawang Putih

Obat sakit gigi anak gigi berlubang - bawang putih.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Karena sifat antimikrobanya, bawang putih telah digunakan sejak lama untuk pengobatan tradisional, termasuk menjadi obat sakit gigi anak yang alami. Zat antimikroba dari ekstrak bawang putih terhadap mikroba patogen yang menyebabkan pembentukan plak pada gigi.

Caranya, Moms bisa mencincang kasar bawang putih dan diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu, oleskan ke bagian yang sakit selama 2 menit dan akhiri dengan berkumur-kumur dengan air hangat atau air bawang putih yang juga hangat.

7. Kunyit

Obat sakit gigi anak gigi berlubang - kunyit.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bukan hanya sebagai pewarna makanan, kunyit ternyata juga ampuh meredakan nyeri akibat gigi berlubang. Kunyit memiliki sifat anti-inflamai dan antibakteri yang dibutuhkan sebagai obat sakit gigi anak.

Ini membantu menjaga kesehatan gusi dan mencegah kerusakan gigi karena infeksi bakteri. Caranya, oleskan bubuk kunyit pada gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit kemudian kumur dengan air hangat.

8. Cengkeh

Obat sakit gigi anak gigi berlubang - cengkeh.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sifat antiradang, antibakteri, dan analgesik juga dimiliki cengkeh. Selain sebagai obat sakit gigi alami, cengkeh juga dapat mencegah penyebaran gigi berlubang.

Untuk dijadikan obat pada sakit gigi berlubang, Moms bisa melarutkan 2-3 tetes minyak cengkeh ke ¼ sendok teh minyak biji wijen.

Larutkan pada kapas dan letakkan kapas di tempat gigi berlubang. Berikan pada Si Kecil pada malam hari sebelum ia tidur.

9. Kompres Es

Obat sakit gigi anak gigi berlubang - kompres es.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara paling mudah untuk meredakan sakit gigi adalah mengkompresnya dengan es. Tempelkan es di pipi atau langsung pada gigi yang sakit. Rasa dinginnya akan meredakan nyeri pada gigi.

Itu dia beberapa obat sakit gigi untuk anak yang bisa dipilih. Moms dapat melakukannya di rumah sebelum membawanya ke dokter gigi. Sebab, Moms dan Dads perlu memantau apakah Si Kecil nyaman dengan cara pengobatan tersebut atau tidak.

  • https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=90&contentid=p01876
  • https://www.seattlechildrens.org/conditions/a-z/toothache/
  • https://www.panduanbpjs.com/obat-sakit-gigi-anak/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait