17 April 2019

Daftar Negara dengan Waktu Puasa Ramadan yang Terlama dan Tercepat

Ada yang sampai berpuasa selama 21 jam loh, Moms!

Di bulan Mei nanti, umat Muslim akan beramai-ramai merayakan ibadah puasa sebagai bagian dari salah satu rukun Islam. Puasa akan dilakukan mulai dari waktu subuh hingga Maghrib.

Umat Muslim di Indonesia sendiri akan berpuasa selama kurang lebih 13 jam untuk menahan lapar dan haus sebagai bagian dari ibadah.

Namun, karena perbedaan zona waktu, hal ini memengaruhi lamanya untuk berpuasa setiap tahunnya. Ada beberapa negara yang berpuasa lebih lama dari Indonesia, dan ada yang justru lebih cepat dari 13 jam.

Berikut ini negara dengan waktu puasa Ramadan terlama dari data tahun 2017, seperti dikutip dari Gulf News.

Baca Juga: Memahami Lagom, Gaya Hidup Swedia yang Seimbang dan Membahagiakan

1. Eropa

chart
Foto: chart

Foto: gulfnews.com

Puasa terpanjang di Eropa adalah di Islandia dengan hanya tiga jam waktu malam, atau 21 jam berpuasa. Disusul oleh Norwegia dan Rusia selama 19 jam berpuasa.

Sementara untuk negara Eropa dengan rentang waktu puasa terendah yaitu Spanyol, Turki, dan Albania yang berkisar sekitar 16 jam puasa.

2. Benua Amerika

chart (1)
Foto: chart (1)

Foto: gulfnews.com

Greenland menjadi negara paling utara di benua Amerika yang memiliki interval terpanjang antara Subuh dan Maghrib selama 21 jam. Disusul oleh Kanada dan Amerika Serikat dengan masing-masing berkisar 17 jam dan 16 jam waktu berpuasa.

Argentina memiliki waktu tersingkat 11 jam 32 menit, Peru di 12 jam lebih, dan Kolumbia pada kisaran 13 jam waktu berpuasa.

3. Timur Tengah

chart (2)
Foto: chart (2)

Foto: gulfnews.com

Puasa terpendek dari semua negara Arab adalah di Sana'a, Yaman selama 14 jam. Lalu terpendek kedua dan ketiga yaitu Arab Saudi dan Ras Al Khaimah, yang masing-masing berpuasa dengan kisaran 14 jam.

Waktu puasa terlama di negara Timur Tengah yaitu Iran dan Syria, masing-masing 16 jam dan 15 jam lebih 52 menit. 

4. Asia

chart (3)
Foto: chart (3)

Foto: gulfnews.com

Cina menjadi negara dengan waktu puasa terlama untuk negara Asia Tenggara, yaitu 16 jam. Selanjutnya yaitu negara Tajikistan dan Afghanistan, masing-masing 16 jam, dan 15 jam lewat 51 menit.

Sementara waktu puasa terpendek adalah di Cocos, Kepulauan Keeling, yang kurang dari 12,5 jam.

chart (4)
Foto: chart (4)

Foto: gulfnews.com

Kazakhstan memiliki jam puasa terlama di Asia sesuai perhitungan kami dengan 18 jam dan 12 menit antara Subuh dan Maghrib. Kirgizstan juga menjadi terlama kedua setelah Kazakhstan dengan 17,5 jam waktu berpuasa.

Sementara Indonesia menjadi negara Asia dengan waktu puasa tercepat di 13 jam, dan Kambodia di 14 jam.

5. Australia

chart (5)
Foto: chart (5)

Foto: gulfnews.com

Kedua negara ini memiliki waktu berpuasa yang berdekatan. Umat Muslim di Australia berpuasa selama 11 jam 35 menit. Sementara Selandia Baru berpuasa hanya beda dua menit lebih dari Australia, yaitu 11 jam 37 menit.

Baca Juga: MRT Jakarta Sudah Beroperasi, Yuk Intip MRT di 7 Negara Ini!

6. Afrika

chart (6)
Foto: chart (6)

Foto: gulfnews.com

Empat negara di Afrika memiliki waktu berpuasa yang tidak berbeda jauh, dengan kisaran 12-13 jam. Negara Afrika dengan waktu puasa terlama yaitu Nigeria, dengan 13 jam lebih, disusul oleh Ghana.

Negara Afrika dengan waktu puasa tercepat yaitu Zimbabwe, yaitu 12 jam lebih.

Itu dia Moms, daftar negara dengan waktu puasa tercepat dan terlama yang disortir berdasarkan benua dan data di tahun 2017.

(AP)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb