Rupa-rupa

11 November 2021

Mengenal Berbagai Jenis Hewan Endemik Khas Indonesia

Hewan endemik ini juga terancam punah karena seringkali diburu oleh manusia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms tahu apa saja yang termasuk hewan endemik khas Indonesia?

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman hayati. Salah satu ciri keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia adalah beragamnya fauna.

Bahkan ada beberapa hewan endemik khas Indonesia yang cukup ikonik dan membuatnya menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Menurut Worldstrides, hewan endemik adalah hewan yang memiliki keunikan dan ciri khas karena penyesuaian diri dengan habitatnya.

Satwa endemik juga kerap diartikan sebagai hewan asli di daerah tertentu. Hewan endemik khas Indonesia ini ternyata jenisna tidak hanya satu, tapi ada beberapa.

Jika Moms penasaran apa saja hewan endemik khas Indonesia, berikut ini adalah beberapa jenisnya!

Baca Juga: Ciri Hewan yang Perlu Diketahui Anak, Ajarkan Yuk Moms

Mengenal Hewan Endemik Khas Indonesia

Ada beberapa hewan endemik khas Indonesia yang tidak akan ditemukan di tempat lain. Apa sajakah satwa endemik tersebut? Berikut jenisnya!

1. Komodo

hewan endemik khas indonesia - komodo

Foto: republika.co.id

Jenis hewan endemik khas Indonesia yang pasti sudah banyak diketahui adalah Komodo. Hewan ini juga kerap disebut sebagai Komodo

Dragon atau biawak Komodo, yang merupakan spesies biawak besar yang hanya terdapat di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur dan pulau-pulau di sekitarnya.

Hewan endemik khas Indonesia ini juga tercatat sebagai kadal terbesar yang ada di dunia dengan panjang rata-rata 2 hingga 3 meter dan beratnya bisa mencapai 100 kilogram.

Komodo adalah hewan pemangsa di puncak rantai makanan di habitatnya. Satwa ini juga dikenal memiliki liur yang mengandung bakteri mematikan.

Komodo juga tercatat sebagai hewan berdarah dingin dan mereka gemar berteduh di bawah pohon atau goa di sekitar Pulau Komodo.

2. Jalak Bali

hewan endemik khas indonesia - jalak bali

Foto: greeners.co

Hewan endemik khas Indonesia selanjutnya adalah Jalak Bali. Sesuai dengan namanya, Jalak Bali ini hanya ditemukan di pulau Bali, tepatnya pada bagian barat pulau Bali.

Burung endemik ini memiliki ciri fisik yang khas yakni bulu putih dengan sedikit corak hitam pada ujung ekor dan sayap serta warna kebiruan di sekitar matanya.

Jalak Bali pun tercatat sebagai salah satu satwa yang dilindungi dan jika seseorang memperjual-belikannya, maka ia bisa dituntut hukuman.

Meski sudah dilindungi, tetapi jumlah Jalak Bali di alam liar masih sangatlah langka dan terancam. Jika Moms ingin melihatnya di habitatnya langsung, Moms bisa mengunjungi Taman Nasional Bali Barat.

Baca Juga: 7 Jenis Hewan Purba yang Pernah Ada, Yuk Kenalkan pada Si Kecil!

3. Elang Flores

hewan endemik khas indonesia - elang flores

Foto: seruji.co.id

Jenis hewan endemik selanjutnya masih merupakan jenis burung yakni Elang Flores. Ini adalah burung pemangsa endemik yang hanya ditemukan di pulau Flores dan sekitarnya.

Burung ini termasuk dalam Keluarga Accipitridae dan Genus Nisaetus. Ia tergolong sebagai burung yang berukuran besar dengan panjang tubuh sekitar 60 cm sampai 79 cm.

Karakteristik dari burung ini adalah berkepala putih dengan garis-garis coklat kehitaman, dan tidak ada perbedaan yang signifikan antara jantan atau betina dan dewasa atau muda.

Selain itu, hewan endemik khas Indonesia ini juga dikenal dengan bulunya yang sangat halus, sehingga membuatnya menjadi intaian para pemburu liar.

Itulah sebabnya burung pemangsa spesies burung predator ini terancam punah dan populasinya saat ini diperkirakan tidak melebihi 250 ekor sehingga masuk ke dalam daftar merah IUCN (International Union for Conservation of Nature).

Sebenarnya persebaran populasi hewan endemik ini tidak hanya ada di Flores, tetapi juga bisa ditemukan di Pulau Lombok, Sumbawa, Pulau Satonda, Rinca dan Flores.

Jika Moms ingin berkesempatan bertemu dengan hewan ikonik asal Indonesia ini, Taman Nasional Gunung Rinjani bisa jadi destinasi yang bisa Moms kunjungi.

Baca Juga: Simak 14 Kumpulan Hewan Lucu yang Tersebar di Dunia, Ada yang Hampir Punah!

4. Badak Bercula Satu

hewan endemik khas indonesia - badak bercula satu

Foto: miro.medium.com

Badak bercula satu atau dikenal juga dengan nama Badak Jawa juga merupakan hewan endemik khas Indonesia. Ia bahkan telah menjadi ikon dari Taman Nasional Ujung Kulon yang menjadi habitat dari hewan yang kini populasinya semakin terancam.

Hewan khas Indonesia ini dahulu kala persebarannya tak hanya ada di pulau Jawa saja, tetapi juga bisa ditemukan di seluruh Nusantara dan beberapa daratan di negara Asia Tenggara lainnya.

Sayangnya kini di alam liar, badak bercula satu ini hanya bisa ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon dan juga Taman Nasional Cat Tien, Vietnam.

5. Burung Maleo

hewan endemik khas indonesia - burung maleo

Foto: gemasulawesi.com

Hewan khas Indonesia selanjutnya adalah Maleo yang berhabitat berada di hutan-hutan dataran rendah serta perbukitan di pulau Sulawesi.

Hewan endemik Indonesia ini adalah Megapode besar merupakan satwa yang dilindungi di Indonesia.

Burung ini memiliki bulu berwarna hitam dengan bagian bawah berwarna merah muda keputihan. Kulit sekitar mata berwarna kuning dengan paruh berwarna jingga keabuan dan tingginya kurang lebih 55 cm.

Burung ini juga termasuk ke dalam hewan langka, sebab hanya bertelur satu butir per musim. Maka dari itu, jika tidak dijaga, burung Maleo bisa menjadi satwa yang punah nantinya.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Saat Bepergian Jauh bersama Hewan Peliharaan

6. Burung Cendrawasih Botak

hewan endemik khas indonesia - cendrawasih botak

Foto: materiipa.com

Burung yang menjadi hewan endemik khas Indonesia selanjutnya adalah burung Cendrawasih Botak atau yang dikenal luas sebagai Birds of Paradise. Burung ini adalah spesies cendrawasih yang cukup unik.

Pasalnya, cendrawasih botak jantan memiliki kepala dengan warna biru cerah dan ia tanpa bulu.

Pada bagian ekor cendrawasih ini tidaklah begitu panjang, tetapi yang membuat menarik adalah bentuknya yang melengkung menjadi dua buah lingkaran.

Jika Moms ingin melihat hewan ini, ia hanya dapat ditemukan di hutan dataran rendah pada pulau Waigeo dan Batanta di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Burung dengan bulunya yang cantik ini dahulu sempat dijadikan komoditas perdagangan pada akhir abad 19 dan awal abad 20 karena bulunya menjadi tren untuk menghias topi wanita Eropa.

Itu dia Moms, ragam hewan endemik khas Indonesia yang patut diketahui.

  • https://worldstrides.com/blog/2019/09/endemic-animals-around-the-world/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait