Bayi

2 Juni 2020

Finger Paint Aman untuk Bayi, Yuk Bikin Sendiri!

Ternyata fingerpaint bisa kita buat sendiri, wah hemat!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Indah
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bermain bagi anak-anak merupakan proses belajar dan mengenal hal-hal baru, terutama sensory play atau bermain sensori. Salah satu ide permainan sensory yang bisa diterapkan di rumah adalah bermain fingerpaint atau mengecat dengan menggunakan jari-jari tangan.

Dikutip dari Kids Health, bermain dengan finger paint juga bisa jadi alternatif permainan anak dalam ruangan. Apalagi saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Memang akan terlihat sangat berantakan, namun dengan menyiapkan tempat yang aman serta menggunakan cat yang aman dan mudah dibersihkan seharusnya tidak menjadi halangan untuk orang tua menerapkan permainan ini di rumah.

Kebanyakan finger paint aman untuk anak-anak yang dijual pasaran memiliki label non-toxic. Namun, cat jenis ini harganya cukup mahal. Untuk menghemat pengeluaran serta aman jika masuk ke dalam mulut anak, kita bisa membuatnya sendiri hanya dengan 3 bahan!

Baca Juga: Ini Dia 3 Resep Cat Ramah Anak Untuk Balita yang Suka Finger Painting

Membuat Sendiri Finger Paint Aman untuk Bayi di Rumah

3 resep cat ramah anak untuk balita yang suka finger painting 3

Foto: Orami Photo Stock

Membuat finger paint aman untuk bayi ternyata tidak sulit lho Moms. Moms hanya butuh tiga bahan, yakni tepung terigu, air dan pewarna makanan. Ya, hanya tiga bahan ini saja!

Cara membuatnya cukup mudah dan hanya memerlukan ilmu kira-kira saja, yakni campurkan tepung terigu, air dan pewarna makanan. Konsentrasi cairan harus cukup kental agar anak bisa sekalian belajar mengenal tekstur.

Untuk mendapatkan berbagai warna yang menarik, Moms tidak perlu memiliki banyak pewarna makanan. Moms hanya memerlukan 3 warna primer saja, yakni merah, kuning dan biru, kemudian Moms bisa sekalian bereksperimen dengan Si Kecil untuk mencampurkan aneka warna, lho.

Menarik dan sangat mudah bukan?

Bermain dengan Finger Paint

3 resep cat ramah anak untuk balita yang suka finger painting 1

Foto: Orami Photo Stock

Jika finger paint aman untuk bayi buatan sendiri sudah siap, sekarang saatnya untuk bermain!

  1. Agar baju favorit anak tidak terkena noda yang mungkin akan sukar dibersihkan, Mom bisa melepaskan baju si anak saat bermain finger paint ini, atau bisa juga menggunakan apron khusus anak. Tapi Moms tidak perlu kuatir, finger paint dengan tiga bahan ini cukup mudah untuk dibersihkan walaupun terkena pakaian. Untuk berjaga-jaga dan tidak capek mencucinya, memang sebaiknya biarkan anak bermain tanpa memakai baju.
  2. Kemudian siapkan kertas apa saja, bisa kertas koran, kertas bekas atau media apapun yang mom inginkan dicat oleh anak.
  3. Siapkan piring atau wadah yang cukup besar untuk meletakkan fingerpaint buatan sendiri, setidaknya sebesar telapak tangan anak.
  4. Celupkan telapak tangan anak ke fingerpaint, kemudian tempelkan ke media yang sudah disiapkan.
  5. Biasanya setelah sekali dicontohkan, selanjutnya anak akan bereksplorasi sendiri dengan finger paint.

Baca Juga: 4 Permainan Sensori untuk Stimulasi Indera Penglihatan Bayi 0-12 Bulan, Yuk Coba!

Manfaat Bermain Finger Paint

3 resep cat ramah anak untuk balita yang suka finger painting 2

Foto: Orami Photo Stock

Bermain finger paint bisa melatih indera perabanya melalui tekstur finger paint yang lembek. Sebagian anak ada yang merasa jijik dan tidak nyaman, tapi ada sebagian anak yang sangat menikmatinya. Tidak perlu memaksa anak, tapi Moms bisa mencontohkan ke anak bahwa bermain finger paint ini menyenangkan.

Selain itu, bermain finger paint bisa sekaligus mengajarkan anak tentang berbagai warna. Mengenalkan anak warna-warna primer, kemudian mengenalkan anak keajaiban mencampurkan warna menjadi warna baru.

Yang terakhir, bermain finger paint juga bisa melatih kreativitasnya, lho. Mungkin ketika kita melihat prakarya anak akan merasa bahwa prakarya anak tidak ada artinya dan berantakan.

Tapi, coba tanyakan ke anak mengenai hasil karyanya. Tanyakan apa yang ia lukis, terkadang kita bisa mendapatkan jawaban yang diluar nalar kita, lho!

Baca Juga: 6 Manfaat Permainan Sensori untuk Bayi, Yuk Coba!

Nah, seru dan mudah sekali kan membuat finger paint aman untuk bayi? Tunggu apa lagi, yuk buat sekarang!

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait