Fashion & Beauty

20 Maret 2021

Ketahui Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Kesehatan Lainnya!

Cuka apel bisa bantu membunuh bakteri penyebab jerawat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Banyak orang percaya bahwa cuka apel untuk wajah dapat bermanfaat menghilangkan jerawat. Tapi apakah hal itu benar?

Dikutip dari Healthline, cuka apel memang sedang populer di kalangan komunitas sehat karena sederet manfaatnya.

Cuka apel dipercaya bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan kadar gula darah, menurunkan berat badan, dan mengurangi risiko kanker.

Ada juga yang mengklaim bahwa ada juga manfaat cuka apel untuk wajah dan bisa membantu menghilangkan jerawat.

Cuka apel mengandung antioksidan dan antibakteri yang cukup tinggi. Ini menjadi salah satu ramuan alami perawatan wajah di rumah, salah satunya sebagai obat jerawat.

Cuka apel mengandung asam asetat, sitrat, laktat dan suksinatnya yang banyak dibuktikan studi ilmiah dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, yakni propionibacterium acnes.

Sebuah studi National Eczema Association, membuktikan kalau cuka apel atau jus apel yang mengalami proses fermentasi, telah menjadi alternatif pengobatan eksim selama beberapa dekade.

Sebagian orang menggunakan cuka apel karena pH pada kulit penderita eksim cocok dengan senyawa pada cuka apel. Apa saja manfaat cuka apel untuk wajah dan jerawat? Simak lebih lanjut berikut ini.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Apel Kecokelatan, Mudah Dilakukan!

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Cuka apel untuk wajah

Foto: Orami Photo Stock

Semua jenis cuka, termasuk cuka apel, dikenal punya kemampuan untuk membunuh bakteri dan virus. Inilah mengapa ada ragam manfaat cuka apel untuk wajah.

Beberapa studi membuktikan bahwa cuka mampu menurunkan jumlah bakteri hingga 90 persen, untuk beberapa kasus malah hingga 95 persen.

Sebuah studi menunjukan bahwa pengaplikasian asam-asam tersebut pada jerawat terbukti bisa membantu menghilangkan jerawat. Tidak heran bila banyak yang menggunakan cuka apel untuk jerawat.

Cuka apel dapat mengembalikan pH kulit dan meningkatkan perlindungan kulit. Melansir Men’s Health, memang manfaat cuka apel benar dapat memberikan manfaat untuk wajah.

Rajani Katta, seorang asisten College of Medicine mengatakan, "Asam asetat dalam cuka apel dapat bertindak memecah keratin yang menyumbat pori-pori.”

“Cuka apel juga mengandung asam alfa hidroksi yang mampu mempercepat pengelupasan kulit, memperbaiki tekstur kulit, dan menyerap minyak sehingga dapat mengeringkan sekaligus memudarkan perubahan warna kulit yang tak merata akibat bekas jerawat”, tutut Evan Rieder, MD, asisten dosen di Fakultas Dermatologi NYU Langone Health.

Cuka apel untuk wajah juga dapat menjaga keseimbangan asam basa pada kulit. Serta mencegah bakteri penyebab jerawat berkembang biak.

Muka akan terasa lebih bersih dan kulit mati dan kotoran akan terangkat secara alami setelah penggunaan cuka apel untuk wajah. Cuka apel untuk jerawat bisa menyembuhkan, membersihkan warna kulit, dan mengencangkan pori-pori.

Penting untuk menggunakan cuka apel alami, organik untuk mendapatkan manfaat maksimal dari produk yang diproses secara minimal.

Baca Juga: Jerawat di Punggung? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ragam Manfaat Cuka Apel

Manfaat cuka apel untukwajah

Foto: Orami Photo Stock

Perlu diketahui, tidak hanya ada manfaat cuka apel untuk wajah dan jerawat, lho. Telah dibuktikan di beberapa studi, manfaat cuka apel juga untuk kesehatan tubuh dan penderita diabetes.

Nah penasaran kira-kira manfaat apa saja manfaat cuka apel dari segi kesehatan? Simak berikut ini.

1. Mencegah Komplikasi

Menurut studi oleh Asian Journal of Science and Technology, cuka apel dapat menurunkan tekanan darah pada kolesterol, meredakan flu, infeksi, dan membantu menyembuhkan asam urat dan radang sendi.

Cuka apel juga dapat mencegah komplikasi dan masalah jantung.

Ada beberapa pembuktian ilmiah mengatakan cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang dalam jangka singkat. Serta mengurangi kandungan glukosa pada tubuh. Sangat bermanfaat untuk orang penderita diabetes, ya.

Baca Juga: Ini 5 Langkah yang Benar dan Tepat Dalam Memencet Jerawat

2. Menghilangkan Kutil

Kutil atau daging tumbuh pada kulit memang kadang mengganggu. Ada yang berbahaya dan ada juga yang tidak. Kutil biasanya tumbuh di sekitar wajah dan leher. Nah, cuka apel dipercaya dapat membuat kutil mengelupas dengan sendirinya.

Tidak hanya cuka apel untuk jerawat, bahan ini bisa membantu menghilangkan kutil. Cukup oleskan cuka apel pada kutil dan tunggu hingga mengering.

3. Membantu Mengatasi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi perubahan warna kulit akibat produk melanin berlebih. Biasanya ini juga dikenal dengan kulit belang. Kandungan asam asetat pada cuka apel dipercaya membantu meratakan warna kulit secara alami.

Hal ini bisa menjadi manfaat lain dari cuka apel untuk wajah.

Untuk menggunakannya, caranya cukup mudah. Moms hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan air perbandingan 1:1. Lalu oleskan pada area kulit yang belang dan diamkan selama tiga menit.

Setelah itu bilas dengan air hangat. Mudah sekali bukan?

Baca Juga: Cari Tahu Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Batu

4. Menurunkan Berat Badan

Seperti disebutkan di atas, manfaat cuka apel dapat membantu mengatur insulin dan kadar gula pada darah. Namun siapa sangka, cuka apel juga dapat membantu Moms jika sedang diet, lho!

Penelitian mengatakan cuka apel dapat menurunkan berat badan seseorang. Rasa kenyang yang berlebihan dapat dirasakan apabila mengkonsumsi cuka apel.

Telah terbukti bahwa ketika cuka dikonsumsi dengan makanan tinggi karbohidrat, hal itu dapat meningkatkan rasa kenyang dan konsumsi kalori 200-275 lebih sedikit dibandingkan tanpa cuka.

Penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi cuka setiap hari oleh orang yang mengalami obesitas mengakibatkan hilangnya lemak perut, penurunan lemak darah, dan penurunan berat badan.

Namun, penting untuk diingat bahwa ini harus dikonsumsi sebagai suplemen untuk diet yang seimbang dan tetap rutin berolahraga ya.

5. Anti Inflamasi

Telah dibuktikan oleh Medscape General Medicine, cuka apel efektif dalam pengobatan infeksi telinga. Larutan pH pada cuka apel dapat membantu proses penyembuhan.

Ini juga dibuktikan ketika terdapat kasus seseorang mengalami sengatan ubur-ubur dan langsung mengoleskan cuka apel pada jaringan luka. Cuka dapat mematikan jaringan racun nematocyst.

Ketika wajah sedang mengalami kemerahan atau infeksi bakteri, manfaat cuka apel untuk wajah juga bermanfaat untuk mematikan bakteri. Menurut ahli, sifat anti bakteri pada cuka apel berpotensi untuk meredakan kondisi ini.

Baca Juga: 8 Khasiat Es Batu untuk Kecantikan Wajah, Bisa Mengurangi Jerawat Lho!

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain manfaat cuka apel untuk wajah dan jerawat, juga dapat menyeimbangkan kulit kepala rambut, lho! Bermanfaat dalam menguatkan akar rambut, menghaluskan rambut dan menyeimbangkan kulit ke pH alami.

Cuka apel dapat memberikan keajaiban pada kulit wajah sebagai toner untuk melembapkan. Efek anti bakteri dan antimikroba alami dari cuka apel membantu menghilangkan bakteri, kotoran, sisa makeup dan sel kulit mati dari kulit.

Cuka apel menyembuhkan jerawat, membersihkan warna kulit, dan mengencangkan pori-pori.

7. Menghilangkan Bau Kaki

Sifat anti-bakteri dan anti-mikroba dari cuka apel memiliki banyak manfaat dan di antaranya bahkan sangat tidak terduga. Ya, cuka apel dapat menghilangkan bau kaki membandel, lho.

Faktanya, cuka apel bisa membantu menghilangkan bakteri penyebab bau tak sedap yang membuat kaki berbau. Cuka apel juga bisa membantu mengeringkan keringat yang berkembang biak di dalamnya.

Untuk mengatasi bau tak sedap ini, cara pakainya mudah, cukup menuangkan ½ cangkir cuka apel ke sebuah baskom. Lalu, tambahkan satu liter air hangat. Rendam kaki selama 20 menit dua kali dalam seminggu.

Baca Juga: 7 Cara Alami untuk Mengobati Nyeri Tulang, Moms Harus Coba

8. Menguatkan Tulang

Tidak hanya memberikan manfaat cuka apel untuk wajah, kandungan alkali pada cuka apel memiliki manfaat kesehatan yang luas bagi tubuh. Salah satunya adalah membantu menjaga keseimbangan kalsium dalam tulang.

Ketika pH tubuh tidak seimbang, kalsium dapat keluar dari tulang dan masuk ke aliran darah, ini dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis dan osteopenia.

Pada waktunya, kondisi ini dapat menyebabkan punggung bungkuk dan peningkatan risiko patah tulang.

Cuka apel bermanfaat untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor, yang membantu memberikan struktur dan kekuatan pada tulang.

Untuk mendapatkan manfaat cuka apel, campurkan cuka apel dengan air dan minum sebagai minuman hangat atau dingin. Moms juga bisa menggunakan sebagai bumbu makanan, saus salad, atau saus.

Namun tak jarang ada sebagian orang yang mengalami iritasi kulit setelah penggunaan cuka apel untuk wajah.

Sebuah studi menurut The Journal of Clinical and Aesthethic Dermatology, cuka apel mengandung 4-8% asam asetat yang dapat mengikis kulit dan menyebabkan luka bayar yang signifikan, terutama bila dioleskan pada kulit yang meradang.

Memang tak semua dapat merasakan manfaat dari cuka apel untuk wajah.

Maka, jika Moms atau Dads merasa khawatir terhadap kondisi kulit, bisa konsultasikan ke dokter kulit terlebih dahulu sebelum penggunaan cuka apel untuk wajah.

Baca Juga: 6 Manfaat Cuka Apel untuk Ibu Hamil

Penggunaan Cuka Apel untuk Wajah dan Tubuh

penggunaan cuka apel untuk wajah dan tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui apa saja manfaat cuka apel untuk wajah, kini saatnya mencari tahu seperti apa penggunaan cuka apel untuk wajah yang bisa dilakukan.

Mengutip Food NDTV, berikut ini beberapanya:

1. Cuka Apel untuk Wajah dan Atasi Jerawat

Jika Moms sedang berjuang untuk mengatasi jerawat yang membandel, gunakan cuka sari apel.

Karena zat antibakteri dan antijamurnya, cuka apel untuk wajah dapat membantu menjaga pori-pori kulit bebas dari bakteri, minyak dan debu.

Cara Penggunaan:

  1. Campur cuka apel mentah dengan air dalam mangkuk.
  2. Rendam bola kapas dalam larutan dan oleskan pada kulit yang berjerawat.
  3. Biarkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air hangat.
  4. Terapkan kembali beberapa kali sehari selama beberapa hari untuk melihat hasilnya.

2. Cuka Sari Apel untuk Menyembuhkan Kulit Terbakar

Manfaat cuka sari apel untuk wajah juga dikenal dapat menyembuhkan luka bakar akibat sinar matahari. Ini membantu untuk menenangkan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Cara Penggunaan:

  1. Campurkan setengah cangkir cuka sari apel dengan 4 cangkir air.
  2. Basahi kain lap dengan larutan dan oleskan pada kulit yang terbakar sinar matahari.
  3. Pijat sebentar.
  4. Ulangi ini beberapa kali setiap hari selama beberapa hari sampai kondisi Anda membaik.

3. Cuka Apel untuk Menenangkan dan Mengelupas Kulit

Cuka sari apel akan menenangkan kulit dan membuatnya lebih lembut dan kenyal. Asam alfa hidroksilnya mengangkat sel kulit mati dan membuka sel kulit baru yang sehat.

Cara Penggunaan:

  1. Tuangkan sedikit cuka apel ke dalam bak mandi berisi air hangat.
  2. Berendamlah selama 15-20 menit.
  3. Biarkan zat asam pelindung meresap ke dalam kulit.
  4. Ikuti rutinitas ini untuk menjaga tingkat pH kulit.

Nah, itu dia Moms, manfaat cuka apel untuk wajah dan tubuh, serta penggunaannya yang bisa dilakukan. Semoga berguna!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait