Jadwal Sholat

placeholder

Hari ini

Monday, 21 June 2021

11 Thul-Qi’dah 1442

Jadwal Sholat Kota Palembang Hari Ini

Lihat jadwal hari ini
TanggalSubuhTerbitDzuhurAsharMaghribIsya
       
       
       
       
       
       
       

Sumber: Bimas Islam Kementrian Agama

Bagi Moms dan keluarga yang beragama Islam dan bertempat tinggal di Palembang, cari tahu jadwal sholat Palembang berikut ini, yuk.

Sholat lima waktu yang wajib ditunaikan oleh seluruh umat muslim berakil baligh ini merupakan tiang agama. Sebagaimana yang telah diriwayatkan dari Mu’adz bin Jabal, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Inti (pokok) segala perkara adalah Islam dan tiangnya (penopangnya) adalah shalat.”

Tak hanya sebagai kewajiban semata, sholat lima waktu juga akan mendatangkan keberkahan bagi siapa pun yang menjalankannya. Salah satunya adalah menjaga umat muslim dari perbuatan yang keji dan mungkar.

Hal ini diterangkan dalam Alquran, Allah SWT berfirman yang artinya:

"Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, Yaitu Al kitab (Alquran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. dan Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Ankabut: 45)

Adapun sholat wajib yang telah diperintahkan dalam Alquran maupun hadist, terdiri dari sholat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Kelima sholat wajib tersebut harus ditunaikan sesuai waktu yang ditetapkan.

Allah SWT berfirman dalam Alquran yang berbunyi, “Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu/wajib yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An Nisa: 103)

Jadi, tak boleh sembarangan dan Moms perlu mengetahui pembagian waktu sholat dengan tepat. Salah satunya menyimak jadwal sholat Palembang.

Baca Juga: 11+ Keutamaan Membaca Alquran, Salah Satunya Mendapat Kedudukan Tinggi di Surga!

Wisata Islami di Palembang

Jika Moms sudah mengetahui jadwal sholat Palembang, yuk cari tahu destinasi wisata Islami di Palembang.

Moms dan keluarga yang berkesempatan untuk berkunjung dapat menambah wawasan agama Islam dan juga keimanan.

1. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

577masjid-agung-palembang.jpg

Foto: m.gomuslim.co.id

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin adalah masjid yang bisa Moms pilih sebagai objek wisata Islami di Palembang.

Masjid ini terletak di salah satu ujung jembatan Ampera, sebuah jembatan ikonik yang melambangkan Kota Palembang. Tepatnya berada di Jl. Jendral Sudirman, 19 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Hal yang menjadi daya tarik dari Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin, yaitu arsitektur bangunannya yang terdiri dari perpaduan dari arsitektur Indonesia, Eropa dan Tiongkok.

Masjid ini juga dikenal sebagai masjid terbesar sehingga akan membuat jamaah muslim yang beribadah merasa nyaman.

Baca Juga: Kunjungi 7 Negara Ramah Wisatawan Muslim Ini, Banyak Makanan Halal

2. Masjid Cheng Ho

Masjid-Cheng-Ho-Palembang-1-e1583547402955.jpg

Foto: JejakPiknik.com

Mendengar namanya sekilas saja sudah terkesan unik dan menarik untuk dikunjungi ya, Moms? Masjid Cheng Ho merupakan tempat beribadah umat Islam yang berada di Komplek Perumahan Amin Mulia, Jakabaring.

Dinamakan Masjid Cheng Ho karena masyarakat setempat meyakini bahwa Laksamana Cheng Ho juga sempat berkunjung ke Palembang untuk menyebarkan Islam di samping pekerjaan utamanya, yaitu berdagang.

Arsitektur bangunan ini pun bergaya khas Tiongkok dengan warna masjid yang didominasi oleh warna merah. Baik dari luar bangunan hingga dalamnya. terdapat banyak ornamen ala negeri tirai bambu.

Benar-benar sangat meggambarkan identitas Laksmana Cheng Ho yang merupakan warga Tiongkok penganut agama Islam.

Baca Juga: Masjid-Masjid Unik Karya Ridwan Kamil di Indonesia

3. Masjid Kiai Muara Ogan

Masjid-KI-MaroganPalembang.jpg

Foto: inipalembang.com

Masjid selanjutnya yang dapat Moms dan keluarga sambangi sebagai destinasi wisata religi, yaitu Masjid Kiai Muara Ogan. Untuk diketahui, Kiai Muara Ogan atau yang memiliki nama lengkap Kiai Masagaus Haji Abdul Hamid adalah sosok ulama paling terkenal di Palembang.

Tak hanya dapat menunaikan ibadah di masjid, pengunjung pun dapat memelajari sejarah penyebaran agama Islam di Palembang. Pengunjung juga bisa melakukan ziarah karena Sang Kiai dimakamkan di sini.

Uniknya, pengunjung harus menggunakan getek, sejenis rakit yang terbuat dari kayu jika ingin sampai ke Masjid Kiai Muara Ogan. Hal ini karena letak masjid yang terletak di pinggiran sungai Musi.

Baca Juga: 3 Serial dan Film Kartun Yang Mengajarkan Anak Tentang Agama Islam

4. Museum Alquran Raksasa Al-Akbar

Al-Quran-Al-Akbar-Palembang-1.jpg

Foto: kelanaku.com

Sesuai dengan namanya, tempat ini menghadirkan sebuah Alquran raksasa yang dapat digunakan sebagai sarana edukasi umat Islam.

Alquran Raksasa tersebut merupakan hasil karya Wong Kito yang bernama Sofwatillah Mohzaib.

Disebut sebagai Alquran raksasa karena dipahat di permukaan kayu Trembesi berukuran panjang 177 cm dengan lebar 140 cm, dan ketebalan 2,5 cm.

Setiap lembar kaligrafi Alquran ini dihiasi dengan ornamen bunga khas Palembang yang indah.

Baca Juga: 10 Rangkaian Nama Bayi Perempuan dalam Alquran 3 Kata, Cantik!

5. Kampung Almunawar

sultanpalembang-com-9.png

Foto: sultanpalembang.com

Perkampungan yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata Islami di Palembang ini merupakan wilayah penduduk berdarah Arab.

Kampung ini berada di tepi Sungai Musi, tepatnya di Lorong Almunawar, 13 Ulu, Palembang.

Disebut dengan Kampung Almunawar karena terinspirasi dari seorang habib yang bernama Habib Hasan Abdurrahman Al-Munawar.

Kampung yang masih terjaga keotentikannya sejak dahulu hingga kini telah berusia sekitar 250 tahun sehingga tak heran jika menyandang sebutan kampung adat terpopuler.

Baca Juga: 8 Cara Mengenalkan Agama Islam Sejak dalam Kandungan

Nah, itu dia informasi terkait jadwal sholat Palembang disertai dengan daftar wisata Islami di Palembang yang menarik untuk dikunjungi. Jadi, mana kah tempat yang akan Moms pilih untuk menambah wawasan agama Islam?

  • https://travelingyuk.com/wisata-religi-di-palembang/106081
  • https://www.jalanbareng.com/ingin-berwisata-religi-di-palembang-ini-3-tempat-yang-tak-boleh-dilewatkan/
  • https://muslimtravelnews.com/index.php/2020/07/21/wisata-religi-al-quran-raksasa-di-palembang-kembali-dibuka/
  • https://catatanpringadi.com/8-destinasi-wisata-religi-di-palembang
Artikel Terkait