Scroll untuk melanjutkan membaca

SHOWBIZ
03 Juni 2022

Sederet Rekomendasi Film Tentara Indonesia, Bikin Tambah Cinta Indonesia!

Rekomendasi film tentara Indonesia inibukan hanya heroic, tapi juga dapat menyentuh hati
Sederet Rekomendasi Film Tentara Indonesia, Bikin Tambah Cinta Indonesia!

Foto: imdb.com

Memiliki jalan cerita yang menarik, film tentara Indonesia ini layak masuk dalam daftar tontonan Moms dan Dads. Pernah tayang di layar bioskop, beberapa di antaranya kini bisa dilihat secara streaming.

Saat ini sudah banyak film bertema itu yang memiliki jalan cerita yang menarik. Selain itu, akting para pemeran pun mampu menghidupkan jalannya cerita.

Baca Juga: 8 Deretan Film Viking Penuh Aksi yang Wajib Ditonton

Rekomendasi Film Tentara Indonesia

Film Tentara Indonesia -1

Foto: Film Tentara Indonesia -1

Foto: Imdb.com

Tidak hanya menunjukkan bagaimana para tentara latihan melindungi negeri, tapi di beberapa scene terselip pesan haru tentang keluarga, cinta, dan persahabatan.

Berikut ini adalah beberapa film tentara Indonesai yang akan menghangatkan hari.

1. Toba Dreams (2015)

Film tentara Indonesia yang pertama ini menghadirkan aktor Vino. G. Bastian dan Matias Muchus sebagai peran utama dalam cerita.

Sersan Mayor Tebe adalah prajurit TNI yang mendidik anak-anaknya dengan gaya militer. Ini dilakukan agar anak-anknya bisa menghadapi dunia luar yang keras.

Namun anaknya, Ronggur menyukainya dan malah masuk ke dunia mafia. Mengangkat cerita humanis dari kehidupan tentara, film ini memiliki jalan cerita yang ringan dan menghangatkan hati.

2. I Leave My Heart in Lebanon (2016)

Cerita dalam film ini menambahkan unsur percintaan sebagai daya tariknya. Meski begitu, dalam film tantara Indonesia ini digambarkan bagaimana hubungan militer Indonesia dengan negara lain.

Berkisah tentang seorang anggota TNI yang ditempatkan di Lebanon untuk menghadapi konflik Israel dan Lebanon. Selain menjalankan misi, dirinya jatuh hati kepada seorang guru di Lebanon.

Dikutip dari studi ISI Surakarta, dijelaskan bahwa adanya konflik adalah bentuk representasi dari nilai keprajuritan yang dihadirkan dalam adegan film I Leave My Heart In Lebanon.

3. Jelita Sejuba: Mencintai Ksatria Negara (2018)

Sisi lain yang diangkat dari film tentara Indonesia ini menunjukkan bahwa di balik perjuangan seorang tentara dalam membela negara, ada cinta seorang istri yang setia menanti kabar di rumah.

Ternyata itu bukanlah hal mudah. Namun dirinya harus menerima bahwa menjadi seorang istri TNI harus siap jika suatu hari suaminya gagal saat menempuh tugas saat berperang.

Film ini menghadirkan realita cinta dan keluarga seorang istri tentara yang mengalami pasang surut karena harus meneguhkan cinta seorang diri yang diperankan secara apik oleh Putri Marino.

Baca Juga: 6 Film Jim Carrey Terbaik Sepanjang Masa, Penuh Aksi yang Dibalut Komedi

4. Badai di Ujung Negeri (2011)

Film Tentara Indonesia -2

Foto: Film Tentara Indonesia -2

Foto: Imdb.com

Film tentara Indonesia ini dibintangi oleh Arifin Putra dan Astrid Tiar sebagai Badai dan Anisa. Badai ditugaskan di pos perbatasan Indonesia di Pulau Bintan.

Adanya mayat misterius mempertemukan Badai dengan Joko, sahabat lamanya yang ditugaskan di kapal KRI.

Karena ada kesalahpahaman, membuat kerjasama keduanya merenggang saat mengatasi kasus tersebut.

Ceritanya juga dibumbui dengan bumbu percintaan dari Anisa yang meminta kepastian hubungannya dengan Badai.

5. Merah Putih Memanggil (2017)

Mengangkat ketegangan saat pembajakan kapal dan penyelamatan, film ini mengajak penonton untuk melihat usaha tentara dalam penyelamatan kapal pesiar oleh teroris internasional.

Waktu yang diberikan sangat terbatas yakni hanya 2x24 jam. Untuk itu, TNI membuat operasi gabungan yang melibatkan semua satuan.

TNI AD melakukan operasi tertutup. TNI AU akan membantu dengan pesawat tempur dalam keadaan siap siaga serta kapal-kapal perang TNI AL di pantai.

6. Doea Tanda Cinta (2015)

Biasanya, cerita tentang transformasi seseorang mampu menarik perhatian penonton. Ini juga terjadi dalam cerita film tentara Indoneia ini.

Dikisahkan bahwa ada pemuda yang hidup semaunya, berandal, dan pemalas yang berubah menjadi perwira yang berprestasi dan membanggakan.

Perjalananan mereka untuk membuktikan diri sebagai tentara yang mengharumkan nama bangsa cukup berliku.

Bukan Cuma bersaing secara akademis, keduanya juga jatuh cinta pada perempuan yang sama.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Serial dan Film Hacker Korea, Penuh Aksi Kejahatan yang Seru untuk Ditonton!

Rekomendasi Film Tentara Indonesia di Netflix

Film Tentara Indonesia -3

Foto: Film Tentara Indonesia -3

Foto: Wikipedia.org

Berbagai film tentang kecintaan terhadap negeri dan heroiknya para tentara menjaga keamanan bangsa saat ini bisa ditonton di layanan streaming seperti Netflix.

Berikut rekomendasi film tentara Indonesia yang dapat ditonton bersama keluarga:

1. Jenderal Soedirman (2015)

Jenderal Soedirman merupakan judul film tentara Indonesia yang menonjol berkat sosoknya yang kharismatik. Meski sedang mengalami gangguan paru-paru, dirinya tidak pantang menyerah.

Diperankan oleh Adipati Dolken, Jenderal Soedirman masih memimpin perlawanan gerilya dan bawah tanah meski harus ditandu.

Menceritakan salah satu pahlawan Indonesia, film ini berfokus pada bagaimana cara Jenderal Soedirman memimpin pasukannya dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

2. Merah Putih (2009)

Film ini merupakan seri pertama dari Trilogi Merdeka berdasarkan sejarah Indonesia pada 1947.

Saat itu terjadi Agresi Militer Belanda I yang menyerang pemerintahan Indonesia di Jawa Tengah.

Diperankan Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Teuku Rifnu, Zumi Zola dan Darius Sinathrya, mereka sama-sama berjuang untuk Indonesia.

Ini adalah trilogi film perjuangan pertama di Indonesia yang disutradarai oleh Yadi Sugandi dan dirilis dengan semboyan ‘Untuk merdeka mereka bersatu’.

Persahabatan mereka terjalin saat sama-sama menjadi kadet dan mengikuti latihan militer di sebuah barak. Saat mengikuti perang, mereka banyak kehilangan kawannya.

3. Darah Garuda (2010)

Trilogi Merdeka berikutnya adalah film Darah Garuda atau Merah Putih II, yang merupakan kelanjutan dari seri sebelumnya.

Pemeran dalam film ini adalah Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Ario Bayu dan Teuku Rifnu.

Setelah selamat dari pembantaian Belanda, mereka kemudian mendapat tugas rahasia di belakang garis musuh dalam perjuangan di wilayah Jawa Barat.

4. Hati Merdeka (2011)

Seri terakhir dalam Trilogi Merdeka adalah Hati Merdeka yang menceritakan kelanjutan misi para kadet.

Namun, Lukman Sardi dikisahkan mundur, sehingga kelompoknya tidak punya pemimpin.

Para kadet diceritakan melanjutkan misi ke Bali untuk membunuh Koloner Raymer, yang telah membunuh Keluarga Tomas diperankan Donny Alamsyah.

Banyaknya adegan aksi yang dibumbui drama membuat para penontonnya betah berlama-lama sambil menyaksikan akhir dari trilogy yang menegangkan ini.

Itulah deretan rekomendasi film tentara Indonesia yang akan meningkatkan rasa cinta tanah air. Merdeka!

  • https://voi.id/lifestyle/91452/hut-ke-76-tni-ini-5-film-indonesia-bertema-militer-bikin-bangga-dan-terharu
  • https://bacaterus.com/film-tentara-indonesia/
  • http://repository.isi-ska.ac.id/4550/1/SKRIPSI%20Dyah%20Fitri%20Ayuningtyas.pdf
  • https://wolipop.detik.com/entertainment-news/d-5126584/di-netflix-5-film-bertema-kemerdekaan-indonesia-ini-bisa-ditonton