Di atas 5 tahun

14 Desember 2020

Anak Keseleo? Jangan Sembarangan Dipijat! Lakukan Pertolongan Pertama Ini

Keseleo ringan bisa diatasi sendiri di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pada pertumbuhan anak-anak adalah di fase mereka sedang gencar-gencarnya bermain dan beraktivitas di luar ruangan. Di saat mereka bermain, tak jarang sering mendapati luka-luka di tubuhnya dan juga keseleo pada anggota tubuh seperti kaki atau tangan.

Keseleo adalah hal berbeda dengan ketegangan otot. Menurut studi yang dilakukan oleh Cedars Sinai, keseleo adalah cedera pada ligamen sedangkan ketegangan adalah cedera pada otot atau tendon.

Ligamen dan tendon adalah 2 jenis jaringan fibrosa di tubuh. Mereka menghubungkan berbagai bagian tubuh. Ligamen ditemukan di persendian, tempat mereka bergabung dengan tulang. Tendon menempelkan otot ke tulang.

Jadi ketika anak keseleo, ini adalah cedera pada ligamen yakni bagian yang menghubungkan antar tulang pada tubuh.

Baca Juga: Perawatan Anak Keseleo, Salah Satunya Jangan Diurut!

Moms, pernahkah merasa bingung dengan apa yang harus dilakukan saat mendapati anak keseleo pergelangan kaki atau tangannya?

Menurut The Royal Children’s Hospital Melbourne, keseleo termasuk jenis cedera yang sering menimpa anak karena berolahraga, melompat, mengubah arah berjalan secara tiba-tiba, atau terjatuh saat sedang beraktivitas.

Yuk Moms, baca dulu sampai selesai untuk tahu apa yang harus dilakukan saat anak keseleo.

Baca Juga: 5 Masalah Kaki Yang Sering Dialami Anak

Tingkatan Nyeri Anak Keseleo

Anak keseleo, lakukan pertolongna pertama dengan cara ini!

Foto: Orami Photo Stock

Sudah tahu belum Moms, apa sebenarnya yang dimaksud dengan keseleo? Kalau menurut situs Kidshealth, anak keseleo adalah kondisi dimana ligamen yang menopang tulang tertarik dengan keras atau robek karena berbagai sebab.

Berita baiknya, sebagian besar kasus anak keseleo tergolong ringan, namun memang ada juga kasus keseleo yang cukup parah dan serius. Nah, Moms harus tahu dulu beberapa tipe keseleo pada anak berikut ini:

  • Tingkat 1: Keseleo ringan yang disebabkan adanya sedikit tarikan pada ligamen.
  • Tingkat 2: Keseleo yang ditandai dengan ligamen yang robek sebagian, sehingga pergelangan terasa sedikit longgar.
  • Tingkat 3: Keseleo paling parah yang ditandai dengan ligamen yang robek total, sehingga pergelangan terasa longgar dan sangat sakit bila kaki digunakan untuk berjalan atau bertumpu.

Keseleo terjadi ketika ligamen (pita jaringan yang menahan tulang ke tulang pada persendian) meregang terlalu jauh atau robek. Anak keseleo mungkin membutuhkan waktu 4–6 minggu untuk sembuh atau terkadang lebih lama.

Ini tergantung pada tingkatan nyeri yang dirasakan anak keseleo.

Gejala Anak Keseleo

Gejala Anak Keseleo.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tanda-tanda keseleo terlihat ketika adanya pembengkakan yang muncul beberapa menit setelah cedera dan dapat bertahan beberapa jam, adanya nyeri di area yang keseleo, dan memar yang tampak dua atau tiga hari setelah cedera.

Baik untuk keseleo di pergelangan kaki maupun tangan, biasanya akan menimbulkan gejala seperti:

  • Bengkak di area pergelangan akibat adanya kerusakan jaringan halus, yang biasanya muncul seketika atau beberapa jam kemudian.
  • Rasa sakit dan kaku di sekitar bagian luar pergelangan.
  • Kaki terlihat sedikit pincang saat berjalan, karena terasa sakit untuk menopang berat bedan.
  • Memar atau perubahan warna kulit.
  • Terdengar bunyi gemeretak saat anak menggerakkan pergelangannya.

Anak keseleo biasanya mulai sering terjadi setelah anak berusia lebih dari 6 tahun, saat dia mulai lebih banyak berolahraga dan melakukan aktivitas yang lebih rumit.

Baca Juga: Club Foot dan Flat Foot, Kelainan Telapak Kaki yang Paling Sering Dialami Anak

Cara Mengatasi Anak Keseleo

Cara mengatasi anak keseleo.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi anak keseleo itu berbeda-beda tergantung pada tingkat keparahannya. Keseleo ringan bisa Moms atasi dengan melakukan beberapa langkah di rumah.

“Penanganan keseleo yang dapat dilakukan di rumah adalah dengan melakukan langkah-langkah RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation),” menurut dr. Caesar Pronocitro, Sp.A, M.Sc, Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah Bintaro Jaya.

Ini merupakan pertolongan pertama pada anak keseleo yang dapat Moms lakukan apabila anak keseleo secara tiba-tiba, berikut ini cara mengatasi anak keseleo menurut metode RICE:

1. Rest

Ketika anak keseleo, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah istirahatkan area yang cedera. Jangan digunakan untuk beraktivitas dan melakukan pekerjaan rumah.

Pastikan Si Kecil banyak istirahat. Tidak banyak berjalan atau berdiri bila keseleo di pergelangan kaki dan tidak mengangkat barang berat. Ini adalah cara mengatasi anak keselo paling mudah dan dilakukan dengan sabar.

2. Ice

Langkah selanjutnya dalam cara mengatasi anak keseleo adalah mengompreskan es pada area yang cedera, namun ingat, untuk membungkus es dengan kain handuk.

Jangan biarkan es mengenai langsung ke area kulit yang keseleo, ini akan memperparah rasa nyeri anak keseleo.

Pertolongan pertama pada anak keseleo ini bisa dilakukan setiap 3-4 jam sekali sampai bengkak dan memarnya hilang

Baca Juga: 3 Kelainan Tulang Penyebab Bayi Sulit Belajar Duduk Tegak

3. Compression

Setelah mengompreskan es pada area tubuh yang keseleo, cara mengatasi anak keseleo selanjutnya yakni melilitkan perban untuk menutup area di lokasi cedera.

Ikat perban pada tempat keseleo namun jangan terlalu ketat, karena akan menyebabkan rasa sakit yang cukup terasa.

4. Elevation

Cara mengatasi anak keseleo selanjutnya adalah memposisikan area yang keseleo ke tempat lebih tinggi. Misalkan disangga dengan bantal atau penumpu lainnya.

Pastikan kaki Si Kecil dalam keadaan lurus dan sedikit terangkat dengan diganjal oleh bantal atau benda lain. Ini agar aliran darah pada tubuh tetap berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Cara Menyembuhkan Keseleo yang Membengkak

Hal yang Dihindari saat Anak Keseleo

Hindari ini untuk mengatasi anak keseleo.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Untuk menghindari rasa nyeri dan sakit akibat keseleo pada anak, ada beberapa hal yang perlu Moms atau Dads ketahui. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dihindari ketika anak keseleo, simak ya Moms.

1. Mandi Air Panas

Sebuah studi menurut The Royal Children Hospital Melbourne, air panas dapat meningkatkan rasa nyeri pada anggota tubuh yang keseleo. Ini akan meningkatkan aliran darah pada tubuh dan menciptakan rasa nyeri yang tak kunjung mereda.

Ketika anak keseleo, hindari mandi menggunakan air panas. Moms bisa menggunakan air biasa, atau jika anak merasa sakit dan tak bisa untuk ke kamar mandi, bisa diseka-seka menggunakan lap.

2. Memaksakan Area Keseleo untuk Beraktivitas

Menggunakan anggota tubuh ketika anak keseleo untuk beraktivitas, dapat memparah luka di area keseleo tersebut.

Hindari memaksakan tetap menggunakan anggota tubuh yang sakit untuk bekerja. Misalnya tangan, gunakan alternatif tangan yang tidak keseleo untuk memegang atau meraih barang.

Pastikan anak berhati-hati dalam bergerak jangan sampai terjadi anak keseleo berulang.

3. Memijat Area Keseleo

Jika anak keseleo, hindari memijat di area yang keseleo, ya Moms.

Meskipun ini kerap dilakukan sebagai pertolongan pertama pada anak keseleo, namun dari sisi medis, ini perlu dihindari. Dengan memijat pada area keseleo akan memperparah rasa sakit dan akan membuat semakin memar dan biru.

Si kecil perlu dibawa ke rumah sakit apabila area yang keseleo sama sekali tidak dapat digerakkan atau mengakibatkan nyeri yang tidak hilang dalam beberapa hari.

Lebih baik segera konsultasi ke dokter agar tidak salah penanganan ya, Moms.

Baca Juga: Bukan Keseleo, Ini Tanda Balita Patah Tulang Setelah Jatuh

Kalau kondisi tidak kunjung membaik atau Si Kecil terlihat sangat kesakitan sampai sulit beraktivitas, bisa jadi dia mengalami keseleo tingkat 2 atau tingkat 3. Moms perlu segera membawanya ke dokter agar bisa diberikan penanganan yang lebih serius.

Anak keseleo jangan dianggap sepele ya Moms, karena bisa berdampak pada cedera medis lainnya yang semakin parah.

Nah, apa Moms pernah mencoba cara lain untuk mengatasi anak keseleo?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait