05 July 2022

5 Fakta Annisa Pohan Keguguran, Sempat Hamil 7 Minggu!

Sayangnya ukuran janin Annisa terlalu kecil dan tidak ada detak jantung
5 Fakta Annisa Pohan Keguguran, Sempat Hamil 7 Minggu!

Foto: instagram.com/annisayudhoyono

Kabar duka datang dari Annisa Pohan, istri dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ia memberikan kabar duka mengenai keguguran yang dialaminya saat memasuki usia kandungan 7 minggu.

Kabar ini pertama kali disampaikan melalui akun Instagram pribadi miliknya pada Minggu, 3 Juli 2022 kemarin.

"Namun Qadarullah, mungkin Allah punya rencana lain yang lebih baik. Kehamilan saya dinyatakan tidak berkembang di usia 7 minggu, ukuran babynya terlalu kecil dan tidak ada detak jantungnya, sehingga tidak dapat dipertahankan," ungkap Annisa seperti mengutip dari caption di Instagramnya.

Hal ini pastinya sangat berat untuk Annisa dan AHY sekaligus keluarga besar presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Simak fakta-fakta pilu mengenai keguguran yang dialami Annisa Pohan di sini!

Baca Juga: Kuret, Prosedur yang Umumnya Diperlukan Setelah Keguguran

Fakta Keguguran Annisa Pohan

Ini dia Moms fakta pilunya.

1. Sempat Hamil 7 Minggu

testpack annisa pohan
Foto: testpack annisa pohan

Foto testpack Annisa Pohan (Sumber: instagram.com/annisayudhoyono)

Seperti yang sudah disinggung di atas, Annisa Pohan sempat mengandung selama 7 minggu. Namun sayangnya janin dianggap tidak berkembang.

Annisa juga membagikan bahwa janin terlalu kecil dan tidak ada detak jantungnya sehingga dianggap tidak dapat dipertahankan.

Ia juga bahkan membagikan foto testpack dari hasil urin yang menunjukkan bahwa dirinya positif hamil.

Baca Juga: Almira Anak AHY-Annisa Pohan Alami Fraktur pada Kaki, Ini 4 Faktanya

2. Sempat Menghilang dari Sosial Media

Dirinya juga sempat menghilang sebentar dari sosial media dan mengaku menutup WhatsApp dan membukanya kalau penting saja.

"Sebenarnya Alhamdulillah saya kemarin positif hamil sehingga istirahat total satu bulan lebih ini dan menghindari hal-hal yang membuat stress, berharap agar kehamilannya bisa sehat dan lancar," jelas Annisa.

3. Dibersihan dengan Sistem ERPOC

fakta annisa pohan keguguran
Foto: fakta annisa pohan keguguran

Foto Annisa Pohan keguguran (Sumber: instagram.com/annisayudhoyono)

Rahim Annisa dibersihkan dengan sistem ERPOC (Retained Products of Conception), serupa dengan kuret. Prosedur ini sudah dijalankan Annisa pada 2 Juli 2022 kemarin.

Metode ini dijalankan berdasarkan saran dokter dan prosedur ini hanya memakan waktu singkat sekaligus sang ibu bisa menjalankan masa pemulihan lebih cepat.

Melansir dari National Health Service, sistem ERPOC hanya memakan waktu 5 sampai 10 menit.

Baca Juga: Berhubungan Setelah Kuret, Kapan Bisa Dilakukan?

4. Mengikuti Program Hamil Sejak Lama

Annisa Pohan dan AHY mengaku sudah bertahun-tahun ikhtiar untuk menambah keturunan dan sempat diberikan kesempatan untuk bisa positif hamil.

Kehamilan kedua ini tentu menjadi sebuah momen yang sangat membahagiakan sekaligus tidak sabar untuk menyambut sang buah hati.

Namun takdir berkata lain, dirinya harus mengalami keguguran dan tentunya hal ini sangat berat untuk diterima. Namun Annisa tetap mencoba tegar dan ikhlas.

"Namun kami ikhlas, dan meyakini bahwa ketetapan Allah SWT adalah yang terbaik," tulis Annisa Pohan. Dirinya juga mengatakan bahwa air matanya sulit untuk dibendung dan berharap waktu bisa menyembuhkan.

Baca Juga: 5 Penyebab Lama Hamil setelah Keguguran

5. Berusaha Tegar

fakta annisa keguguran
Foto: fakta annisa keguguran

Foto keluarga Annisa Pohan (Sumber: instagram.com/annisayudhoyono)

Annisa Pohan menuliskan bahwa untuk melewati momen kelam ini dirinya ditemani oleh AHY dan Almira, anak pertama Annisa Pohan.

"Suami dan anak saya Almira yang senantiasa menemani, menyemangati, dan menghibur, masyaAllah dapat memberikan saya sedikit senyum dan tawa," tulis Annisa.

Meskipun sedang di masa kelam, Annisa tetap berusaha untuk bersyukur dan mencoba merelakan hal-hal yang tidak dapat dimiliki dan percaya bahwa ada jalan lain yang lebih baik.

Dirinya juga mengungkapkan sudah berada di tahap pemulihan dan berangsur-angsur membaik setelah menjalankan prosedur ERPOC.

"Ke depan, hidup harus terus berjalan dengan baik, dan tidak ada kata putus asa," tambah Annisa.

Nah itu dia Moms 5 fakta pilu keguguran Annisa Pohan yang ia bagikan melalui akun Instagram pribadinya pada Minggu, 3 Juli 2022.

Semoga Annisa Pohan dan keluarga diberikan kekuatan lebih untuk menghadapi hari-hari ke depannya! Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya!

  • https://www.instagram.com/annisayudhoyono/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb