Newborn

NEWBORN
18 Februari 2021

Bedak Bayi yang Tepat Bisa Membantu Tingkatkan Bonding dan Stimulasi Otak Si Kecil

Pastikan Si Kecil mendapatkan bedak bayi yang terbaik ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Adeline Wahyu

Bedak bayi adalah satu dari sekian banyak produk perawatan bayi yang dimiliki oleh setiap orang tua. Ternyata selain berguna untuk mencegah ruam, membuat kulit bayi tidak lembab, dan memberikan aroma segar sepanjang hari, ada manfaat lain di dalam bedak bayi.

Bedak bayi umumnya dioleskan langsung pada kulit Si Kecil. Hal ini membuat dia dapat merasakan sentuhan yang diberikan oleh orang tuanya.

Dilansir dari Mayo Clinic sentuhan yang disengaja dapat membantu bayi untuk rileks dan tidur nyenyak, mengatur hormon bayi yang mengendalikan stres, dan mengurangi tangisan Si Kecil. Tidak hanya itu, sentuhan pada bayi juga bantu stimulasi otaknya. lho.

Baca Juga: 9 Manfaat Masker Bedak Bayi yang Tak Disangka-sangka

Tips Memilih Bedak Bayi Terbaik

memilih bedak bayi

Foto: Orami Photo Stock

Dengan segudang manfaat baik di dalamnya, Moms jangan sampai salah pilih bedak bayi.

Berikut beberapa tips yang bisa Moms ikuti saat memilih bedak bayi untuk Si Kecil. Pastikan yang terbaik!

1. Telah Lulus Tes Hipoalergenik

Kulit bayi masih sangat lembut dan 3-5 kali lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa dan mudah teriritasi.

Memilih bedak bayi yang teruji hipoalergenik akan mengurangi kemungkinan iritasi pada kulit bayi.

2. Hindari Bedak Bayi yang Mengandung Talc

Saat memilih bedak bayi, penting untuk menghindari produk yang mengandung talc.

Jika kandungannya terhirup dapat mengiritasi paru-paru karena partikelnya sangat kecil, dan ini yang sangat berbahaya bagi Si Kecil.

"Jika ibu memilih untuk menggunakannya, usahakan agar tetap terlokalisasi dengan baik ke popok dan jauh dari area yang dapat dihirup. Gunakan sesedikit mungkin, lalu letakkan di tangan, dan pindahkan ke area popok atau taburkan perlahan ke area popok," jelas Dr. David Soma dari Rumah Sakit Anak Mayo Clinic.

3. Pilih Bedak Bayi Berbahan Dasar yang Baik

Ada beberapa pilihan bahan dasar bedak bayi yang ada di pasangan, mulai dari talc, baking soda, hingga tepung jagung. Pilih opsi terakhir untuk Si Kecil.

Kalau Moms mencari bedak bayi yang bisa menghilangkan ruam, pilih bedak dengan berlabel obat.

Bedak ini biasanya berbahan dasar tepung jagung dan mengandung seng oksida, yang merupakan bahan aktif di sebagian besar krim dan salep ruam popok.

Baca Juga: Cara Memandikan Bayi Baru Lahir, Panduan untuk Ibu Baru

4. Pilih yang Mengandung Vitamin E

Kandungan vitamin E pada bedak bayi membantu menghindari ruam popok serta menyerap kelembapan sehingga menjaga kulit Si Kecil tetap kering dan segar.

Selain itu, vitamin E juga membantu menenangkan kulit yang kering, pecah-pecah, atau iritasi. Kandungan yang satu ini cukup penting dan wajib ada di dalam bedak bayi pilihan Moms.

5. Pastikan Aromanya Tidak Menyengat

Tips memilih bedak bayi yang terakhir adalah pastikan memiliki wanginya lembut.

Bedak bayi dengan wangi tertentu, seperti wangi bungan, vanilla, dan campuran berry, mampu membantu meningkatkan emosi positif saat digunakan pada Si Kecil.

Selain itu, bedak bayi yang wangi juga membantu Si Kecil segar sepanjang hari. Jadi, pilihlah bedak bayi dengan wangi lembut yang tidak menyengat.

6. Pilih Produk dengan pH yang Cocok

Nilai pH dalam bedak juga perlu diperhatikan.

Nilai pH adalah tingkat yang menunjukkan derajat keasaman dan kebasaan dari sebuah produk. Pemilihan produk dengan nilai pH yang tepat akan sangat berpengaruh dalam menjaga kelembapan alami kulit Si Kecil.

Sebaliknya, produk dengan pH yang tidak sesuai akan membuat kulit bayi menjadi kering dan rentan terkena iritasi atau masalah kulit lainnya.

Sebagai informasi, nilai pH yang sesuai dengan kulit bayi berada di angka 4,9.

Oleh karena itu, para ibu disarankan untuk memilih produk perawatan kulit bayi, termasuk bedak bayi, dengan nilai pH yang seimbang, yaitu 5,5. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lotion Bayi untuk Melembapkan dan Melembutkan Kulit

Bedak Bayi yang Tepat Bantu Perkembangan Otak Si Kecil

bayi menggunakan bedak

Foto: mumsgrapevine.com.au

Bedak bayi tenyata tidak hanya bermanfaat untuk menyempurnakan rangkaian perawatan bayi sehari-hari.

Bedak bayi juga memiliki manfaat besar dalam membantu meningkatkan kecerdasan serta bonding antara Moms dan Si Kecil.

Menurut Profesor Francis McGlone, Professor of Neuroscience, Liverpool JM University, UK, bedak bayi jadi salah satu alat untuk membantu meningkatkan efektivitas sentuhan pada bayi. Sentuhan Moms pada Si Kecil akan memberikan banyak manfaat, termasuk dalam perkembangan otaknya.

"Sentuhan yang lembut tidak hanya dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi, tetapi juga membantu mendukung sistem kekebalan, mempengaruhi suasana hati, tingkat stres dan banyak manfaat yang lain," jelas Profesor Francis.

Untuk itu, Moms perlu pintar memilih bedak bayi supaya proses sentuhan yang diberikan pada Si Kecil semakin maksimal.

Cussons Baby Powder dengan tiga wangi baru yaitu Sakura, Vanilla, dan Mixed Berry bisa jadi bedak bayi yang bisa Moms pilih.

Diformulasikan dengan inovasi MoodscentTM, Cussons Baby Powder memberi kenyamanan dan kesegaran bagi kulit bayi yang sehat dengan formula yang lembut dan tekstur yang menyenangkan saat berikan Pada Si Kecil.

MoodscentTM pada Cussons Baby Powder merupakan pengembangan teknologi dengan wewangian tertentu yang membantu meningkatkan emosi positif saat digunakan, dan juga membantu meningkatkan ikatan yang lebih kuat antara bayi dan orang tua.

Aroma Sakura membantu bayi merasakan sentuhan ibu yang penuh cinta, aroma Vanilla membantu bayi lebih nyaman, dan aroma Mixed Berry membantu bayi lebih ceria.

Semua wewangian yang dikembangkan oleh Cussons ini telah diciptakan sesuai standar International Fragrance Association (IFRA).

Jadi dengan bedak bayi yang tepat, Mom tidak hanya membantunya tampil segar sepanjang hari, melainkan juga menstimulasi Si Kecil lewat sentuhan, yang bisa membantu perkembangan otak, mendukung sistem kekebalan, dan mempengaruhi suasana hatinya.

(ADV)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait