18 March 2022

9+ Tips Jitu Mewujudkan Financial Freedom, Yuk Coba!

Cari tahu juga apa itu financial freedom dan bagaimana memulainya
9+ Tips Jitu Mewujudkan Financial Freedom, Yuk Coba!

Setiap orang termasuk Moms dan Dads pasti memiliki impian untuk financial freedom? Namun, apa itu Financial Freedom?

Apa Itu Financial Freedom?

Ilustrasi financial freedom
Foto: Ilustrasi financial freedom

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir Moneyfit.org, financial Freedom artinya memiliki cukup tabungan, investasi finansial, dan uang tunai untuk membeli jenis kebutuhan hidup yang kita inginkan untuk diri sendiri dan keluarga.

Definisi financial freedom juga adalah tentang arus kas yang dapat diandalkan yang memungkinkan menjalani kehidupan yang Moms dan Dads inginkan.

Moms dan Dads tidak khawatir tentang bagaimana akan membayar tagihan atau pengeluaran mendadak. Dan kalian tidak dibebani dengan setumpuk utang.

Tips dan Trik Mewujudkan Financial Freedom

keuangan
Foto: keuangan

Foto: Orami Photo Stock

Moms dan Dads bisa memilih tingkat kebebasan finansial yang ideal tergantung pada situasi dan gaya hidup. Berikut ini tips dan trik mewujudkan financial freedom:

1. Pahami Posisi Keuangan

Moms dan Dads, penanda pertama di jalan menuju financial freedom adalah dengan mengetahui di mana kalian saat ini utamanya posisi cara mengatur keuangan.

Posisi ini juga menjelaskan tentang berapa banyak utang yang dimiliki, akumulasi tabungan, pengeluaran bulanan, penghasilan dan lainnya.

Dengan kata lain, posisi keuangan yang Moms dan Dads ketahui ini harus cukup akurat mulai dari pendapatan, pengeluaran, asset, dan kewajiban.

Setelah mengetahui angka-angka maka bisa bergerak pada tips selanjutnya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Keluarga

2. Catat Tujuan

Mengapa Moms serta Dads butuh uang? Mencoba memulai bisnis? Bepergian? Merencanakan pernikahan anak? Atau untuk pension?

Jadi, uang hanyalah sarana untuk mencapai tujuan keuangan. Jadi, sampai Moms atau Dads menuliskan tujuan kalian, maka uang akan menjadi tanpa tujuan dan tidak tahu akan bagaimana dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Jadi, ambil selembar kertas dan tuliskan 5 tujuan teratas yang ingin dicapai selama 1, 5, 10, dan 20 tahun ke depan.

3. Lacak Pengeluaran

Langkah penting berikutnya menuju kebebasan finansial adalah melacak pengeluaran. Kalian dapat melakukan ini dengan banyak cara seperti menggunakan buku catatan atau mungkin menggunakan spreadsheet excel.

Pelacakan pengeluaran ini juga menjadi tips dan trik mewujudkan financial freedom yang penting karena membuat semua lebih akuntabel.

Dengan melakukan ini, Moms dan Dads bisa mengungkapkan banyak pengeluaran yang tidak perlu kalian lakukan hanya karena pembelian impulsive.

Jika ada, pembelian impulsif adalah tentang kehilangan kendali dan akan menjadi penghalang di jalan menuju kebebasan finansial.

Oleh karena itu, penting untuk tetap memegang kendali dengan melacak pengeluaran dengan baik.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membicarakan Keuangan dengan Pasangan?

4. Bayar Diri Terlebih Dahulu

“Bayar Diri Terlebih Dahulu” berarti memasukkan sejumlah uang tertentu ke dalam rekening tabungan atau investasi sebelum membayar hal lain seperti tagihan, pengeluaran diskresioner, sewa, dan lainnya.

Tindakan membayar diri sendiri terlebih dahulu ini telah membantu banyak orang mendekati kebebasan finansial.

5. Belanja Cerdas

Kebebasan finansial lebih tentang pembelanjaan cerdas yang dapat dilakukan dengan banyak cara kreatif. Beberapa teknik umum termasuk belajar membuat makanan lezat di rumah sehingga mengurangi biaya makan di luar.

Menyiapkan auto-debit sehingga Moms dan Dads tidak membayar biaya keterlambatan pada kartu kredit kalian.

Penundaan barang-barang yang tidak penting hanya dalam beberapa hari saja dapat mengurangi pembelian impulsif, yang kemudian membawa lebih dekat ke kebebasan finansial.

Baca Juga: 8 Tips Membeli Rumah dengan Sistem KPR, Jangan Asal Ambil Kredit!

6. Lunasi Utang

Membayar utang yang besar mendukung kebebasan finansial dengan lebih dari satu cara. Lagi pula, Moms dan Dads memiliki lebih banyak arus kas masa depan untuk dikerjakan.

Dan yang paling penting, menutup pinjaman mengangkat beban besar dari beban keuangan.

Ada dua metode utama untuk melunasi utang. Yang pertama adalah metode bola salju di mana melunasi utang terkecil terlebih dahulu.

Jadi pada dasarnya dapatkan satu tanda centang di daftar periksa dan kemudian beralih ke utang yang lebih besar.

Dan metode pelunasan utang yang kedua adalah pendekatan avalanche di mana terlebih dahulu melunasi utang dengan tingkat bunga tertinggi kemudian pindah ke yang lebih rendah.

Kedua metode ini bekerja secara efisien dan jika memiliki setumpuk utang, Moms dan Dads perlu memutuskan apa yang terbaik untuk kalian.

Tetapi tidak ada yang menyembunyikan fakta bahwa menghilangkan utang adalah salah satu faktor paling penting untuk mencapai kebebasan finansial.

Baca Juga: Persiapan Keuangan Sebelum Menikah

7. Selalu Pertahankan Karir yang Maju

Meningkatkan penghasilan sambil menjaga tingkat pengeluaran tetap atau terkendali adalah salah satu cara tercepat untuk mencapai kebebasan finansial. Hal ini menuntut Moms dan Dads untuk terus berupaya memajukan karir atau bisnis.

8. Ciptakan Sumber Penghasilan Tambahan

Bagi sebagian besar orang yang serius tentang financial freedom, pekerjaan dengan waktu jam 9 sampai 5 mungkin tidak cukup.

Dengan kata lain, Moms dan Dads mungkin perlu melihat lebih dari sekadar pekerjaan untuk membangun pendapatan.

Bahkan, beberapa pakar keuangan mendorong orang untuk menemukan sebanyak lima aliran pendapatan. Jadi, jika memiliki pekerjaan 9 hingga 5, maka sekarang harus mengidentifikasi empat lagi.

Baca Juga: Ini 6 Tips Mengelola Keuangan Agar Jauh dari Utang

9. Kenali Jenis Pendapatan Tambahan

Penghasilan tambahan bisa datang dalam 2 cara. Pendekatan pertama adalah pendapatan aktif yaitu menukar waktu dengan uang.

Dan pendekatan lain untuk membangun penghasilan tambahan adalah melakukannya secara pasif, di mana Moms atau Dads melakukan pekerjaan itu sekali dan uang terus datang secara otomatis.

Jika mengambil pendekatan pertama yaitu menukar waktu dengan uang, maka akan dibatasi oleh jam dalam sehari, yang tidak dapat melebihi 24 jam dalam keadaan apa pun.

Namun, pendapatan aktif sangat cepat diterapkan. Dan itu dapat membantu memulai dalam waktu singkat dengan pekerjaan sampingan seperti menjadi penulis lepas, mengemudikan Uber, mendesain logo dan lainnya.

Di bagian depan pendapatan pasif, kegiatan khas yang menghasilkan uang untuk akan mencakup menjual konten digital seperti e-book dan kursus, berinvestasi di saham dan lainnya.

Jadi, lihat apa yang paling cocok untuk dan ambil sebagai langkah-langkah kecil untuk memulai penghasilan kedua.

10. Investasikan

Langkah terakhir sebelum mengenal lebih dekat apa itu finanial freedom dan paling berwawasan masa depan untuk mencapai financial freedom adalah berinvestasi.

Langkah pertama adalah untuk berinvestasi sebanyak yang bisa dan sedini mungkin, sehingga memungkinkan kekuatan peracikan untuk membantu Moms dan Dads.

Selanjutnya, tingkatkan investasi setiap tahun dengan persentase lebih tinggi dari peningkatan pendapatan.

Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah mencapai alokasi aset 50-60% dalam ekuitas secepat mungkin.

Sebagai aturan praktis, pertahankan alokasi 60-40 antara aset ekuitas dan non-ekuitas. Tetapi jangan ragu untuk mengubah rasio itu tergantung pada toleransi risiko.

Dengan mengetahui tips dan trik mewujudkan financial freedom, Moms dan Dads akan membuat masa depan berbeda.

Selain itu mengadopsi keuangan yang cerdas juga akan membantu menghemat uang, melunasi utang dan mengelola uang dengna baik.

Jika Moms dan Dads sedang berjuang secara finansial dan memiliki impian untuk menjadi aman secara finansial, yakinlah bahwa mimpi seperti itu mungkin terjadi.

Beri diri waktu, kesabaran, dan disiplin untuk memasukkan beberapa tips kebebasan finansial yang telah kami uraikan di atas, dan Moms dan Dads akan dapat mencapai apa itu financial freedom.

  • https://money.usnews.com/money/personal-finance/slideshows/steps-to-achieve-financial-freedom
  • https://www.business-standard.com/article/pf/10-tips-for-financial-freedom-114042800185_1.html
  • https://nomoredebts.org/blog/manage-money-better/achieve-financial-freedom-personal-finance-tips
  • https://www.etmoney.com/blog/9-steps-to-achieve-financial-freedom/
  • https://www.heritage.org/index/financial-freedom
  • https://www.canberra.edu.au/alumni/home/canvas-articles/posts/5-steps-to-financial-freedom
  • https://www.oberlo.com/blog/financial-freedom
  • https://moneyfit.org/blog/financial-freedom-means
  • https://www.investopedia.com/articles/personal-finance/112015/these-10-habits-will-help-you-reach-financial-freedom.asp

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb