Jadwal Sholat

placeholder

Hari ini

Jumat, 22 Oktober 2021

16 Rabi' al-Awwal 1443

Jadwal Sholat Kota Yogyakarta

Lihat jadwal hari ini
TanggalSubuhTerbitDzuhurAsharMaghribIsya
       
       
       
       
       
       
       

Sumber: Bimas Islam Kementrian Agama

Bagi Moms dan keluarga yang berdomisili di kota Daerah Istimewa Yogyakarta, mari simak jadwal sholat Jogja selengkapnya.

Moms dan keluarga yang beragama Islam pasti tahu kewajiban dan pentingnya sholat lima waktu. Sebagaimana yang tertera dalam rukun Islam, sholat merupakan perkara utama untuk ditunaikan.

Selain itu, Alquran dan hadist juga telah menerangkan perihal sholat. Sebagaimana yang diriwayatkan dari Mu’adz bin Jabal, Nabi SAW bersabda, ”Inti (pokok) segala perkara adalah Islam dan tiangnya (penopangnya) adalah sholat.” (HR. Tirmidzi no. 2825. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani).

Seperti yang Moms ketahui, sholat lima waktu terdiri dari sholat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Dalam melaksanakannya, umat Islam dianjurkan untuk tepat waktu sesuai jadwal sholatnya.

Hal ini dijelaskan dalam firman Allah SWT dalam Surat An - Nisa ayat 103 yang berbunyi sebagai berikut:

Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu atau wajib yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

Negara Indonesia yang terdiri dari banyak pulau memiliki pembagian waktu berbeda. Kondisi ini juga berlaku dalam hal jadwal sholat. Jadi, jadwal sholat lima waktu di tanah air tidak selalu sama di setiap daerah.

Baca Juga: Saat yang Tepat Membiasakan Anak untuk Sholat Lima Waktu

Daftar Masjid Kota Jogja

Masjid-Agung-jogja1.jpg

Foto: simas.kemenag.go.id

Kota Jogja memiliki keunikan sendiri. Tidak mengherankan banyak yang menjadikan kota satu ini sebagai tujuan wisata. Nah, jika kebetulan Moms dan keluarga berada di Kota Jogja, Moms perlu tahu jadwal sholat kota ini dan lokasi masjid agar ibadah selalu lancar.

Berikut daftar masjid yang bisa Moms kunjungi di Kota Jogja!

  • Masjid Gedhe Kauman Alun-Alun Keraton Jl. Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132
  • Masjid Syuhada Jl. I Dewa Nyoman Oka No.13, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224
  • Masjid Soko Tunggal Jl. Taman 1 No.318, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133
  • Masjid Rotowijayan Jl. Kemitbumen, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132
  • Masjid Margoyuwono Jl. Langenastran Lor No.9, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131
  • Masjid Kampus UGM Jl. Prof. DR. Drs Notonagoro, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
  • Masjid Jogokariyan Jl. Jogokaryan No.36, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143
  • Masjid Gedhe Mataram Kotagede Unnamed Road, Sayangan, Jagalan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55192
  • Masjid Perak Kotagede KG, Jl. Mondorakan No.11, Prenggan, Kotagede, KotaYogyakarta, Special Region of Yogyakarta 55172
  • Masjid Jogokariyan Jl. Jogokaryan No.36, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143

Nah, usai mengetahui jadwal sholat kota Jogja beserta daftar masjid yang bisa dikunjungi untuk beribadah. Kini saatnya untuk mengetahui makanan terbaik di Kota Pelajar yang patut Moms sambangi!

Baca Juga: 5 Masjid Agung di Jalur Mudik Selatan yang Nyaman untuk Beribadah

Makanan Khas Kota Jogja

Resep-Gudeg-Jogja-Sederhana.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Membicarakan keindahan kota Jogja rasanya tidak akan ada habisnya. Terlebih ketika membahas makanan khas kota ini. Usai membahas jadwal sholat kota Jogja, makanan khas adalah hal yang menarik untuk dibahas.

Tak heran, setiap sudutnya saja sudah mengundang rasa penasaran. Ada banyak sekali tempat makan khas yang menawarkan cita rasa tradisional dan pantang untuk dilewatkan.

Berikut makanan khas Jogja yang patut Moms icip!

1. Oseng-oseng Mercon

Untuk Moms yang senang banget menyantap makanan pedas, tak ada salahnya untuk mampir ke Oseng-oseng Mercon Bu Narti.

Kuliner ini sudah sangat terkenal di Jogja dan pastinya bisa membuat Moms ketagihan.

Dalam porsinya, Moms bisa menyantap nasi, gajih, tulang, kulit dan cabe rawit yang pastinya siap membakar lidah.

Jangan sampai kehabisan dan melewatkan kuliner yang satu ini ya, Moms!

2. Kopi Jos

Jika Moms tipe yang suka ngopi dan berkumpul sembari melihat aktivitas Kota Jogja, ada baiknya Moms menyeruput kopi di Kopi Jos.

Dari sekian banyak angkringan yang tersebar luas di Kota Jogja, salah satu rekomendasi yang jadi rekomendasi oleh banyak wisatawan dan warga lokal adalah angkringan Lek Man.

Angkringan ini sudah terkenal sedari dulu dengan menu makan nasi sego kucing yang bervariasi.

Moms bisa mencicip sego kucing dengan aneka sate, gorengan dan kopi jos yang sudah menjadi ciri khas kota Jogja sedari dulu.

Biasanya, angkringan akan dibuka pada malam hari hingga lewat tengah malam. Harganya pun sangat terjangkau.

3. Pecel

Ingin makan di daerah Malioboro? Coba saja makan pecel yang berjejer di sepanjang jalan Malioboro, Moms!

Ada banyak sekali yang menyediakan pecel sayur di depan pintu masuk Pasar Beringharjo yang menggoda selera.

Nah, pecel yang berada di pasa Beringharjo ini berbeda dengan yang lainnya karena pilihan sayurnya yang banyak dan tentu saja memiliki banyak variasi.

Harganya pun tidak terlalu mahal untuk porsi yang besar. Moms bisa menyantap pecel ditemani dengan gorengan dan juga mi yang sanggup membuat kenyang.

Baca Juga: Ini 5 Makanan yang Harus Ada di Menu Sahur Keluarga

4. Gudeg

Kota Jogja identik dengan kulinernya yang lezat. Yang paling juara adalah gudeg. Rasanya belum ke Kota Jogja jika tidak menyantap hidangan gudegnya.

Gudeg merupakan salah satu jenis makanan tradisional dari Yogyakarta yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan manis membuat makanan legendaris ini sangat digemari oleh semua kalangan.

Bahan dasar pembuatan gudeg pada umumnya memakai nangka muda. Pada saat penyajian, biasanya gudeg dilengkapi dengan nasi putih, telur hingga daging ayam.

5. Bakpia

Bingung mencari camilan? Bagaimana dengan bakpia? Bakpia pathuk menjadi salah satu makanan legendaris Yogyakarta yang sering dijadikan oleh-oleh. Rasanya yang manis serta teksturnya yang krispi menjadikan bakpia sering diburu para wisatawan.

Banyak varian rasa yang terdapat pada bakpia, seperti kacang hijau, cokelat, keju hingga durian. Pas kan berbuka dengan yang manis seperti bakpia ini?

6. Sate Klatak

Bosan dengan hidangan yang itu-itu saja? Bagaimana jika mencoba sate? Sate ini beda dari sate pada umumnya. Jika pada umumnya sate ditusuk dengan tusuk sate dari bambu, sate satu ini ditusuk dengan jeruji sepeda. Namanya sate klatak.

Sate klatak berbahan dasar daging kambing yang ditusuk dengan menggunakan jeruji sepeda dan dibakar seperti sate pada umumnya. Daging kambingnya empuk dan rasanya lezat.

Baca Juga: Varian Resep Bakpia, Bikin Rindu Jogja!

Tempat Terkenal Kota Jogja

wisata kota jogja

Foto: Garasijogja.com

Usai membahas jadwal sholat kota Jogja, yuk jalan-jalan ke spot terkenalnya! Jogja seringkali dijadikan destinasi sempurna untuk menghilangkan penat. Masih kental akan budayanya, kota Jogja adalah tempat yang pas untuk menyejukkan hati dan menenangkan hati.

Keindahan Jogja memang tak bisa ditampik. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang yang menjadikan kota ini sebagai rumah keduanya.

Hingga kini, banyak hati yang sudah tertambat di kota Jogja. Untuk Moms yang masih ragu akan keindahan kota ini, yuk simak tempat terkenal di Jogja yang bisa Moms kunjungi.

1. Malioboro dan Pasar Beringharjo

Kalau berkunjung ke kota Jogja, rasanya tidak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh batik. Salah satu sentra oleh-oleh pakaian batik yang terkenal adalah Malioboro dan Pasar Beringharjo.

Pasar yang lokasinya dekat dengan Jalan Malioboro ini sangat terkenal lho Moms. Selain pakaian, Moms juga bisa menemukan beragam kerajinan batik akyu, seperti topeng, gelang, tempat tisu, dan cinderamata lainnya.

2. Titik Nol Kilometer

Ingin dapat spot foto canti? Cobalah berjalan beberapa meter ke arah selatan. Nah, di sini merupakan Pusat Kota Jogja. Orang-orang menyebut daerah tersebut sebagai area nol kilometer Jogja.

Sebutan nama ini bukan tanpa alasan, sebab ini merupakan pusatnya kota Jogja, maka disebut nol kilometernya kota Jogja.

3. Taman Pintar

Dari titik nol kita bergeser sedikit ke timur, Moms singgah sebentar ke Taman Pintar. Taman Pintar ini cocok sekali lho untuk Si Kecil.

Selain dikenal dengan kota budaya, Kota Jogja juga identik dengan julukan kota pelajar. Tidak heran ada yang namanya Taman Pintar ya Moms.

Taman Pintar ini merupakan objek wisata edukasi dengan beragam wahana pendidilan dan teknologi di dalamnya. Seru sekali lho ngabuburit di sini Moms!

4. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Bredeburg berlokasi di Jl. Margo Mulyo/Jl. A. Yani No. 6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Jogja, DI Yogyakarta. Tepatnya di titik nol kilometer Kota Jogja.

Bangunan Benteng Vredeburg masih terjaga keasliannya dan struktur bangun yang masih utuh serta terawat, salah satu bukti peninggalan pada masa penjajahan Belanda.

Baca Juga: Liburan ke Jogja? Wajib Bawa Pulang 7 Oleh-oleh Ini

5. Tugu Jogja

Menjadi bangunan monumental di kota Jogja, yaitu Tugu Jogja. Siapa yang tidak kenal tugu Jogja? Hampir setiap orang di Indonesia mengenalnya.

Tugu Jogja sendiri merupakan ikon utama Kota ini. Karena merupakan ikon utama, orang-orang sering berkunjung ke Tugu Jogja ini hanya sekedar untuk mengabadikan momen mereka dengan berfoto pada malam hari, karena saat siang Tugu Jogja sangat panas dan lalu lintasnya cukup padat.

6. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta beralamat di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Jogja, lebih tepatnya di sebelah selatan Jalan Malioboro. Moms dan keluarga yang ingin melihat budaya Joga lebih dekat wajib mengunjungi Keraton Yogyakarta. Di area Keraton Yogyakarta ini juga terdapat museum yang bisa Moms kunjungi.

Untuk kuliner, jangan khawatir. Di area Keraton Yogyakarta ini banyak sekali tempat makan yang punya cita rasa khas.

Daftar Wisata Religi Jogja

Masjid-Agung-Kotagede-sumber-Jogja-Car.jpg

Foto: jogjarafira.com

Nah, setelah mengetahui jadwal sholat Jogja, Moms juga bisa mencari informasi terkait wisata religi yang terdapat di Kota Pelajar ini. Barangkali tertarik untuk mengunjunginya untuk memperkaya wawasan dalam agama Islam dan menambah keimanan.

Yuk, cari tahu daftar wisata religi di Jogja, Moms.

1. Masjid Gedhe Kauman

Wisata religi di Jogja pertama yang dapat Moms dan keluarga sambangi, yaitu Masjid Gedhe Kauman.

Masjid ini terletak di pusat kota Jogja, tepatnya di Alun-Alun Keraton, Jl. Kauman, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Masjid Gedhe Kauman merupakan salah satu situs sejarah Islam sekaligus bangunan cagar budaya Nasional.

Tempat beribadah umat Islam ini dibangun pada masa pemerintahan Hamengku Buwono I. Arsitektur dan ornamen di dalam bangunannya masih bertahan dan terawat hingga sekarang. Padahal, usia Masjid Gedhe Kauman telah mencapai ratusan tahun.

Baca Juga: Sambil Ngabuburit, Ini 4 Wisata Religi di Jakarta yang Bisa Dikunjungi

2. Masjid Agung Kotagede

Masjid Agung Kotagede menjadi tempat beribadah sekaligus wisata religi berikutnya yang dapat Moms pilih.

Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Gedhe Mataram Kotagede ini berada di komplek pemakaman raja-raja Mataram, tepatnya di Dusun Sayangan RT 04 Jagalan, Kecamatan Baguntapan, Kabupaten Bantul.

Sebagai informasi, Masjid Agung Kotagede dibangun pada masa pemerintahan Ki Ageng Pamanahan.

Tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam, masjid ini juga memiliki komplek pemakaman yang dikhususkan untuk keluarga besar trah raja-raja Mataram Islam. Menarik sekali, ya.

Baca Juga: 5 Masjid Agung di Jalur Mudik Selatan yang Nyaman untuk Beribadah

3. Makam Imogiri

Selain masjid, makam yang berhubungan dengan sejarah agama Islam juga bisa dijadikan wisata religi. Biasanya, para umat muslim akan berkunjung ke makam untuk berziarah.

Ada banyak makam yang terkenal untuk dikunjungi sebagai wisata religi, salah satunya adalah Makam Imogiri.

Makam yang berlokasi di Desa Girirejo dan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini merupakan pemakaman untuk semua Sultan yang pernah menjadi pemimpin Kerajaan Mataram Jogja.

Moms dan keluarga dapat berkunjung untuk ziarah dan menjelajah peninggalan-peninggalan Sultan Agung yang penuh sejarah. Beberapa peninggalan yang dimaksud, yaitu air suci dari empat tempayan, cincin kayu yang terbuat dari tongkat Sultan Agung, dan daun tujuh macam.

Baca Juga: 3 Serial dan Film Kartun Yang Mengajarkan Anak Tentang Agama Islam

4. Makam Syekh Maulana Maghribi

Makam Syekh Maulana Maghribi yang berada di Jl. Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga bisa menjadi pilihan bagi Moms dan keluarga untuk berwisata religi.

Syekh Maulana Maghribi merupakan tokoh sejarah Islam yang diyakini sebagai orang yang paling awal menyebarkan agama Islam di Yogyakarta. Hingga tak heran, banyak peziarah yang berkunjung karena sangat menghormati sosoknya.

Hal paling menarik dari tempat wisata religi ini adalah makam Syekh Maulana Maghribi yang terletak di atas sebuah bukit. Masyarakat yang hendak berkunjung pun perlu menaiki ratusan anak tangga sebelum ziarah.

Baca Juga: Bandara Baru Jogja Diresmikan, Ini 5 Wisata Hits di Kulon Progo

5. Dusun Mlangi

Jika Moms dan keluarga sudah mengunjungi masjid dan pemakaman Islam di Jogja, mungkin perlu mempertimbangkan Dusun Mlangi sebagai destinasi wisata religi berikutnya.

Hal ini karena Dusun Mlangi merupakan situs Islami tertua di Yogyakarta sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Sesuai namanya, Dusun Mlangi beralamat di Desa Mlangi, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Di sini, Moms dan keluarga bisa mengunjungi masjid atau berziarah ke makam Kyai Nur Iman, tokoh penyebar agama Islam di Mlangi.

Kyai Nur Iman yang memiliki nama asli Pangeran Hangabehi Sandiyo ini merupakan kakak dari Sultan Hamengku Buwono I. Sosoknya begitu dihormati karena beliau meninggalkan dunia politik dan memilih untuk berdakwah agama Islam.

Tak hanya sampai di situ, Moms dapat merasakan suasana komplek santri yang terdapat di Desa Mlangi karena banyak pesantren-pesantren di sekitarnya.

Itulah daftar wisata religi Jogja yang bisa jadi pilihan Moms dalam memperluas wawasan agama Islam dan menambah keimanan. Semoga bermanfaat, ya.

Artikel Terkait