Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Fashion & Beauty | Mar 16, 2018

Jerawat di Punggung? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagikan


 

 

Masalah jerawat di punggung memang bukan hal baru. Hampir semua orang pernah merasakan masalah kulit satu ini. Meskipun jerawat ini tak terlihat layaknya jerawat pada wajah, namun tetap saja sangat mengganggu. Apalagi bagi Moms yang banyak memiliki aktivitas di luar rumah, pasti akan merasa gatal, tak nyaman, bahkan nyeri akibat jerawat mengganggu yang muncul di punggung ini.

 

Untuk menghilangkan masalah kulit yang menyebalkan ini, cari tahu dulu yuk, penyebab jerawat di punggung, yaitu: 

 

- Pakaian yang terlalu ketat

Salah satu penyebab timbulnya jerawat di punggung adalah karena pemakaian baju yang terlalu ketat. Mengenakan pakaian yang terlalu ketat akan menyebabkan kulit sulit ‘bernapas’ sehingga pori-pori akan tersumbat dan kotoran serta minyak akibat keringat tak bisa keluar. Itulah sebabnya kotoran tertimbun sehingga menjadi jerawat. Mulai saat ini, hindari penggunaan pakaian terlalu ketat dalam waktu lama kalau ingin punggung Moms tetap mulus.

 

- Pengaruh makanan

Seperti penyebab jerawat pada umumnya, jerawat di punggung juga bisa dipicu oleh jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jenis makanan berlemak dan terlalu banyak mengandung minyak akan menyebabkan kulit mengeluarkannya dalam bentuk jerawat. Selain itu, mengonsumsi minuman yang terlalu banyak mengandung karbonasi juga bisa memicu timbulnya jerawat di punggung.

 

- Tidak bersih saat mandi

Masih menempelnya kotoran dan kuman juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya jerawat di punggung. Maka dari itu, pastikan Moms menggosok bagian punggung dengan sabun hingga bersih agar tak ada sisa kotoran yang menempel. Pastikan juga untuk memakai handuk yang bersih serta lembut untuk memastikan bagian punggung kering maksimal setelah mandi.

 

 

Kalau sudah mengetahui berbagai penyebab jerawat di punggung, sekarang saatnya Moms memahami bagaimana cara menghilangkannya seperti berikut ini:

 

1. Gunakan sabun anti kuman

Untuk memastikan kuman dan bakteri tak tertinggal pada permukaan kulit, hal dasar yang paling mudah dilakukan adalah mandi menggunakan sabun yang mengandung desinfektan. Moms juga sesekali memakai desinfektan cair yang dimasukkan ke dalam bak mandi untuk memastikan air yang dipakai sudah steril dan bebas kuman.

 

2. Kenakan pakaian yang menyerap keringat

Agar tak ada bakteri akibat keringat yang terperangkap pada kulit, pastikan Moms mengenakan pakaian yang memiliki pori besar. Baju berbahan katun bisa jadi pilihan yang tepat, karena selain memiliki daya serap maksimal, juga terasa nyaman saat bersentuhan dengan kulit. Selain itu, pastikan untuk mengganti pakaian dalam setiap kali banyak berkeringat agar tak muncul kuman penyebab berbagai masalah kulit.

 

3. Ubah pola makan

Banyak makan gorengan dan kuah berlemak bisa memicu timbulnya jerawat di bagian punggung dan wajah. Kurangilah mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut dan ganti dengan sajian sehat seperti buah dan sayur. Pola makan yang tepat akan membantu menekan kadar lemak dalam darah sekaligus bermanfaat menjaga kesehatan kulit.

 

4. Berikan nutrisi untuk kulit

Punggung adalah salah satu bagian tubuh yang sering terlewatkan. Padahal area ini juga membutuhkan tambahan nutrisi yang bisa menjaganya tetap sehat. Oleh karena itu, tak ada salahnya mengaplikasikan pelembap setiap selesai mandi untuk menjaga permukaan kulit area punggung selalu lembut dan bebas dari berbagai masalah, termasuk jerawat.

 

 

Mempunyai tubuh dan kulit yang sehat harus dimulai dari hal-hal kecil yang tampaknya sepele. Awalnya mungkin akan terasa berat, namun lama kelamaan Moms akan terbiasa dan menjadikannya sebagai good habit yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini juga harus diterapkan pada buah hati ya, agar bayi terbebas dari jerawat, dan segala macam penyakit yang akan mengganggu keceriaannya.

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.