04 Oktober 2023

7 Jenis Sekolah di Indonesia, Bisa Jadi Pilihan Si Kecil!

Setiap jenis sekolah punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing

Terdapat berbagai jenis sekolah di Indonesia yang dapat menjadi tempat bagi anak untuk mengenyam pendidikan.

Sebab, pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi Si Kecil. Sehingga tidak heran jika banyak orang tua yang melakukan persiapan agar anak-anaknya mendapatkan pendidikan terbaik.

Baca Juga: Ide Menu Bekal Anak Sekolah Sebulan, Mudah Dibuat Lho Moms!

Mengapa Anak Harus Sekolah?

Jenis Sekolah (Homestatosphere.com)
Foto: Jenis Sekolah (Homestatosphere.com)

Banyak orang tua yang mengeluhkan anaknya yang sering sulit untuk belajar ke sekolah. Biasanya jika begini, homeschooling menjadi pilihan orang tua. Tapi sebenarnya, mengapa anak harus bersekolah?

Sebenarnya, pendidikan adalah jalan menuju kemajuan. Ini adalah proses bertahap yang membawa perubahan positif dalam perilaku dan kehidupan seseorang. Ini juga memungkinkan untuk memahami kemampuan diri dan melakukan apa yang ingin dilakukan.

Kembali ke pertanyaan mengapa pergi ke sekolah itu penting, ada banyak manfaat pergi ke sekolah untuk mendapatkan pendidikan, di antaranya:

  • Kepercayaan diri. Sekolah akan membantu anak memahami keterampilan dan kemampuan diri dengan lebih baik. Mempelajari, menumbuhkan, dan mengutamakan keterampilan akan membantu membangun kepercayaan diri anak
  • Sosialisasi. Bersosialisasi sangat penting bagi perkembangan karakter dan kepribadian anak. Ini menjadi tempat yang bagus agar anak memiliki banyak teman, bertemu orang-orang yang berpikiran sama, berteman, dan menjalin hubungan yang berharga.
  • Kerja tim. Sekolah memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berkoordinasi dan berinteraksi dengan orang lain. Sekolah adalah tempat utama di mana keterampilan kerja tim dapat dipelajari di usia yang sangat muda.
  • Kekayaan pengetahuan. Lingkungan sekolah memberikan banyak pengetahuan. Ini berfungsi sebagai tempat di mana ide-ide tersebar dan tidak mungkin dilakukan di rumah. Sekolah memungkinkan anak bertukar pembelajaran dengan temannya.

Jenjang Sekolah di Indonesia

Jenis Sekolah (Orami Photo Stock)
Foto: Jenis Sekolah (Orami Photo Stock)

Sebelum mengetahui jenis sekolah yang ada di sekolah, perlu diketahui juga jenjang pendidikan sekolah yang umum di Indonesia.

Beberapa jenjang sekolah yang ada di Indonesia yakni:

1. Pendidikan Usia Dini (PAUD)

Dalam paud ini terdiri dari Kelompok Bermain atau play group untuk anak 3 sampai 5 yahun. Ada juga Taman Kanak-kanak (TK) yang dikelola oleh Kemendikbud dan Raudatul Athfal (RA) dikelola oleh Kemenag, untuk usia 5 sampai 6 tahun.

2. Pendidikan Dasar

Ini terdiri dari kelas 1 hingga 6, yang biasanya berupa Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), serta kelompok belajar Paket A.

3. Pendidikan Menengah

Terdiri dari kelas 7 higga 9, biasanya berupa Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan kelompok belajar Paket B.

4. Pendidikan Menengah

Terdiri dari kelas 10 hingga 12, biasanya berupa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), dan kelompok belajar Paket C.

5. Pendidikan Tinggi

Untuk jenjang ini terdiri dari Akademi, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, dan Universitas.

Baca Juga: Moms, Kenali Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah

Jenis Sekolah

Jenis Sekolah
Foto: Jenis Sekolah (Psmag.com)

Agar dapat memberikan pendidikan yang terbaik bagi Si Kecil, tentu saja Moms harus mengenal dulu jenis sekolah yang umumnya ada di Indonesia.

Tujuannya agar Moms bisa memilih dan memberikan yang paling tepat serta sesuai dengan tujuan pendidikan yang akan diberikan untuk anak. Beberapa di antaranya yakni:

1. Boarding School

Jenis sekolah yang pertama adalah boarding school. Sistem pendidikannya dengan cara menyediakan tempat tinggal berupa asrama bagi para siswanya.

Dengan sistem ini, para siswa akan tinggal, belajar, dan melakukan berbagai macam kegiatan di tempat tersebut bersama para guru, karyawan, dan pengelola sekolah.

Ini memungkinkan interaksi dan komunikasi yang lebih intensif antara siswa dengan guru. Hal ini juga akan mengembangkan kemampuan dan kemandirian siswa, seperti kemampuan kognitif dan psikomotorik.

Pada 2000 lalu, sebuah lembaga yang bernama Association of National Plus Schools (ANPS)...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.