Selebriti

SELEBRITI
30 Juli 2020

Tyas Ariestya Lakukan Program Bayi Tabung Anak Ketiga, Cek Dietnya Ini!

Diet dilakukan untuk mempersiapkan tubuhnya melakukan program bayi tabung kembali
placeholder

Foto: instagram.com/tya_ariestya

placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Artis Tya Ariestya kini sedang mempersiapkan program bayi tabung untuk kehamilan ketiganya. Diketahui pada kehamilan pertama dan kedua, Duta Taekwondo Indonesia ini juga melakukan proses bayi tabung.

Kini anak-anak Tya tumbuh dengan sehat dan ceria. Momen kebersamaan Tya dan buah hatinya juga kerap diunggah di akun Instagram pribadinya.

Sebelumnya, Tya didiagnosa memiliki penyakit sindrom ovarium polikistik yakni gangguan pada indung telur sehingga berpengaruh kepada siklus haid wanita sehingga menyebabkan seseorang sulit hamil.

Penyakit ini dialami oleh 1 dari 10 wanita berusia 15 hingga 44 tahun. Karena alasan inilah Tya dan suami memilih program bayi tabung agar segera mendapatkan momongan.

Baca Juga: Berapa Biaya Program Bayi Tabung?

Diet Tya Ariestya untuk Program Bayi Tabung Anak Ketiga

Selama menjalani proses bayi tabung, Tya mengaku sangat menjaga pola makan dan berat badannya agar tetap sehat selama proses kehamilan.

Kesehatan ibu hamil saat program bayi tabung sangat penting. Selain berpengaruh terhadap kesehatan janin, kondisi tubuh yang sehat juga jadi penentu keberhasilan proses bayi tabung. Berikut ini tips diet ala Tya Ariestya.

1. Menjaga Pola Makan

diet ala tyas ariestya, persiapan bayi tabung

Foto: instagram.com/tya_ariestya

Saat hamil putra keduanya, Muhammad Kanaka Ratinggang, Tya mengaku dokter menyarankan untuk melakukan diet gula, karbo, dan berolahraga.

Selain itu, Tya juga tidak diperkenankan mengkonsumsi kacang-kacangan, teh, kopi, dan coklat. Sehari-harinya, Tya mengaku lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur agar tubuh lebih prima.

Dr. Aimee Eyvazzadeh, seorang spesialis fertilitas endokrinologi reproduksi, merekomendasikan diet mediterania untuk Moms yang ingin menjalani program bayi tabung.

Diet ini menganjurkan Moms untuk mengkonsumsi banyak buah dan sayur serta memilih lemak baik yang dihasilkan dari ikan dan hewan unggas.

2. Olahraga dengan Jalan Kaki

diet ala tyas ariestya, persiapan bayi tabung

Foto: instagram.com/tya_ariestya

Selain menjaga pola makan, Tya juga rajin berolahraga dengan berjalan kaki setiap hari selama 45 menit sebagai program hamil Tyas Ariestya untuk bayi tabung anak ketiganya.

Menurut dokter gizinya, fungsi berjalan kaki selama 45 menit ini untuk memanaskan tubuh agar sel-sel dalam tubuh bekerja optimal. Meski begitu, dokter menyarankan Tya agar tidak terlalu capek saat berolahraga.

"Aku konsultasi ke dokter gizi, jalan kaki gak boleh keringetan dan gak boleh capek karena bukan untuk membakar kalori tapi untuk memanaskan badan supaya selnya bisa bekerja lebih maksimal" ujar Tya.

Baca Juga: Keberhasilan Program Bayi Tabung Berdasarkan Usia

3. Makan 5 Kali Sehari

diet ala tyas ariestya, persiapan bayi tabung

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Caping, dokter gizi Tya menyarankan dirinya untuk makan 5 kali sehari yakni pada pukul 09.00 (sarapan), 12.00 (makan siang), 15.30 (camilan sore), 19.00 (makan malam), dan 21.00 (cemilan malam).

Tya mengaku jika ingin menjaga berat badan tetap stabil maka dirinya harus makan tepat waktu. Selain itu juga dilarang makan telat dan cheating untuk perubahan yang maksimal.

4. Minum Banyak Air Putih

diet ala tyas ariestya, persiapan bayi tabung

Foto: Orami Photo Stock

Selain itu, tips Tyas Ariestya untuk bayi tabung anak ketiganya, ia mengungkapkan dirinya rajin minum air putih sebanyak 3 liter sehari untuk memperlancar peredaran darah dan sistem pencernaan dalam tubuh.

Manfaat air putih juga disampaikan dalam jurnal yang dipublikasikan oleh Media Neliti berjudul Pengaruh asupan air putih terhadap berat badan, indeks massa tubuh, dan persen lemak tubuh pada remaja putri yang mengalami gizi lebih.

Dalam jurnal tersebut, dijelaskan bahwa konsumsi air putih yang banyak bisa menurunkan berat badan dan lemak tubuh sehingga nutrisi dan gizi makanan bisa terserap lebih bai.

Baca Juga: Ingin Ikut Program Bayi Tabung? Ini 5 Hal yang Harus Kita Pahami

5. Tidur Cukup

diet ala tyas ariestya, persiapan bayi tabung

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya menjaga pola hidup sehat, Tya juga menerapkan jam tidur minimal 6 hingga 8 jam sehari.

Tidur yang cukup juga berpengaruh pada kesehatan dan program diet yang sedang dijalankan sehingga penting untuk menjaga jam tidur agar tidak kelelahan.

Setelah menjalani program diet untuk persiapan Tyas Ariestya melakukan bayi tabung anak ketiganya, Tya mengaku kini berat badannya sudah turun sebanyak 5 kg dan haid juga lebih lancar.

Tya juga melakukan vaksinasi human papillomavirus (HPV) dan pap smear untuk menghindari penyakit selama masa program bayi tabung. Semangat Tya, semoga sehat selalu!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait