Rupa-rupa

RUPA-RUPA
30 Maret 2021

5 Film Komedi Romantis Indonesia, Bikin Ketawa, Nangis dan Baper Jadi Satu!

Film komedi romantis Indonesia punya kualitas yang bisa diadu dengan film Hollywood
placeholder

Foto: instagram.com/loveforsalefilm

placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Amelia Puteri

Jika Moms menyukai film komedi romantis, maka Moms tidak hanya harus menunggu film Korea. Hingga saat ini, banyak film komedi romantis Indonesia yang tidak kalah bagus dari film luar.

Selain itu, industri film Indonesia saat ini juga banyak diisi oleh sutradara atau produser film berbakat, yang berkolaborasi dengan artis-artis ternama lokal.

Dikutip dari Mashable SEA, pendapatan box office negara Asia Tenggara pada tahun 2018 mencapai US $ 355 juta atau sekitar Rp 5 T. Ini adalah bukti bahwa bakat dan minat orang-orang terhadap film yang diproduksi di Indonesia masih sangat tinggi termasuk salah satunya film komedi romantis Indonesia.

Hal ini membawa Indonesia menjadi pasar terbesar ke-15 di dunia dan keenam terbesar di Asia Pasifik. Pada tahun 2020 atau sebelum pandemi COVID-19 melanda, film-film lokal diperkirakan menyumbang 55% dari jumlah film yang dirilis atau lebih dari setengahnya.

Misalnya film komedi romantis Indonesia berjudul "Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga" yang di sutradarai Ernest Prakasa dan diproduseri Mira Lesmana. Nama Ernest Prakarsa tentu bukan nama yang asing di dunia entertainment.

Begitu pula nama Mira Lesmana dalam industri perfilman termasuk film komedi romantis Indonesia, Mira Lesmana jelas bukanlah nama baru di industri ini.

Mira Lesmana adalah pencipta lagu, sutradara dan produser film Indonesia terkenal.

Sejak lama, Mira Lesmana sukses dengan beberapa filmnya seperti "Petualangan Sherina" (Sherina's Adventure; 2000), "Ada Apa dengan Cinta?" (What's Up with Love?; 2002), "Gie" (2005), dan "Laskar Pelangi" (The Rainbow Troops; 2008).

Banyak dari karyanya telah bekerja sama dengan sutradara Riri Riza, yang juga ikut mengelola perusahaan produksinya yang dikenal dengan Miles Productions.

Begitu pula dengan para pemain film komedi romantis Indonesia yang sudah biasa hadir di layar bioskop Indonesia. Misalnya adalah Gading Marten yang kini mengikuti jejak orang tuanya yaitu Roy Marten.

Tidak puas hanya menjadi presenter, kini Gading Marten mulai dilirik produser film dan akhirnya mendapatkan banyak tawaran film termasuk film komedi romantis Indonesia.

Dia juga berhasil bermain beberapa judul sinetron yang kemudian melambungkan namanya dan mampu menyingkirkan nama besar ayahnya yang sudah pasti berpengaruh besar.

Baca Juga: 10 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Sudah Tonton Semua Belum?

Rekomendasi Film Komedi Romantis Indonesia

Jadi, berikut ini adalah 5 film komedi romantis Indonesia yang dibintangi oleh artis-artis terkenal yang tidak asing lagi dan juga layak untuk ditonton karena ceritanya yang menarik.

1. Dilan 1990

dilan 1990

Foto: imdb.com

Film komedi romantis Indonesia yang pertama adalah "Dilan 1990" yang ceritanya diangkat dari novel Dilan 1990 karya Pidi Baiq.

Disutradarai oleh Fajar Bustomi, film yang dibintangi oleh Iqbal Dhiafakhri Ramadhan sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla sebagai Milea atau kekasih Dilan ini jelas menarik banyak penggemar sesuai dengan kepopuleran buka atau novelnya.

Jika sudah membaca novelnya, tentu penonton tidak akan asing dengan dialog-dialog Dilan yang romantis dan kejadian-kejadian yang lucu di sekitar Dilan, sesuai seperti genrenya yaitu film komedi romantis Indonesia.

Film komedi romantis Indonesia yang berlatar di Kota Bandung ini menceritakan pertemuan Dilan dan Milea di sebuah SMA. Pertemuan sebagai awal mula film komedi romantis Indonesia ini yaitu pada tahun 1990, saat Milea pindah dari Jakarta ke Bandung.

Perkenalan yang tidak biasa kemudian membawa Milea mulai mengenal keunikan Dilan lebih jauh. Dilan yang pintar, baik hati, lucu, dan romantis, semua memiliki keunikan tersendiri.

Penggambaran cara Dilan mendekati Milea tidak sama dengan teman-teman lelakinya yang lain, bahkan Beni, pacar Milea di Jakarta. Tak heran, banyak remaja tergila-gila dengan film komedi romantis Indonesia yang satu ini.

Bagaimana tidak, cara berbicara Dilan yang terdengar kaku, lambat laun justru membuat Milea kerap merindukannya jika sehari saja dia tak mendengar suara itu.

Namun perjalanan hubungan mereka tak selalu mulus. Beni, gank motor, tawuran, Anhar, Kang Adi, semua mewarnai perjalanan itu.

Sementara itu, Dilan dengan caranya sendiri selalu bisa membuat Milea percaya bahwa dia bisa tiba di tujuan dengan selamat yaitu hubungan percintaan mereka.

Baca Juga: Film Dilan 1991 Raih Rekor Muri. Selain Dilan, Film Kisah Cinta Ini Juga Sukses Berat

2. Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta dan Rangga

milly & mamet

Foto: imdb.com

Film komedi romantis Indonesia yang kedua adalah "Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta dan Rangga". Rupanya, film ini melanjutkan timeline dari kisah "Ada Apa Dengan Cinta 2". Tak heran bila film komedi romantis Indonesia ini diproduseri oleh Mira Lesmana.

Selain itu, film ini juga disutradarai oleh Ernest Prakasa. Stand up comedian ini bahkan ikut bermain di film komedi romantis Indonesia tersebut. Jadi, bagaimana cerita Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta dan Rangga ini?

Film ini menceritakan pasangan suami istri yang diperankan Sissy Priscillia sebagai Milly dan Dennis Adhiswara sebagai Mamet yang sibuk mengurus bayi mereka.

Mamet yang punya passion memasak dan sempat bekerja sebagai chef, diceritakan kini bekerja di pabrik milik Papa Milly.

Sebuah pilihan yang agak terpaksa, karena kini Mamet menjadi tumpuan keluarga kecil mereka setelah Milly resign dari profesinya sebagai bankir untuk fokus membesarkan anak.

Sampai pada suatu hari, Mamet berjumpa Alexandra yang merupakan teman dekatnya waktu kuliah dulu. Dengan antusias, Alexandra bercerita bahwa ia sudah mendapatkan investor untuk membiayai ide restoran yang dulu pernah mereka khayalkan bersama.

Seperti cerita di kehidupan nyata, film komedi romantis Indonesia juga menceritakan bagaimana hubungan Mamet dan Papa Milly sebagai anak dan menantu yang terus memburuk.

Lantas, apakah Mamet akan menerima tawaran Alexandra dan mengejar mimpinya untuk memiliki restoran? Selain itu, bagaimana Milly beradaptasi dengan hidup barunya sebagai full-time mom setelah hidup dan terbiasa sebagai wanita karir?

Tentu film komedi romantis Indonesia ini layak ditonton bagi Moms dan keluarga, mengingat ceritanya yang dekat dengan kehidupan banyak orang.

Baca Juga: 5 Film Romantis Terbaik untuk Tingkatkan Kemesraan Suami Istri

3. Love For Sale

love for sale

Foto: imdb.com

Dibintangi oleh Gading Marten, film komedi romantis Indonesia yang ketiga adalah berjudul "Love for Sale". Film yang tayang tahun 2018 ini mengantarkan pemeran utamanya yaitu Gading Marten pada penghargaan Piala Citra sebagai Aktor Utama Terbaik.

Film drama pertama yang digarap oleh Andibachtiar Yusuf tersebut terbilang cukup sukses besar di industri perfilman. Gading Marten memerankan tokoh Richard yang merupakan pria setengah baya yang hidup sendirian atau tanpa pasangan.

Kesibukan menjalani bisnis turunan orangtuanya serta pengalaman gagal di masa lalu, membuatnya terobsesi dengan status dan penilaian dari orang lain.

Film komedi romantis Indonesia ini menggambarkan Richard yang nyaman menjalani hidupnya yang datar dan tanpa tantangan.

Saat itulah semua berubah, ketika Richard menemukan Della Dartyan atau Arini melalui aplikasi Love.Inc. Pertemuannya dengan Arini seketika mengguncang dunia Richard.

Film komedi romantis Indonesia Love for Sale bukan kisah cinta biasa, melainkan sebuah kisah pendewasaan diri seorang manusia urban yang unik. Sangat menarik untuk ditonton hingga selesai bukan Moms?

Baca Juga: Keren! 6 Aktor Indonesia Ini Berkarir di Serial dan Film Internasional

4. Teman Kondangan

teman kondangan

Foto: imdb.com

Film "Temen Kondangan" merupakan film komedi romantis Indonesia yang disutradarai Iip S Hanan.

Mirip seperti film komedi romantis Indonesia berjudul Love for Sale, Teman Kondangan juga bercerita mengenai seorang selebgram yang ditantang hadir di pernikahan sang mantan oleh teman-temannya.

Bermula pada ketakutan terbesar Prisia Nasution yang memerankan tokoh putri ketika menerima undangan resepsi pernikahan mantan pacar terindahnya yaitu Dheni yang diperankan Samuel Rizal.

Untuk membuktikan kalau dirinya sudah move on, Putri ditantang oleh sahabat-sahabatnya untuk hadir ke pesta tersebut, dengan syarat tidak datang sendirian.

Akhirnya Putri mencoba mengundang tiga pria yang berbeda, dengan harapan salah satu dari mereka bisa menjadi teman kondangannya kelak. Dia melakukan itu tanpa berpikir bagaimana jika ketiganya benar-benar datang.

Film komedi romantis Indonesia satu ini juga diperankan Gading Marten sebagai bosnya yang bernama Galih, Reza Nangin sebagai teman SMA Putri yang bernama Yusuf, dan Kevin Julio yang memerankan tokoh Juna seorang party goers.

Malapetaka lucu dalam film komedi romantis Indonesia ini terjadi ketika ketiga lelaki tersebut benar-benar datang bersamaan untuk menemani Putri pergi ke acara undangan. Jadi, bagaimana kelanjutan kisah tiga pria dan satu wanita galau ini?

Baca Juga: Tak Hanya Doel The Movie, 5 Film Indonesia Ini Juga Remake dari Film Jadul

5. Toko Barang Mantan

toko barang mantan

Foto: imdb.com

Film komedi romantis Indonesia terbaik yang terakhir adalah film yang dibintangi raja film dan ratu FTV Indonesia yaitu Reza Rahardian sebagai Tristan dan Marsha Timothy sebagai Laras. Film ini berjudul "Toko Barang Mantan".

Lucunya, Toko Barang Mantan karya Viva Westi ini memang menceritakan sebuah toko yang dibangun tokoh Tristan untuk membantu orang-orang melupakan atau move on dari mantan.

Toko ini membeli barang-barang pembelian dari mantan kekasih dan menjualnya kembali.

Sebagai pencetus ide, Tristan sebagai pendiri dan pemiliknya rela meninggalkan kuliah hukumnya demi bisa fokus mengembangkan toko ini bersama sahabatnya, Amel dan Rio.

Dalam film komedi romantis Indonesia yang satu ini, berbagai macam kisah sedih, lucu dan absurd tentang barang-barang tersebut menjadi makanan mereka sehari-hari.

Tristan bangga dengan toko ini meskipun akhir-akhir terlihat sepi dan mulai bermasalah secara finansial. Tiba-tiba, kehadiran Laras, mantan Tristan saat kuliah dulu, membuat dunianya jungkir balik.

Terutama saat Laras mengabarkan dia ingin menjual cincin tunangannya di toko ini.

Merasa memiliki kesempatan kedua, Tristan pun bertekad merebut kembali hati Laras dengan bantuan Amel dan Rio, dan salah satu caranya adalah menyukseskan Toko Barang Mantan ini dengan segala cara. Sungguh romantis dan buat penasaran bukan Moms?

Itulah 5 film komedi romantis Indonesia yang dibintangi para aktor dan aktris terkenal lokal. Tentunya, cerita film komedi romantis Indonesia ini tidak kalah menariknya dengan drama atau film komedi romantis Korea ya Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait