Di atas 5 tahun

21 April 2019

Bisa Berbahaya, Ini Dampak Kesehatan Anak Memakai Sepatu Kekecilan

Risikonya berbahaya loh, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Dengan menjamurnya e-commerce, Moms mungkin cenderung membeli perlengkapan Si Kecil dari toko-toko online.

Keunggulan berbelanja online selain memiliki banyak pilihan, Moms juga tidak perlu menghabiskan ongkos untuk pergi ke toko.

Sepatu, adalah salah satu barang yang banyak ditemukan di banyak toko online. Moms bisa memilih sendiri jenis sepatu apa yang cocok untuk dikenakan Si Kecil.

Namun, satu kekurangan berbelanja online yaitu Moms tidak bisa mencoba secara langsung sepatu yang dijual. Sehingga, akan ada kecenderungan barang tersebut terlalu kecil, atau kebesaran untuk Si Kecil.

Jika Si Kecil mengenakan sepatu yang terlalu sempit, akan ada beberapa dampak negatif yang bisa memengaruhi kesehatan kakinya.

Sebagian besar anak mulai berjalan antara usia 8 dan 18 bulan. Kebanyakan balita memiliki telapak kaki yang datar ketika pertama kali mulai berjalan, atau cenderung membuat posisi kaki masuk ke dalam saat berjalan.

Ketika balita belajar berjalan, mereka sebaiknya bertelanjang kaki atau memakai sepatu bersol selembut mungkin agar Si Kecil dapat merasakan apa yang disentuh oleh kaki mereka dan mengembangkan kekuatan ototnya.

Jika ia sudah bisa berjalan sendiri dengan percaya diri, mereka dapat mengenakan sepatu dengan sol yang lebih padat.

Sepatu anak yang dipilih sebaiknya mencakup pengukuran panjang dan lebar untuk setiap kaki.

Kaki anak-anak tumbuh sangat cepat dan ukuran sepatu mereka mungkin perlu diperbarui setiap beberapa bulan, tidak heran kalau sepatu yang mereka pakai pun cepat sempit. 

Sebelum memberikan efek negatif pada buah hati, Moms harus tahu dampak kesehatan anak memakai sepatu kesempitan!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepatu Anak Perempuan yang Nyaman

Dampak Anak Memakai Sepatu Kesempitan

sepatu1

Foto: friendshipcircle.org

Perlu diingat bahwa pemakaian sepatu yang terlalu ketat untuk anak dapat menghambat kemampuan dia untuk berjalan dan muncul permasalahan, seperti kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam.

Penelitian oleh para peneliti Swiss yang dipresentasikan dalam pertemuan American Academy of Orthopedic Surgeons (AAOS) menyatakan, kebanyakan anak-anak memakai sepatu yang terlalu kecil berisiko mengalami kelainan bentuk kaki yang serius seperti bunion.

Bunion adalah pembesaran tulang atau jaringan di sekitar sendi di pangkal ibu jari. Saat bunion tumbuh, jempol kaki bisa terjadi pembengkakan di ruas kedua dan adanya rasa sakit dengan memakai sepatu.

"Temuan paling mencolok dalam penelitian kami adalah bahwa lebih dari 90 persen sepatu/sandal luar dan dalam yang dikenakan oleh anak-anak terlalu kecil," kata Norman Espinosa, M.D, ahli bedah ortopedi di University of Zürich Balgrist di Swiss, dikutip dari momsteam.com.

Selain itu, Dr. Espinosa juga mencatat pemakaian sepatu yang terlalu kecil untuk anak meningkatkan kecenderungan mengalami kelainan bentuk kaki yang disebut hallux valgus.

Kondisi ini terjadi ketika jempol kaki mulai miring ke arah jari kaki kedua, menyebabkan benjolan atau bunion yang bengkak dan menyakitkan.

Baca Juga: Agar Si Kecil Aman, Hindari 5 Kesalahan Saat Membeli Sepatu Balita Ini!

Apa yang Perlu Diperhatikan Orang Tua Dalam Memilih Sepatu Anak?

sepatu2

Foto: attipas.co.uk

Agar tak terjadi risiko yang bisa memengaruhi bentuk kaki Si Kecil, secara khusus dokter Norman merekomendasikan kepada orang tua hal berikut ini:

- Ukur kaki Si Kecil setiap kali hendak membeli alas kaki baru (direkomendasikan alat khusus untuk mengukur kaki dan sepatu; panjang sepatu harus melebihi panjang kaki anak setidaknya 10 milimeter; ideal 12 mm)

- Pertimbangkan ukuran sepatu yang sebenarnya bukan hanya nomor pada sepatu atau kotak

- Periksa setiap bulan atau lebih untuk melihat apakah sepatu anak masih pas, terutama ketika ia berada dalam masa pertumbuhan

Ada beberapa tanda-tanda bahwa sepatu Si Kecil tidak lagi pas:

- Jari kaki yang lebih besar mulai mengenai bagian depan sepatu

- Sepatu kulit mulai menonjol di samping

- Kemerahan di sekitar kaki

- Si Kecil memberi tahu adanya rasa sakit, penting untuk menganggapnya serius

Jadi bila Moms hendak membeli sepatu anak, ada baiknya untuk membeli langsung ke toko untuk menghindari adanya risiko yang bisa merugikan Si Kecil saat ia tumbuh besar ya, Moms.

(AP/INT) 

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait