Rupa-rupa

27 Mei 2021

8 Cara Menghilangkan Slime di Baju, Patut Dicoba!

Bahan yang digunakan mudah ditemukan, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Slime merupakan salah satu mainan populer anak-anak. Mainan ini bertekstur lengket sehingga dapat menempel ke baju Si Kecil. Moms jangan khawatir karena ada cara menghilangkan slime di baju.

Bagi Moms mungkin slime adalah benda lengket dan kenyal, yang mungkin terlihat menjijikkan. Tetapi bagi Si Kecil, ini adalah mainan yang seru karena memiliki berbagai macam warna.

Moms juga bisa lho main slime bersama Si Kecil karena memiliki manfaat bagi kesehatan, yaitu mengurangi stres hingga menyalurkan emosi.

Melansir Pediomaternal Nursing Journal, slime dapat menjadi pendekatan perawatan atraumatik yang digunakan untuk mengurangi tingkat stres rawat inap, respon biologis normal, dan pola makan meningkat untuk anak-anak yang dirawat di rumah sakit.

Tekstur yang mudah lengket sering kali membuat Moms melarang Si Kecil bermain slime karena bisa menempel di benda, seperti baju. Tenang, Moms karena ada cara menghilangkan slime di baju yang praktis.

Dengan cara menghilangkan slime di baju ini membuat Moms dan Si Kecil bermain slime tanpa takut lengket.

Kira-kira, bagaimana cara menghilangkan slime di baju? Mari kita simak Moms.

Baca Juga: Si Kecil Hobi Bermain Slime? Waspada Kandungan Berbahayanya!

Cara Menghilangkan Slime di Baju

slime di baju.jpg

Foto: experthometips.com

Slime memang memiliki banyak manfaat, tetapi jika mainan ini sudah lengket di baju Si Kecil membuat Moms kesal. Sekarang, tidak perlu kesal dan khawatir lagi Moms karena ada cara menghilangkan slime di baju yang ampuh dan praktis.

1. Siapkan Tempat Pembersih

Cara menghilangkan slime di baju yang pertama adalah siapkan tempat.

Tekstur slime yang lengket membuat mainan ini mudah berpindah ke kain dan permukaan lain. Jadi sebaiknya cari tempat yang luas dan tidak ada kain lainnya.

Moms bisa membersihkannya di wastafel, di meja dapur, atau di luar. Jangan lupa letakkan koran atau handuk bekas untuk melindungi permukaan agar tidak lengket.

2. Hilangkan Slime Sebisa Mungkin

Cara membersihkan slime di baju selanjutnya ada hilangkan slime sebanyak dan sebisa mungkin.

Moms jika menemukan slime di pakaian jangan langsung panik, karena bisa membuat Moms pusing dan cepat menyerah.

Kerjakan dengan tenang, ambil slime dengan tangan. Jika slime sudah mengeras, ini mungkin sedikit lebih sulit. Luangkan beberapa menit untuk mengerjakan slime sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Hilangkan dengan Cuka

Cuka putih sangat cocok untuk noda slime yang lama dan baru. Jadi Moms bisa mencoba menggunakan metode ini.

Caranya cukup mudah, oleskan cuka putih langsung ke noda. Moms hanya perlu menuangkan di area yang terkena slime, jadi jangan sampai seluruh pakaian diberikan cuka.

Biarkan cuka meresap pada noda selama beberapa menit. Gosok noda dengan lembut menggunakan sikat gigi bersih atau sikat pembersih lembut. Gunakan gerakan lembut untuk menghindari kerusakan pada baju

Untuk baju yang lebih halus, bersihkan pakaian dengan kain pembersih atau handuk kertas. Bilas pakaian dengan air hangat untuk menghilangkan cuka dan sisa lendir yang tersisa.

Jika lendir telah hilang, masukkan pakaian ke dalam mesin cuci dan ikuti petunjuk perawatan pada kemasan. Jika lendir tetap ada, ulangi langkah-langkah tersebut beberapa kali.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih, Bahan dan Caranya Mudah Moms!

4. Hilangkan dengan Cairan Pembersih

Cara membersihkan slime di baju selanjutnya adalah menggunakan cairan pembersih.

Cara ini hampir sama dengan menggunakan cuka putih, hanya saja cairan pembersih sebagai gantinya.

Untuk slime yang dibuat dengan lem, aseton mungkin bisa digunakan dengan baik. Moms bisa menggunakan kapas dan mengusap noda dengan lembut.

Moms perhatikan ya aseton dapat mengubah warna kain, sebaiknya oleskan uji pada area kecil terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya kelunturan.

5. Hilangkan Slime Setelah Dicuci

Prinsipnya adalah noda lebih mudah dibersihkan dari baju setelah dicuci.

Untuk pakaian yang telah dicuci, tetapi belum dikeringkan dengan mesin cuci, Moms harus mengikuti metode cuka putih. Ini bisa menghilangkan noda yang belum keluar saat mencuci.

6. Hilangkan Slime yang Mengering di Baju

Jika Moms menemukan bahwa slime telah mengering, atau telah mengeringkan pakaian dengan slime yang masih menempel kuat di baju, jangan panik.

Moms bisa ikuti cara-cara berikut ini.

  1. Gunakan kuku Moms atau penjepit untuk mengupas slime yang mengering.
  2. Ambil es batu dan gosokkan pada noda slime yang tersisa.
  3. Cara lainnya, basahi sedikit slime lalu masukkan baju ke dalam kantong freezer.
  4. Masukkan kantong ke dalam freezer sampai slime mengeras. Setelah beku, kupas noda slime dengan hati-hati.

7. Gunakan Sabun Cuci Piring

Cara menghilangkan slime di baju selain detergen dan cuka, Moms bisa menggunakan sabun cuci piring.

Sabun cuci piring tidak hanya efektif menghilangkan noda di perabotan rumah tangga, tetapi juga bisa membersihkan baju yang terkena slime dari sisa noda yang masih menempel.

Caranya seperti biasa, Moms bersihkan dahulu noda slime menggunakan kuku jari tangan. Selanjutnya, tuangkan sabun cuci piring ke area yang terkena noda slime.

Baca Juga: Noda Keputihan Bisa Mengubah Warna Celana Dalam? Ini Penjelasannya!

8. Gunakan Detergen Khusus

Jika Moms sudah mencoba menggunakan cuka, cairan pembersih, dan aseton tetapi tidak berhasil, mungkin ada baiknya mengeluarkan sejumlah uang untuk produk pembersih yang lebih intensif.

Saat ini sudah banyak detergen khusus untuk menghilangkan sisa noda dan permen karet di kain atau baju. Namun, Moms harus mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk membelinya.

Moms cara menghilangkan slime di baju mudah bukan? Semoga cara tersebut dapat membantu untuk membersihkan slime di baju ya, selamat mencoba Moms!

  • https://www.researchgate.net/publication/335295903_Slime_as_Playing_Therapy_on_Response_of_Biological_Psycological_and_Eating_Behaviour_of_Preschool_in_Hospital
  • https://experthometips.com/how-to-get-slime-out-of-clothes
  • https://www.today.com/home/how-clean-slime-your-clothes-furniture-carpet-t123787
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait