Kesehatan

KESEHATAN
26 Maret 2019

Inilah Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Kebiasaan tidur yang buruk termasuk jadwal tidur yang tidak teratur, tidur siang, aktivitas merangsang sebelum tidur serta lingkungan tidur yang tidak nyaman,
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Insomnia adalah gangguan tidur yang dapat membuatnya Moms sulit untuk tertidur, mudah terbangun atau atau menyebabkan Moms bangun terlalu dini dan tidak dapat kembali tidur.

Dipertegas menurut National Sleep Foundation yang mengatakan kalau insomnia adalah kesulitan untuk tidur atau tetap tertidur. 

Insomnia tidak hanya dapat menghilangkan tingkat energi dan suasana hati, tetapi juga kesehatan, kinerja, dan kualitas hidup. Gangguan tidur biasanya merupakan akibat dari stres atau kebiasaan yang mengganggu tidur. Jangan anggap sepele, mari atasi dan temukan penyebab susah tidur:

Inilah beberapa hal yang dapat menyebabkan insomnia:

Kebiasaan Tidur yang Buruk

Kebiasaan tidur yang buruk termasuk jadwal tidur yang tidak teratur, tidur siang, aktivitas merangsang sebelum tidur, lingkungan tidur yang tidak nyaman, dan menggunakan tempat tidur untuk bekerja, makan atau menonton TV.

Tahukah Moms, Komputer, TV, bermain game, atau hal yang menggunakan layar lainnya sebelum tidur dapat mengganggu siklus tidur.

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Dihindari Saat Kurang Tidur

insomnia 1551356254

Stres

Kekhawatiran tentang pekerjaan, kesehatan, keuangan atau keluarga dapat membuat otak tetap aktif di malam hari, sehingga sulit tidur.

Peristiwa atau trauma hidup yang penuh tekanan , seperti kematian atau penyakit orang yang dicintai, perceraian, atau kehilangan pekerjaan juga dapat menyebabkan insomnia.

Makan Sebelum Tidur

Makan camilan ringan sebelum tidur bukanlah masalah, tetapi makan terlalu banyak dapat menyebabkan tubuh merasa tidak nyaman secara fisik saat berbaring.

Banyak orang juga mengalami mulas, asam lambung makanan dari lambung ke kerongkongan setelah makan, yang akhirnya membuat sulit tidur.

Obat-obatan

Tanpa disadari banyak obat yang dapat mengganggu tidur, seperti antidepresan tertentu dan obat untuk asma atau tekanan darah. Banyak obat yang dijual bebas seperti beberapa obat penghilang rasa sakit, alergi dan obat flu, dan produk penurun berat badan mengandung kafein dan stimulan lain yang dapat mengganggu tidur.

Baca Juga: Bukan Hanya Karena Kurang Tidur, Ini Penyebab Lainnya Mata Bengkak

08 blue light tips for when you have insomnia 638526568 aldecastock

Kondisi Medis

Bila sudah masuk ke tahap insomnia kronis, ada beberapa kondisi medis yang dapat menjadi penyebabnya. Contoh kondisi yang terkait dengan insomnia termasuk nyeri kronis, kanker, diabetes, penyakit jantung, asma, tiroid yang terlalu aktif, penyakit Parkinson, dan Alzheimer.

Selain beberapa hal di atas, ada lagi beberapa penyebab lain yaitu kafein, nikotin, dan alkohol. Kopi, teh, cola, dan minuman berkafein lainnya adalah stimulan. Meminumnya di sore atau malam hari bisa membuat Moms tidak tertidur di malam hari.

Insomnia dan Penuaan

Insomnia menjadi lebih umum terjadi seiring bertambahnya usia. Karena seiring bertambahnya usia, Moms mungkin mengalami:

Perubahan Pola Tidur

Tidur sering menjadi kurang tenang seiring bertambahnya usia, sehingga kebisingan atau perubahan lain di lingkungan lebih mungkin membangunkan Moms.

Seiring bertambahnya usia, kesibukan sering bertambah, sehingga Moms merasa lelah di malam hari dan bangun lebih awal di pagi hari. Tetapi orang yang lebih tua umumnya masih membutuhkan jumlah tidur yang sama dengan orang yang lebih muda.

Perubahan Aktivitas

Moms mungkin kurang aktif secara fisik atau sosial. Dengan Moms kekurangan aktivitas, sehingga dapat mengganggu tidur malam yang nyenyak.

Selain itu, semakin kurang aktif seseorang, semakin besar kemungkinan untuk tidur siang setiap hari, yang dapat mengganggu tidur di malam hari.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 6 Bahaya Kurang Tidur Bagi Wanita!

Perubahan Kesehatan

Nyeri kronis dari kondisi seperti radang sendi atau masalah punggung serta depresi atau kecemasan dapat mengganggu tidur. Masalah yang meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari seperti masalah prostat atau kandung kemih juga dapat mengganggu tidur.

Untuk menghindari susah tidur, sebaiknya cobalah untuk memiliki kebiasaan tidur yang lebih baik. Jaga agar waktu tidur dan bangun tetap konsisten dari hari ke hari, termasuk akhir pekan.

Tak hanya itu, aktivitas teratur juga membantu meningkatkan tidur malam yang nyenyak. Hindari atau batasi kafein dan alkohol, dan jangan gunakan nikotin kemudian hindari makan besar sebelum tidur.

(MDP/IRN)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait