2-3 tahun

3 Maret 2021

Jaga Daya Tahan Tubuh Anak, Lakukan Aktivitas Fisik yang Sehat dan Menyenangkan

Yuk ajak anak lakukan aktivitas ini, Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Katharina
Disunting oleh Adeline Wahyu

Banyak anak yang malas olahraga, padahal kegiatan ini salah satu cara terbaik untuk menjaga daya tahan tubuh mereka. Seringkali ada alasan di baliknya, yang mungkin kurang Moms sadari.

Biasanya Si Kecil malas olahraga karena gerakan atau kegiatan yang diajarkan kurang menarik serta membosankan. Mereka juga melihat orang tuanya tidak melakukan kegiatan serupa sehingga membuat mereka akhirnya malas olahraga.

Dikutip dari American Psychological Association, sebuah penelitian yang dilakukan oleh McCarthy, Jones dan Clark-Carter (2008), menemukan fakta bahwa orang tua punya pengaruh positif dalam kebiasaan olahraga anak.

Ketika olahraga, anak-anak memandang keterlibatan orang tua sebagai hal yang positif, mereka lebih cenderung menikmati kehadiran orang tua daripada pengalaman olahraganya sendiri.

Jika Moms rutin olahraga bersama anak, mereka akan semakin menyukai aktivitas fisik ini. Hasilnya Si Kecil tidak akan mudah sakit di masa pandemi karena daya tahan tubuh terjaga maksimal.

Baca Juga: 5 Manfaat Olahraga Gymnastic Untuk Balita

Aktivitas Fisik Keluarga untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Supaya Si Kecil jadi bersemangat dan rajin olahraga, orang tua juga harus turut ambil andil dalam kegiatan tersebut. Lakukan beberapa aktivitas fisik yang sehat dan menyenangkan bersama-sama.

Demi menjaga daya tahan tubuh anak di masa pandemi, berikut beberapa aktivitas fisik seru yang bisa dilakukan anak bersama orang tua di rumah.

1. Kejar-Kejaran

kapan anak mulai berlari hero banner magz (1510x849)

Foto: Orami Stock Photo

Di usia prasekolah, Moms bisa memperkenalkan Si Kecil pada olahraga dasar untuk jaga daya tahan tubuh mereka, salah satunya adalah berlari. Coba minta Si Kecil mengambil mainan yang ada di Moms, atau sebaliknya.

Dr. Michele LaBotz, dokter olahraga dan anggota A.A.P., mengungkapkan kalau orang tua dengan anak usia muda harus membuat aktivitas fisik yang bervariasi supaya anak bersemangat melakukannya.

2. Menanam Pohon

berkebun1.jpg

Foto: Orami Stock Photo

Anak-anak sangat suka main tanah. Jadi, ajak mereka untuk membantu Moms bercocok tanam bersama-sama. Akan lebih menyenangkan jika mengajak Si Kecil menanam sayuran atau buah.

Dilansir dari Parents, berkebun sama manfaatnya dengan latihan beban dan menggerakkan otot punggung sehingga mencegah osteoporosis. Daya tahan tubuh Si Kecil sudah pasti terjaga jika rutin melakukannya.

3. Naik Sepeda

Sepeda-Hero.jpg

Foto: Orami Stock Photo

Si Kecil pasti akan lebih senang melihat orang tuanya naik sepeda beriringan dengannya daripada hanya memantau sambil berjalan di samping. Anak bisa pakai sepeda roda tiga atau empat yang aman, sedangkan Moms pakai sepeda biasa.

Selain menjaga daya tahan tubuh, bersepeda juga melatih keseimbangan, konsentrasi, kemampuan motorik, dan sensoriknya.

Baca Juga: 4 Olahraga Bersama Balita Ini Bisa Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

4. Menari Setiap Ada Musik

kegiatan di rumah-menari dan menari dengan anak.jpeg

Foto: Orami Stock Photo

Menari adalah cara termudah untuk mengajak anak olahraga bersama, sekaligus menjaga daya tahan tubuh mereka.

Buat kebiasaan di rumah, yang wajib dilakukan oleh semua orang, untuk menari dengan bersemangat setiap kali ada iklan yang diiringi musik di sela-sela tontonan Si Kecil.

Dikutip dari Very Well Family, Joann Ferrara, seorang terapis fisik di New York mengungkapkan kalau menari dengan bersemangat akan melatih kardiovaskular anak.

5. Mengajak Jalan Hewan Peliharaan

hero persahabatan anjing dan manusia

Foto: Orami Stock Photo

Sebuah penelitian dari Asosiasi Amerika Utara tentang Studi Obesitas bahwa pemilik anjing atau hewan peliharaan sejenis lebih mudah menurunkan berat badan dan punya daya tahan tubuh maksimal karena rutin mengajak jalan hewan peliharaannya.

Coba jadikan aktivitas fisik ini rutin untuk dilakukan setiap sore bersama anak. Di sekitar area rumah pun tak masalah. Dengan begitu tubuh mereka akan berolahraga secara tidak sadar dengan cara yang menyenangkan, dan tentunya sehat.

6. Membereskan Rumah

membereskan mainan

Foto: Orami Stock Photo

Demi daya tahan tubuh anak maksimal, ajak mereka untuk turut bantu menjaga kebersihan rumah. Berikan Si Kecil tugas untuk merapikan mainannya sendiri atau tugas lain yang lebih mudah. Gunakan permainan peran untuk menjadikannya menyenangkan.

Ingatlah untuk jangan menyuruh anak saja, tetapi Moms juga harus ikutan melakukan hal serupa. Aktivitas fisik membersihkan rumah tanya hanya bantu Si Kecil lebih aktif bergerak dan sehat, tetapi juga membuat rumah jadi rapi.

Baca Juga: Bedak Bayi yang Tepat Bisa Membantu Tingkatkan Bonding dan Stimulasi Otak Si Kecil

7. Merangkak Di Rumah

ini-alasan-bayi-melewati-fase-merangkak-dan-langsung-berjalan-Hero.jpg

Foto: Orami Stock Photo

Lakukan aktivitas fisik yang baik untuk daya tahan tubuh anak ini 2-3 kali seminggu. Moms cukup siapkan area rumah yang agak luas, lalu sebarkan mainan anak membentuk sebuah jalan. Ikuti jalan tersebut sambil merangkak dan minta Si Kecil mengikuti Moms di belakang.

Menurut Karen Adolph, PhD, seorang profesor psikologi di Universitas New York, Amerika Serikat, merangkak adalah bagian penting dari perkembangan anak.

Selain mengasah kemampuan motorik, merangkak juga menguatkan anggota tubuh anak, seperti kepala, perut, tangan, kaki dan punggungnya.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Keamanan Bayi Saat Merangkak

Penyeimbang Aktivitas Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

Melakukan aktivitas saja akan terasa kurang maksimal dalam menjaga daya tahan tubuh Si Kecil. Moms perlu mengimbanginya dengan hal penting lain, yaitu pola makan sehat dan teratur, tidur yang cukup, dan pemberian nutrisi pelengkap.

Pola makan sehat dan teratur bisa didapat dengan memenuhi asupan makanan bernutrisi. Sedangkan untuk tidur yang cukup, Moms harus melatihnya lewat jadwal tidur yang disiplin.

Namun untuk nutrisi pelengkap, Moms harus pintar memilih yang tepat. Cari yang kandungan nutrisinya maksimal dan meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil.

Susu Nutrilon Royal Acti Duobio+ memiliki semua yang dibutuhkan Si Kecil. Di dalamnya terkandung FOS:GOS 1:9 yang sudah dipatenkan dan jumlahnya lebih tinggi untuk bantu anak lebih sehat di masa pandemi.

Nutrilon Royal Acti Duobio+ juga memiliki kandungan zat besi, Omega 3 dan 6 yang tidak hanya mengoptimalkan daya tahan tubuh anak, tetapi juga kemampuan berpikirnya.

Nutrisi Omega 6 biasanya terkandung dalam ikan laut, seperti tuna, salmon, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, minyak nabati, dan susu serta turunannya.

Tersedia dalam dua varian rasa, yaitu vanilla dan madu, Nutrilon Royal Acti Duobio+ enak dan bergizi untuk dinikmati anak-anak usia 1-3 tahun dan 3-6 tahun.

Yuk, Moms, mulai terapkan aktivitas fisik rutin di atas untuk memaksimalkan daya tahan tubuh anak. Jangan lupa juga untuk ikut turut aktif dalam kegiatan olahraga yang dilakukan anak, supaya mereka lebih bersemangat dan senang melakukannya.

(ADV)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait