12 Februari 2024

7+ Dongeng Sebelum Tidur untuk Si Kecil, Bikin Tidur Pulas!

Bacakan tiap malam, yuk!

Dongeng sebelum tidur adalah salah satu tradisi yang menghiasi malam anak-anak di seluruh dunia.

Dongeng-dongeng ini tidak hanya mengajarkan moral dan etika, tetapi juga merangsang imajinasi dan kreativitas anak-anak.

Lalu, juga membantu mereka memahami dunia dengan cara yang menyenangkan

Melansir dari Early Childhood University, membaca cerita pengantar tidur untuk anak-anak dapat berkontribusi pada perkembangan otak mereka, seperti meningkatkan kemampuan saraf dalam berkomunikasi.

Selain itu, menurut The School Run, dongeng sebelum tidur juga dapat membantu menurunkan stres pada anak.

Berikut kumpulan dongeng sebelum tidur yang bisa Moms bacakan untuk Si Kecil!

Baca Juga: Dongeng Putri Salju untuk Dibacakan pada Si Kecil

1. Si Kancil dan Si Monyet yang Ceroboh

Dongeng Sebelum Tidur
Foto: Dongeng Sebelum Tidur (Freepik.com)

Berikut dongeng sebelum tidur yang pertama untuk Si Kecil.

Pada zaman dahulu di hutan yang lebat, hiduplah seekor kancil yang cerdik bernama Kiki dan seekor monyet ceroboh bernama Momo.

Mereka adalah sahabat baik yang selalu berpetualang bersama. Suatu hari, mereka berdua merencanakan perjalanan ke sungai untuk mencari makanan.

Sesampainya di sungai, Kiki dan Momo melihat sekumpulan buah-buahan yang menggoda di seberang sungai. Mereka sangat ingin memakannya, tetapi sungai itu sangat lebar dan deras.

Kiki yang cerdik segera mencari cara untuk menyeberangi sungai. Dia mencari sebatang bambu besar dan membawanya ke tepi sungai.

Dengan cerdik, dia menggunakan bambu itu sebagai jembatan untuk menyeberangi sungai dengan mudah.

Namun, Momo yang ceroboh ingin segera mencicipi buah-buahan itu. Tanpa berpikir panjang, dia mencoba melompati sungai.

Namun, akibatnya, Momo terjatuh ke dalam air dan hanyut oleh arus sungai yang kuat. Kiki yang bijak segera berenang menyelamatkan Momo dan menuntunnya ke tepi sungai dengan selamat.

Dari pengalaman ini, Momo belajar untuk selalu berpikir sebelum bertindak, sementara Kiki mengajarkan pentingnya kecerdikan dan merencanakan dengan baik.

2. Putri Cantik dan Bunga Ajaib

Jika Si Kecil menyukai cerita tentang tuan putri, dongeng sebelum tidur ini cocok Moms bacakan.

Di sebuah kerajaan yang jauh di dalam hutan, hiduplah seorang putri cantik bernama Aurora.

Dia sangat mencintai alam dan taman bunganya yang indah. Salah satu bunga favoritnya adalah bunga ajaib yang hanya mekar sekali setiap seratus tahun.

Suatu hari, Aurora memutuskan untuk menjaga bunga ajaib itu agar tetap mekar.

Dia merawatnya dengan penuh kasih sayang, memberinya air, cahaya matahari, dan cinta sepanjang tahun. Putri Aurora sangat bahagia karena berhasil menjaga bunga ajaib itu mekar lebih lama dari yang pernah ada.

Ketika bunga ajaib itu mekar, taman di sekitar istana Aurora bersinar dengan cahaya yang indah. Bunga itu memberikan kebahagiaan kepada semua orang di kerajaan.

Aurora belajar bahwa ketekunan dan cinta bisa membuat hal-hal ajaib terjadi.

Suatu hari, datanglah serigala jahat yang haus darah ke hutan tersebut. Ratu Serigala berusaha melindungi anak-anak domba dan menghadapi serigala jahat itu.

Namun, dia terluka parah dalam pertarungan itu. Sebelum meninggal, Ratu Serigala menunjuk Dino sebagai pemimpin baru anak-anak domba dan memberikan pesan terakhirnya:

"Perlakukan semua makhluk dengan kebaikan dan kebijaksanaan."

Dino mengambil tugasnya sebagai pemimpin dengan penuh tanggung jawab. Dia tahu bahwa ada serigala yang jahat di luar sana, tetapi dia memutuskan untuk mencari solusi yang lebih bijak daripada kekerasan.

Dia pergi menemui serigala jahat itu dan menawarkan perdamaian. Dengan kebijaksanaan dan kemurahan hatinya, Dino berhasil merubah hati serigala jahat tersebut.

Ketika berita perdamaian mencapai anak-anak domba, mereka bersatu dalam kebahagiaan dan bersama-sama dengan serigala yang dulunya jahat, mereka menjalani kehidupan yang damai di hutan tersebut.

Dino belajar bahwa kebaikan dan kebijaksanaan lebih kuat daripada kekerasan, dan dia mewarisi warisan Ratu Serigala dalam menjaga perdamaian dan kebahagiaan di hutan itu.

Dalam dongeng ini, kita belajar bahwa kebaikan, kebijaksanaan, dan perdamaian adalah nilai-nilai yang sangat berharga dalam menghadapi konflik dan membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain.

3. Katak yang Ingin Menjadi Raja

Dongeng sebelum tidur ini masih bertemakan cerita hewan.

Di hutan yang damai, hiduplah seorang katak kecil bernama Kiko. Kiko adalah katak yang penuh cita-cita. Dia bercita-cita menjadi raja di hutan itu, meskipun dia hanya seekor katak biasa.

Setiap malam, Kiko melompat ke atas selembar daun dan berpura-pura menjadi raja.

Dia memberikan komando-komando kepada katak-katak lainnya dan berbicara tentang bagaimana dia akan menjadi raja yang bijaksana. Kawan-kawan katak Kiko sering tertawa dan menganggapnya bercandaan.

Suatu hari, ketika hujan deras turun dan sungai hutan meluap, Kiko menyelamatkan banyak katak lainnya dengan cara membimbing mereka ke tempat yang lebih tinggi.

Tindakan heroik Kiko ini membuat semua katak menghormatinya. Mereka mengangkat Kiko sebagai pemimpin mereka, meskipun bukan sebagai raja.

Kiko menyadari bahwa menjadi pemimpin yang baik adalah lebih penting daripada menjadi raja, dan dia memimpin katak-katak itu dengan bijak dan penuh kebaikan.

Dalam dongeng ini, kita belajar bahwa tidak peduli seberapa besar impian kita, tindakan kita yang baik dan bijaksana yang akan membuat kita menjadi pemimpin yang sejati.

Baca Juga: 5+ Cerita Hantu Jepang Terpopuler yang Bikin Merinding

4. Petualangan Riko dan Cici

Dongeng Sebelum Tidur
Foto: Dongeng Sebelum Tidur (Freepik.com)

Di sebuah desa yang tenang, hiduplah seekor anjing setia bernama Riko dan seekor kucing penjelajah bernama Cici.

Meskipun berbeda sifat, mereka adalah sahabat yang tak terpisahkan. Suatu hari, mereka mendengar cerita tentang hutan yang penuh dengan petualangan dan harta karun yang belum pernah terlihat.

Riko yang penuh semangat ingin segera pergi ke hutan itu dan mencari harta karun.

Dia percaya bahwa petualangan itu adalah kesempatan emas untuk mencari kekayaan.

Cici, di sisi lain, lebih skeptis dan cenderung menikmati kenyamanan rumah. Namun, dia tidak ingin...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb