18 Januari 2022

4 Cara Verified Instagram, Cari Tahu Juga Syaratnya di Sini

Ternyata ini caranya mendapat centang biru instagram

Begitu banyak influencer baru di Indonesia. Maka tak heran jika pencarian keyword cara verified Instagram sangat tinggi.

Instagram kini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak diminati oleh masyarakat di seluruh dunia. Bagaimana tidak, berbagai macam fitur yang dimilikinya tentu bisa membantu untuk berbagi informasi dan juga aktivitas seharian seseorang, atau bahkan bagi merek tertentu untuk memasarkan produk mereka.

Bagi pengguna Instagram yang memiliki jumlah followers banyak dan terkenal, memiliki akun yang terverifikasi adalah hal yang penting.

Melansir Instagram, tanda verified berarti Instagram sudah mengonfirmasi keaslian akun yang mewakili tokoh publik, selebritas, atau brand global.

Tanda dari akun yang telah verified oleh instagram akan disimbolkan dengan tanda centang biru yang muncul di samping nama akun Instagram.

Apakah Moms penasaran bagaimana cara verified instagram? Ternyata begini caranya, yuk simak!

Baca Juga: Mau Jadi Selebgram Moms? Ini 3 Tips Aman Posting Foto Anak di Instagram

Cara Verified Instagram

verified instagram.jpg
Foto: verified instagram.jpg

Foto: istock.com

Faktanya, tidak semua orang bisa membuat akunnya menjadi verified. Ada sejumlah persyaratan dari Instagram yang harus Moms penuhi terlebih dahulu.

Sementara itu, hal-hal yang harus dilakukan sebelum mengajukan verified account adalah sebagai berikut:

1. Tingkatkan Followers dan Engagement

Salah satu hal yang bisa membuktikan bahwa Moms layak mendapat tanda verified adalah jumlah followers dan engagement yang tinggi.

Memang, tidak ada angka pasti untuk mengukur seberapa layak Moms disebut sebagai seorang influencer atau brand terpercaya.

Namun, menambah followers Instagram merupakan salah satu cara ampuh untuk membuat akunmu menjadi verified.

Moms bisa mempraktikkan beberapa cara, seperti meng-upload foto pada waktu yang tepat, mempromosikannya di media sosial lain, dan membuat post yang menarik.

Moms juga bisa memanfaatkan hashtag Instagram untuk mendapat lebih banyak followers dan engagement.

2. Buat Post yang Unik

Ingat, salah satu syarat dari Instagram adalah “unik”. Oleh karena itu, buatlah post yang personal dan unik.

Hindari mengikuti post orang lain. Jadilah dirimu sendiri dan buat followers tertarik karena foto dan videomu yang unik tersebut.

3. Ikuti Instagram Community Guidelines

Instagram tentu saja tidak akan memberikan tanda verified pada akun yang melanggar ketentuan mereka.

Maka, salah satu cara penting untuk membuat akun Instagram menjadi verified adalah selalu patuhi Instagram Community Guidelines.

4. Jaga Tanda Verified

Sekali Moms mendapatkan tanda verified, jaga tanda tersebut sebaik-baiknya.

Pasalnya, dikutip dari Influencer Marketing Hub, Instagram dapat mencabut tanda verified jika akunmu menjual tanda verified tersebut kepada orang lain, menggunakan akunmu untuk mempromosikan layanan atau bisnis lain, dan mendapat tanda verified dari pihak ketiga.

Baca Juga: 8 Coffee Shop yang Instagrammable di Jakarta

Syarat Akun Verified Instagram

instagram..jpg
Foto: instagram..jpg

Foto: Orami Photo Stock

Banyak sekali yang beranggapan bahwa syarat utama agar akun tergolong verified Instagram adalah dengan memiliki followers atau pengikut banyak. Padahal, cara verified Instagram tidak hanya itu, Moms.

Hanya dengan memiliki itu saja tidak serta-merta akun instagram milik Moms langsung mendapatkan centang biru.

Banyak juga akun-akun yang memiliki jutaan pengikut namun tidak memiliki tanda tersebut, di sisi lain ada juga akun yang hanya punya belasan ribu followers saja sudah mendapatkan centang biru.

Nah, sebenarnya ada beberapa syarat yang dikeluarkan Instagram bagi siapa pun yang mengharapkan tanda verified. Apa saja?

1. Unik

Syarat pertama yang harus Moms penuhi adalah keunikan dari akun kamu. Unik di sini tentunya mengacu pada hal-hal yang membuat akun berbeda dengan akun Instagram lainnya.

Selain itu juga hanya satu akun untuk setiap orang ataupun bisnis yang bisa mendapatkan verifikasi dari Instagram.

Tentunya terkecuali bagi akun-akun dengan bahasa tertentu, misalnya akun resmi untuk maskapai penerbangan Air Asia di Indonesia.

Oleh karena itu, Instagram tidak akan memverifikasi akun-akun yang mewakili minat umum atau public interest, contohnya akun yang berisi foto atau gambar editan dan meme yang berfungsi sebagai hiburan semata (bukan bisnis ataupun orang terkenal).

2. Autentik

Syarat kedua sebagai cara verified Instagram adalah autentik. Autentik berarti akun tersebut harus benar-benar asli dan bukanlah peniru dari tokoh atau merek tertentu.

Selain itu, isi postingan atau feed milikmu juga harus karya sendiri dan tidak mengunggah milik orang lain. Dengan begitu, Instagram bisa mengkonfirmasi keaslian akun tersebut untuk menghindari penipuan atau kejahatan yang bisa dilakukan oleh akun-akun palsu.

3. Lengkap

Selanjutnya, Instagram akan memverifikasi akun yang memiliki data lengkap. Moms harus melengkapi akun Instagram dengan biografi unik yang menjelaskan tentang diri, foto profil yang jelas, dan minimal satu post di dalam akun.

Tak cuma itu, akun Instagram tersebut juga tidak boleh mencantumkan link untuk menambahkan Moms di media sosial lainnya. Kemudian, akun tersebut harus bersifat publik dan tidak boleh privat atau digembok.

4. Terkenal

Syarat yang terakhir tentu saja akun tersebut harus mewakili orang, merek/brand, atau entitas yang telah terkenal atau paling banyak dicari oleh masyarakat.

Nantinya, Instagram akan meninjau hal ini dari berbagai sumber berita lainnya, apakah Moms benar-benar sudah dikenal masyarakat luas dan juga seberapa terkenal akun atau merek tersebut.

Di sisi lain, penilaian kepopuleran sebuah akun memang terbilang subjektif, walau begitu Instagram tentu punya kriteria khusus tersendiri yang tidak dibagikan kepada publik.

Banyak cara agar Moms bisa memenuhi syarat satu ini sehingga bisa verifikasi akun Instagram baik perusahaan maupun perorangan, salah satunya dengan meningkatkan engagement dan tentu saja followers.

Misalnya dengan mengunggah foto pada waktu-waktu yang tepat dan krusial, mempromosikannya ke media sosial lain, dan tentunya membuat post yang menarik dan unik.

Selain itu, Moms juga bisa memanfaatkan hashtag atau tanda pagar (tagar) di Instagram untuk mendapatkan lebih banyak engagement dan juga followers baru.

Baca Juga: Intip 5 Rekomendasi Channel Youtube Anak yang Menghibur dan Penuh Edukasi

Itu dia Moms cara verified instagram yang mungkin bisa membantu menjawab rasa penasaran Moms.

  • https://help.instagram.com/477434105621119/
  • https://influencermarketinghub.com/how-to-get-verified-on-instagram/
  • https://www.qoala.app/id/blog/inspirasi/cara-verified-instagram/
  • https://www.suara.com/tekno/2020/09/09/170133/cara-bikin-akun-instagram-verified-mudah-dilakukan

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb