Pernikahan & Seks

2 April 2019

Catat, Ini Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Melakukan Seks

Olahraga sekaligus mendapatkan kesenangan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Banyak orang berpikir bahwa berhubungan seks bisa jadi bentuk latihan fisik yang menyenangkan dan mampu membakar kalori.

Tetapi kenyataannya, jumlah kalori yang Moms bakar saat berhubungan seks bergantung pada berbagai faktor, termasuk berat badan Moms dan seberapa kuat tenaga Anda.

Ingin tahu berapa banyak kalori yang Anda bakar saat berhubungan seks? Inilah yang telah ditemukan para ilmuwan selama bertahun-tahun.

Pada 2013, para ilmuwan di University of Montreal berusaha menjawab pertanyaan ini dengan meminta 21 pasangan heteroseksual memakai alat penghitung kalori SenseWear selama bercinta.

Pasangan juga berlari di atas treadmill selama 30 menit untuk membandingkan kalori saat berhubungan seks mereka dengan olahraga yang sebenarnya.

Baca Juga: Benarkah Seks Dapat Mempercepat Persalinan?

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, menyimpulkan bahwa pria membakar 100 kalori selama sesi bercinta rata-rata, sementara wanita membakar sekitar 69 kalori.

Para peneliti memperkirakan bahwa pria membakar sekitar 4,2 kalori per menit saat berhubungan seks, sementara wanita membakar 3,1 kalori.

Secara total, jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan seks jauh lebih sedikit daripada jumlah kalori yang dibakar pria saat berolahraga, yaitu sekitar 276 kalori.

Hasil penelitian juga didasarkan pada jumlah rata-rata waktu pasangan berhubungan seks, yaitu sekitar 25 menit.

Jadi kita dapat mengasumsikan bahwa semakin lama sesi, semakin banyak kalori yang bisa dibakar.

Baca Juga:7 Aktivitas Setelah Bercinta yang Semakin Hangatkan Hubungan Suami-Istri

Ingin mencari tahu sendiri? Lipat gandakan saja jumlah menit Moms berhubungan seks dengan angka 4,2 kalori para peneliti untuk mengetahui perkiraan jumlah total kalori yang Moms bakar.

Tetapi sebelum Moms semakin bersemangat, penelitian lain yang diterbitkan pada 2013 menyimpulkan hal sebaliknya: seks tidak benar-benar membakar kalori.

Kali ini, para ilmuwan dalam penelitian di New England Journal of Medicine menemukan bahwa rata-rata hubungan seks hanya berlangsung enam menit.

Dengan angka ini, mereka menghitung bahwa pria dengan berat badan 75 kg dengan umur 30 tahun hanya membakar 21 kalori sekali berhubungan seks.

Baca Juga: Tips Sexting dengan Pasangan sebelum Berlanjut ke Ranjang

Singkatnya, jika Anda mencoba menurunkan berat badan dan Anda berharap untuk mengganti waktu olahraga dengan seks, tentu saja tidak efektif.

Selain meningkatkan mood Anda, seks juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Orang-orang yang berhubungan seks setidaknya sekali seminggu telah terbukti memiliki tingkat antibodi imunoglobulin A yang lebih tinggi.

Kehidupan seks yang sehat juga dapat mengurangi risiko kanker pada pria.

Sebuah studi di British Medical Journal menemukan bahwa pria yang berejakulasi setidaknya 21 kali per bulan lebih kecil kemungkinannya terkena kanker prostat daripada pria yang hanya ejakulasi empat hingga tujuh kali per bulan.

Nah, Moms, sayangnya, berhubungan seks tidak membakar kalori sebanyak yang Anda harapkan. Tapi tidak ada salahnya banyak berhubungan seks dengan Dads, lho, Moms.

(GSA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait