Di atas 5 tahun

29 Maret 2018

So Sweet, Ini 7 Alasan Si Kecil Mencintai Moms

So Sweet, Ini 7 Alasan Si Kecil Mencintai Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Ibu dan anak memiliki ikatan emosional yang sangat kuat, bahkan tak terpisahkan. Moms akan tahu ketika Si Kecil merasa tak nyaman, tertekan, emosional, bahkan tanpa ia harus mengatakannya.

Si Kecil pun akan mengikuti kemanapun ibunya pergi seakan tak ingin dipisahkan walau hanya sejenak. Tetapi kasih sayang ini tidak muncul begitu saja tanpa proses atau alasan yang kuat. Jalinan cinta kasih antara Moms dan Si Kecil dimulai sejak ia berada dalam kandungan.

Setelah ia lahir, cinta Moms kepadanya dan sebaliknya juga kian besar karena pengaruh hormon oksitosin, estrogen, serta dopamin. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia buah hati, bentuk cintanya kepada Moms semakin beragam, mulai dari tawa, tangis, hingga amarah. Lebih dari itu semua, si kecil setidaknya punya 7 alasan mengapa ia begitu mencintai Moms.

Baca juga: 7 Rahasia Membesarkan Anak yang Bahagia

1. Suara dan aroma tubuh

Dengan suara dan aroma tubuh Moms, bayi dapat mengenali ibunya secara instan, bahkan ketika ia belum bisa melihat dengan jelas.

Momen ketika Moms berbicara dengan lembut dapat membangkitkan ingatan Si Kecil akan suara Moms yang ia hafal sejak di dalam rahim. Ia bahkan akan memalingkan wajah dari orang lain karena memiliki suara dan aroma tubuh yang berbeda dengan Moms.

2. Makanan

Moms memberinya makan baik dari ASI atau susu formula. Makanan yang Moms berikan kepadanya memiliki arti lebih dari sekedar nutrisi.

Saat ia menangis karena lapar, sesungguhnya Si Kecil tak tahu apa yang terjadi dan Moms tiba-tiba datang membuatnya nyaman, dengan makanan yang ia butuhkan.

Setiap makanan yang Moms berikan merupakan isyarat bahwa Moms akan merawatnya sepenuh jiwa; dan secara ajaib, Si Kecil memahaminya.

Baca juga: 5 Cara Agar Anak Menjadi Penyayang

3. Wajah orangtua

Bayi yang baru lahir tak melakukan apapun selain makan. Ketika makan, matanya mencari hiburan yaitu dengan memandang wajah Moms atau Dads.

4. Ada saat ia menangis

Berada di sana saat ia menangis bukanlah termasuk tindakan memanjakan. Lebih sering Moms memeluk dan menenangkannya, akan lebih baik, karena ia merasa diberikan kasih sayang.

5. Moms berbicara kepadanya

Ketika buah hati telah cukup umur untuk memberikan respons, Moms telah mengucapkan ribuan kata kepadanya. Dari Moms, ia belajar menggunakan bahasa dalam dunianya. Bahkan bahasa non verbal pun mengajarkannya banyak hal.

Baca juga: 5 Cara Agar Anak Tidak Mudah Takut

6. Membuatnya merasa aman

Tak mudah menyediakan tempat di mana Si Kecil dapat bergerak bebas dan aman. Moms memindahkan pot yang menghalangi jalannya, menutup pintu, menyingkirkan benda yang mudah pecah supaya tak melukainya. Semua itu membuat dirinya merasa aman berada di sekitar Moms.

7. Memberinya kasih sayang

Menyajikan bubur lezat, menyuapi, memeluk, serta menemaninya saat tidur. Segala hal yang Moms lakukan untuknya setiap hari memperlihatkan bahwa kita sangat menyanyanginya. Moms mencintainya, dan ia menyadari hal itu di setiap jengkal langkahnya.

(BILNA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait