Fashion & Beauty

31 Mei 2021

7 Jenis Masker Wajah Berdasarkan Masalah Kulit

Sibuk dan enggak ada waktu ke salon untuk perawatan wajah? Coba masker wajah saja, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Orami

Merawat kulit termasuk kulit wajah itu penting, lho. Bukan soal penampilan, tetapi dari segi kesehatan pun kulit memang perlu dijaga kelembapan dan kelembutannya. Salah satunya, Moms bisa menggunakan jenis masker wajah yang sesuai dengan tipe kulit.

Mungkin beberapa dari Moms sudah melakukan perawatan wajah dengan pergi facial sebulan sekali. Tapi, rutinitas ini kadang terlupakan saking sibuknya dan tidak sempat ke salon.

Nah, solusinya Moms bisa banget merawatnya dengan menggunakan face mask atau masker wajah di rumah. Cara pakainya pun sangat hemat waktu.

Moms bisa pakai saat di rumah ketika mau tidur, bersantai, atau sambil baca buku. Tak hanya itu, masker wajah pun ada banyak banget jenisnya sehingga Moms bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Kini masker wajah sudah hadir dengan berbagai varian. Ada yang dikhususkan untuk mengatasi jerawat, melembapkan, anti aging, hingga memberikan efek calming.

Baca Juga: Kulit Ternutrisi, Ini 5 DIY Masker Wajah Anak dari Bahan Alami

Kira-kira apa saja ya manfaat menggunakan masker wajah? Yuk disimak!

Manfaat Menggunakan Masker Wajah

Cucilah wajah sebelum menggunakan masker mata

Melansir Healthline, masker wajah dapat menjadi cara yang efektif untuk memberikan perawatan kulit yang bergizi dan terapeutik secara intensif dalam bentuk yang sangat terkonsentrasi.

Masker wajah bekerja dengan melapisi wajah dengan formula pilihan, yang disesuaikan untuk permasalahan kulit dalam jangka waktu tertentu, biasanya 10-20 menit. Ini memberi manfaat masker mempunyai lebih banyak waktu untuk meresap ke dalam lapisan kulit.

Walaupun dapat menjadi solusi cepat untuk kulit yang mengalami peradangan dan kering, namun manfaatnya bersifat sementara. Oleh karena itu, Moms tetap harus menggunakannya bersamaan dengan produk perawatan kulit efektif lainnya.

Dengan banyaknya formula dan komposisi masker wajah yang bisa ditemui, ada baiknya Moms harus memahami dulu kondisi dan tipe kulit wajah sebelum memilih jenis masker wajah. Hal ini untuk mencegah terjadinya kemerahan, iritasi, kering, dan break out.

Baca Juga: 4 Manfaat Masker Organik dan Berbagai Macam Jenisnya

Jenis Masker Wajah

Ada beberapa jenis masker wajah yang bisa Moms pilih, mulai dari sheet mask sampai masker yang harus dibilas.

"Baik sheet masks maupun masker biasa, semuanya merupakan sarana untuk memberikan bahan-bahan kosmetik yang berfungsi untuk anti-aging dan mencerahkan kulit," jelas dokter kulit Melissa K. Levin, M.D. dari New York City.

Nah, berikut ini jenis-jenis masker wajah atau face mask yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan masalah kulit yang sedang Moms alami. Yuk simak ulasannya!

1. Clay Mask

Jenis Masker Wajah 1.jpg

Moms ada yang sudah pernah coba clay mask atau masker berbahan tanah liat? Jenis masker wajah satu ini adalah salah satu cara terbaik untuk merawat dan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Selain itu, dikutip melalui Healthline, clay mask mengandung kaolin atau bentonite yang berfungsi untuk menyerap minyak berlebih, membantu mengatasi kulit kering, dan mencegah jerawat.

Clay mask sangat cocok digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Gunakan setiap seminggu sekali selama 15 menit untuk hasil maksimal.

Bagi Moms yang memiliki jenis kulit kering, ada baiknya menghindari jenis masker ini. Karena cara kerjanya yang menyerap minyak, akan membuat kulit kering kehilangan kelembapan dan semakin kering, bahkan mengelupas.

2. Sheet Mask

Jenis Masker Wajah 2.png

Jenis masker wajah ini sangat populer di Korea, dan saat ini juga sudah merajai dunia kecantikan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Kandungannya terdiri dari hyaluronic acid, ceramides, dan antioksidan. Hyaluronic acid berfungsi menghidrasi kulit, ceramides berfungsi untuk menghalangi kulit dari polusi atau bakteri, dan antioksidan untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

Dilansir dari Cleveland Clinic, sheet mask baik untuk menenangkan kulit sensitif, iritasi, dan terbakar. Sheet mask membuat wajah lebih lembap karena bisa mendistribusikan cairannya secara merata lewat lembarannya.

Sheet mask memiliki kandungan serum atau essence yang sangat kaya, sehingga baik untuk kulit yang kurang terhidrasi. Jangan bilas setelah menggunakan sheet mask ya, Moms.

Ada baiknya, Moms segera meratakan serum atau essence tersebut ke seluruh wajah, area leher, dan bisa juga digunakan untuk tangan dan kaki agar cerah merata.

Sheet mask cocok digunakan untuk jenis kulit apapun, kecuali yang berjerawat. Gunakan masker ini dua kali seminggu selama 20 menit untuk hasil memuaskan.

Baca Juga: Amati Kandungan Sheet Mask yang Berbahaya untuk Kulit, Jangan Salah Pilih!

3. Cream Mask

Jenis Masker Wajah 3.jpg

Masker berbasis krim sangat cocok buat kulit normal hingga kering. Sebab, jenis masker wajah ini memberikan kelembapan dan hidrasi, serta melembutkan kulit wajah Moms.

Cream mask tersedia dalam berbagai bentuk, seperti masker kaolin, masker antioksidan, masker yang dirancang untuk mencerahkan, melembabkan, mengurangi munculnya kerutan, atau membantu melawan noda.

Kalau Moms baru saja mau mencoba rutinitias masker wajah ini, carilah cream mask berbahan dasar AHA, BHA, minyak esensial, dan mentega alami untuk hasil lebih optimal. Gunakan sebanyak 1-2 kali seminggu.

4. Gel Mask

Jenis Masker Wajah 4.jpg

Gel mask atau masker gel akan sangat optimal digunakan untuk jenis kulit sensitif dan kering.

Jenis masker wajah yang satu ini punya tekstur ringan, lembut, dan cepat diserap. Biasanya gel mask punya bahan dasar seperti mentimun, teh hijau, dan mint yang berguna untuk menghidrasi kulit dan mengencangkan kulit wajah.

Gel mask juga cocok untuk Moms yang sedang mengalami iritasi, kulit kemerahan akibat terbakar matahari, atau permasalahan lainnya. Masker ini dapat menimbulkan efek yang menenangkan, sehingga kemerahan dapat mereda.

Bagi sebagian orang, ada yang memasukkan gel mask ke kulkas sebelum digunakan. Tujuannya agar menambah efek soothing ketika menggunakan masker satu ini.

5. Peel-Off Mask

Jenis Masker Wajah 5.png

Kalau Moms mencari jenis masker yang bisa membuat wajah bersinar secara instan, peel-off pilihan tepat.

Northwestern Medicine menyebutkan peel-off mask sebagai salah satu masker yang bisa membersihkan kotoran yang menempel.

Masker ini berguna untuk mengangkat komedo, sekaligus menghilangkan noda dan kotoran di lapisan terluar kulit wajah, seperti kulit mati, debu, dan minyak.

Jenis masker wajah ini biasanya berbahan dasar buah atau tumbuhan dan menggunakan bahan-bahan alami. Peel-off mask cocok digunakan untuk semua jenis kulit wajah. Namun, ada baiknya jika Moms dengan kulit sensitif hanya menggunakannya satu kali seminggu.

Baca Juga: Ketahui Tanda Kulit Dehidrasi, Beda dengan Jenis Kulit Kering

6. Water Sleeping Mask

Jenis Masker Wajah 6.jpg

Jenis masker wajah yang satu ini biasanya digunakan semalaman saat tidur, serta berfungsi untuk meremajakan dan melembapkan kulit.

Dengan menggunakan masker ini, Moms bisa bangun pagi dengan kulit wajah yang segar, lembut, dan cerah. Ada pula efek plumpy yang membuat wajah semakin kenyal.

Melansir Healthline, jenis masker ini dapat menghidrasi kulit atau rehidrasi kulit yang kering. Sangat cocok untuk digunakan pada malam hari, karena kulit sedang beregenerasi.

Masker ini sangat cocok digunakan untuk anti-aging, terutama buat Moms yang kulitnya mulai kusam, kering, dan terkelupas karena berbagai kegiatan di siang hari. Gunakan masker ini semalaman saat tidur untuk hasil terbaik.

Baca Juga: Kulit Kering? Coba 5 Bahan Skincare yang Melembapkan Ini!

7. Exfoliating Mask

Jenis Masker Wajah 7.jpg

Moms punya masalah kulit kusam dan kasar? Tenang, ada exfoliating mask sebagai solusinya.

Jenis masker wajah ini diklaim paling ampuh untuk mengatasi kulit kusam bila digunakan secara rutin, yakni seminggu sekali selama 10 menit.

Exfoliating mask bisa mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan wajah kusam dan membantu proses regenerasi sel kulit.

Exfoliating mask juga berguna untuk membersihkan pori-pori secara mendalam, sehingga tidak meninggalkan sebum penyebab jerawat.

Dengan mengeksfoliasi wajah, maka wajah akan bersih menyeluruh serta siap untuk menggunakan rangkaian skincare lainnya. Ini membantu penyerapan kandungan skincare secara optimal. Dengan begitu, wajah Moms akan kembali cerah dan segar.

Baca Juga: Wajah Terlihat Flawless Berkat Masker Mentimun

Gimana, Moms? Tertarik menggunakan jenis-jenis masker wajah di atas? Apapun pilihan masker Moms, jangan lupa seimbangkan juga dengan pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi dan tidur cukup, ya.

Dengan pola hidup sehat dan rutin menggunakan masker wajah, dijamin kulit wajah jadi terawat dan sehat. Selamat mencoba!

(SR/ERW)

  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/do-face-masks-work#quick-answer
  • https://health.clevelandclinic.org/do-face-masks-actually-work-or-are-they-just-a-fad/
  • https://translate.google.com/?hl=id&sl=en&tl=id&text=kaolin%20or%20bentonite.%20It%27s%20thought%20that%20these%20masks%20have%20several%20benefits%2C%20like%20absorbing%20excess%20oil%2C%20helping%20manage%20dry%20skin%2C%20and%20preventing%20acne.Jun%204%2C%202020&op=translate
  • https://www.nm.org/healthbeat/healthy-tips/skin-care-trends-fact-or-fiction
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/overnight-masks-for-glowing-skin
  • https://www.neostrata.com/learn-about-skin-care/what-are-face-masks-and-their-benefits.html#:~:text=Face%20masks%20are%20great%20additions,spa%2Dlike%20experience%20at%20home.
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait