2-3 tahun

2-3 TAHUN
22 April 2019

Ingin Balita Tidur Berkualitas? Begini Cara Meningkatkan Produksi Hormon Tidurnya

Tingkatkan hormon tidur balita agar tidurnya lebih nyenyak dan berkualitas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Prita Apresianti
Disunting oleh Prita Apresianti

Memastikan balita tidur berkualitas bukan hanya penting untuk mendukung tumbuh kembang optimal, tapi juga dapat membantu menjaga mood serta perilaku baik.
Kunci penting agar Si kecil mendapatkan tidur yang berkualitas adalah menjaga siklus circadian alias jam biologisnya, dengan produksi hormon melatonin dan kortisol yang seimbang.
Di malam hari, produksi melatonin atau hormon tidur balita harus ditingkatkan dan kadar kortisol diturunkan agar Si kecil bisa tidur nyenyak dan pulas.
Yuk, coba beberapa cara meningkatkan hormon tidur balita berikut agar tidur Si kecil berkualitas.

Buka Jendela Rumah Dari Pagi Hingga Sore Hari

Menurut pakar tidur dan psikolog dari University of Colorado, Dr. Monique LeBourgeois, memaksimalkan paparan cahaya alami dari matahari akan membantu tubuh balita tetap awas dan terjaga di siang hari.
Jadi, sebaiknya buka gorden jendela rumah dan biarkan sinar matahari menerangi ruangan untuk membantu menyetel jam biologis Si kecil, agar memproduksi banyak melatonin saat matahari mulai terbenam nanti.

Baca Juga : 4 Trik Jitu Membangunkan Anak di Pagi Hari

Sempatkan Bermain Di Luar Rumah

ingin tidur balita berkualitas tingkatkan produksi hormon tidurnya dengan 7 cara ini 2

Favim.com

Agar produksi hormon tidur balita meningkat dengan optimal di malam hari, Si kecil perlu diberikan paparan cahaya dengan intensitas maksimal di pagi hingga sore hari.
Nah, cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan mengajak balita bermain dan beraktivitas di bawah sinar matahari paling sedikit setidaknya 5 sampai 10 menit di pagi hari.

Baca Juga : Tak Disangka, Ini 5 Keuntungan Jika Anak Sering Bermain di Luar Rumah

Konsumsi Makanan Kaya Melatonin dan Triptophan

Menyesuaikan pola makan juga bisa menjadi cara meningkatkan hormon tidur balita lho, Moms.
Untuk mendukung produksi hormon tidur balita yang optimal, Moms bisa menambahkan makanan kaya melatonin dan triptophan seperti pisang, bayam, kacang almond, ikan, tomat, atau nanas pada pola makan Si Kecil.

Kurangi Paparan Cahaya Setelah Matahari Terbenam

ingin tidur balita berkualitas tingkatkan produksi hormon tidurnya dengan 7 cara ini 4

Independent.co.uk

Idealnya, produksi hormon tidur balita dimulai saat matahari mulai terbenam atau sekitar dua jam sebelum waktu tidur.
Sebagai cara meningkatkan hormon tidur balita, tutup gorden jendela, gunakan lampu dengan cahaya yang tidak terlalu terang, serta dorong balita untuk melakukan aktivitas yang menenangkan di sore hari ya, Moms.

Baca Juga : 6 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Anak Ini Ternyata Punya Kelebihan Tersendiri Lho!

Tidak Bermain Gadget Sebelum Waktu Tidur

Cahaya biru yang dipancarkan layar TV, gadget, maupun lampu LED ternyata memiliki efek yang sama dengan sinar matahari, yaitu membuat tubuh balita menjadi awas dan tidak kunjung mengantuk.
Itulah kenapa menghentikan penggunaan gadget dan paparan cahaya biru sejak 90 menit sebelum waktu tidur bisa menjadi cara meningkatkan hormon tidur balita yang efektif.

Mandi Air Hangat Di Sore Hari

Untuk mendukung balita tidur berkualitas, bantu turunkan kadar hormon kortisol dan buat tubuh Si kecil menjadi lebih rileks dengan mandi air hangat di sore hari.
Saat kadar hormon kortisol turun, maka produksi hormon tidur balita otomatis akan meningkat dan membuat balita lebih cepat tidur dengan nyenyak.

Baca Juga : Trik Mengatasi Balita yang Susah Mandi dengan 4 Cara Menyenangkan

Minum Segelas Susu Saat Makan Malam

ingin tidur balita berkualitas tingkatkan produksi hormon tidurnya dengan 7 cara ini 7

Romper.com

Menurut Dr. John Douillard di situs LifeSpa, minum segelas susu hangat saat makan malam telah terbukti dapat menjadi cara meningkatkan hormon tidur balita dan memberikan kualitas tidur yang lebih baik.
Sebagai alternatif dari susu, Moms juga bisa memberikan teh chamomile atau yogurt untuk melengkapi makan malam Si kecil.

Nah, apa Moms tahu cara lainnya untuk memberikan balita tidur berkualitas?

(WA)

Artikel Terkait